Motivasi Bisnis Pemula

Sebelum menjadi ahli, semua pasti mengalami titik awal. Apalagi sebuah bisnis butuh sifat dan sikap konsisten untuk mencapai tujuan sesuai harapan. Meski terkadang, banyak keraguan hadir di awal ketika hendak mewujudkan suatu gagasan. Motivasi bisnis pemula perlu dikuasai agar semakin yakin.

Contoh Quote Motivasi-Motivasi Bisnis Pemula

Mengawali sebuah bisnis bukan tentang bagaimana cara memulainya, tetapi apa saja yang sudah Anda persiapkan untuk tahapan selanjutnya.”

Untuk membangun sebuah bisnis besar, keuntungan besar, sesuai cita-ita besar di benak Anda tidak membutuhkan banyak uang, tidak harus melimpah ide, apalagi diusung oleh orang-orang besar dan banyak. Hanya satu kuncinya, serius.”

“Anda bisa saja meniru bisnis siapapun yang dipandang berjaya, tetapi sepanjang niat itu hanya ingin mengungguli, maka Anda tidak akan lebih maju dari Dia.”

Ciptakan ide dan gagasan yang berbeda, jika tidak bisa buatlah ide yang unik, jika tidak mampu maka menirulah namun bukan plagiasi. Seperti apa? Pikirkan.”

Jangan pikirkan kegagalan, juga jangan terlalu berambisi merasakan kesuksesan. Itu semua belum nyata terlihat. Yang saat ini jelas dan perlu dilakukan adalah jalani, komitmen dan selesaikan.”

Bercita-cita dan memaksakan itu memang beda tipis, tetapi setipis apapun perbedaan, tetaplah tidak sama.

“Jika ingin memulai sesuatu, segerakan tapi bukan berarti terburu-buru. Cepat tetapi tidak ceroboh. Sulit? Tidak, jika semuanya tidak hanya dalam ingatan.”

Langkah Menumbuhkan Jiwa Bisnis Pemula

Siapapun berhak dan memiliki kesempatan menjadi pengusaha. Dari manapun asalnya, berapapun modal yang dimiliki, seperti apapun idenya. Karena dengan berbisnis akan menumbuhkan mental kaya dalam diri.  Bukan tentang bakat, tetapi ini berkaitan dengan minat dan kemauan untuk belajar serta melakukan. Seperti:

1. Memulai Bisnis dengan Yakin

Kunci dasar yang wajib dimiliki seorang pebisnis pemula. Tanpa ada niat dan keyakinan, bisnis atau usaha tidak akan pernah bisa terwujud sesuai apa yang diharapkan.

Jadikan niat ataupun keyakinan dalam usaha sebagai pondasi kuat, jika sudah memiliki maka tumbuhkan. Ini karena, semakin besar akan lebih kuat saat masalah datang.

2. Sadar Peluang

Banyak sekali orang memulai bisnis karena mengambil peluang dari lingkungan yang diperolehnya. Namun, jangan menunggu kesempatan itu datang, tetapi pergi dan carilah peluang itu, jemput dan bawa. Karena setiap orang yang memilih berwirausaha harus pandai dan memiliki kesadaran peluang.

3. Pelajari Kisah Sukses

Banyak sekali kisah-kisah sukses pada pengusaha, peneliti beserta orang-orang hebat lainnya yang membukukan perjalanan kisah hidup dan kesuksesan mereka. Perbanyak membaca, sehingga akan semakin banyak pula macam-macam kesulitan dan cara mengatasinya akan Anda kuasai.

Bahkan ketika Anda belum memiliki jiwa wirausaha sedikitpun, kisah motivasi para pengusaha tersebut mampu mengubah dan meningkatkan semangat berbisnis.

4. Modal Awal

Hampir semua orang ragu untuk memulai bisnis hanya karena tidak memiliki modal cukup. Hal ini salah, tidak seharusnya mengurungkan niat hanya karena satu alasan yang seharusnya bisa diatasi. Dengan kata lain, tidak bisa sebuah usaha diwujudkan melalui tangan kosong tanpa membawa modal sedikitpun.

Satu-satunya jalan yang bisa dilakukan adalah bekerja mengumpulkan sisanya. Ini untuk mendirikan suatu bisnis yang sudah Anda impikan. Selain itu, pengalaman-pengalaman kerja juga dapat menambah kemampuan di berbagai bidang.

5. Fokus akan Tujuan

Banyak rintangan dan hambatan dalam menjalankan sebuah bisnis. Oleh sebab itu, fokus diikuti keyakinan dan sikap berpikiran positif wajib dimiliki oleh semua orang dalam memulai usahanya. Sebab, agar tidak angkat tangan dan berhenti di tengah jalan.

6. Mampu Menjual

Sebuah bisnis baik bidang jasa ataupun produk, membutuhkan kemampuan jual tinggi. Darimana konsumen berniat membeli bila Anda tidak terlebih dahulu memperkenalkan. Kemampuan menjual bukanlah sesuatu yang harus sejak lahir dimiliki seseorang, semua akan terbiasa bila sering dilatih.

7. Jangan Menunda

Dengan berpikiran Anda masih memiliki banyak waktu, sehingga semua pekerjaan bisa ditunda hingga batas tertentu merupakan sebuah kesalahan. Kesempatan tidak selalu datang dua kali, bisa jadi ketika kesempatan itu datang lalu lengah, maka selamanya tidak akan mampu menemuinya lagi.

Kriteria Pemula yang Mudah Dimotivasi

Adapun kriteria yang harus Anda miliki, di antaranya:

1. Sikap Terbuka

Sikap ini cenderung membuka diri untuk siapapun, bukan berarti murahan atau menjalankan semua saran yang masuk. Tetapi akan lebih menerima hal-hal di luar dirinya dan akan memikirkan lebih lanjut.

Biasanya orang memiliki sifat seperti ini akan mudah bercerita tentang apa yang dirasakannya, meski tidak ke semua orang. Terlebih, ketika motivasi-motivasi yang didapatkan akan selalu diresapi dan dipelajari.

2. Tidak Mudah Tersinggung

Seseorang yang memiliki sifat seperti ini sangat menyenangkan, sebab dengan siapapun pasangan bicaranya selalu dihormati. Karena tidak semua orang pandai menyampaikan nasihat dengan cara baik dan sopan sesuai kemauan. Anda sebagai pemula juga harus lebih mengerti hal semacam ini.

Bila ada nasihat yang penyampaiannya terlalu kasar dan keras, jangan terlalu dipikirkan orang dan caranya. Cukup perhatikan saja isi dari nasihat itu kemudian lakukan.”

3. Semangat

Satu hal yang tidak kalah penting, percuma ribuan nasihat Anda terima pun, apabila dalam diri tidak diolengkapi dengan semangat untuk berubah memperjuangkan impian.

Tidak perlu merasa terlalu pesimis, namun jangan pula terlalu optimis. Pemula memang wajar bila banyak kurang paham, maka bertanyalah. Bila ragu dan sedikit putus asa, belajarlah motivasi bisnis pemula pada mereka para ahli dan telah berhasil melewati masa-masa sulit yang kini Anda rasakan.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *