9 Motivasi Buruk yang Membuat Bisnis Tidak Dapat Berkembang Dengan Baik

Motivasi Buruk

Menjalankan bisnis butuh motivasi yang kuat. Jika motivasi dalam berbisnis tidak kuat, maka bisa dipastikan akan gagal berbisnis. Terlebih jika motivasi buruk masih membayangimu.

Bisnis tidak dapat berkembang dengan baik. Hal ini terjadi karena ada kesalahan maindset dan pemikiran yang ada pada manusia. Pikiran yang baik akan menciptakan perbuatan yang baik serta menumbuhkan mental kaya. Sehingga akan membentuk perilaku yang baik seperti yang telah diajarkan dalam Islam. Oleh karena itulah perlu mengembalikan kembali motivasi bisnis yang sesuai dengan nilai-nilai keislaman.

Motivasi Buruk yang Membuat Bisnis Tidak Dapat Berkembang

Lalu apa saja sih kira-kira 9 motivasi buruk yang membuat bisnis tidak dapat berkembang dengan baik? Berikut ini kami paparkan 9 motivasi buruk yang membuat bisnis tidak dapat berkembang dengan baik.

1. Tidak Pernah Ada Pemikiran untuk Memperluas Lini Bisnis

Agar bisnis mampu berkembang dengan baik, maka kalian harus terus-terusan memperluas lini bisnis. Memperluas lini bisnis ini artinya kalian terus berpikiran untuk memperbaharui lini bisnis.

Kira-kira bisnis apa saja yang sekiranya sesuai dengan perusahaan yang akan kalian jalani. Semakin kalian terampil dalam memperluas lini bisnis, maka semakin besar pula kemungkinan potensi pasar dari bisnis itu.

2. Gagal dalam Membaca Keinginan Pasar

Penyebab bisnis tidak berkembang dengan baik berikutnya yaitu karena gagal membaca keinginan pasar. Kegagalan dalam membaca keinginan pasar ini bisa berujung pada penurunan penjualan.

Kalau sudah seperti ini posisinya, maka bisa dipastikan bisnis itu tidak dapat berkembang dengan baik. Oleh sebab itulah perlu sekali dibuat kuesioner konsumen. Fungsi dari kuesioner konsumen ini nantinya sebagai sarana melakukan evaluasi terhadap kekurangan suatu produk.

Jika pada suatu produk itu ada kekurangan, maka bisa seketika dilakukan evaluasi. Dengan rutin melakukan evaluasi itu, maka keinginan konsumen bisa terpenuhi dengan baik.

3. Kurangnya Melakukan Inovasi Produk

Inovasi Produk

Kegagalan berikutnya dalam berbisnis bisa disebabkan oleh kurangnya inovasi dalam melakukan perbaikan produk. Baik dari segi kemasan, bentuk, jenis maupun cara pemasarannya juga bakalan mempengaruhi penjualan produk.

Inovasi menjadi jantung utama sebuah bisnis. Tanpa adanya inovasi dalam dunia bisnis, maka akan terjadi kegagalan dalam bisnisnya. Maka dari itu melakukan inovasi produk menjadi sangat penting untuk dilakukan. Sehingga didapatkkanlah produk yang sesuai dengan permintaan pasar.

4. Tidak Membaca Produk Kompetitor

Motivasi buruk yang membuat bisnis gagal sukses yaitu karena terlalu adem ayem. Ada kesan masuk pada zona nyaman sehingga tidak membaca manuver-manuver yang dilakukan kompetitor.

Kondisi yang seperti ini otomatis akan membuat sebuah bisnis mengalami kegagalan sebelum berkembang. Maka dari itu kita harus pandai-pandai dalam membaca inovasi yang dilakukan kompetitor.

Inovasi-inovasi yang dilakukan kompetitor ini nantinya bisa ditiru dan diperbaiki olehmu. Jadi pastikanlah kalian mengetahui seberapa besar tingkat persaingan kompetitor.

5. Tidak Melakukan Promosi yang Mendalam Berkaitan Dengan Produk yang Kalian Tawarkan

Sering kita temukan ada perusahaan yang gagal total lalu akhirnya bangkrut akibat tidak bisa melakukan promosi. Kegagalan dalam melakukan promosi bisa berujung kepada kebangkrutan karena konsumen jadi tidak mengetahui kelebihan dan keunggulan yang ada pada produk itu.

Agar suatu produk bisa memiliki nilai yang lebih baik dan punya nama yang lebih familiar, maka kalian harus rutin melakukan promosi mendalam berkaitan dengan produk yang ditawarkan. Promosi mendalam ini nantinya menjadi nilai lebih dari produk yang ditawarkan.

6. Tidak Membangun Relasi Bisnis yang Lebih Luas

Penyebab bisnis gagal berikutnya yaitu karena kita tidak mencoba membangun relasi yang luas antar kompetitor. Walaupun kompetitor adalah musuh utama bagimu dalam merebut hati konsumen, tetapi menjalin relasi dengan kompetitor juga penting.

Menjalin relasi dengan kompetitor ini tujuannya agar ketika ada ketidakmampuan kompetitor dalam memenuhi permintaan konsumen, kalian bisa mengisinya. Saling bahu membahu yang seperti ini dalam memenuhi kemauan konsumen inilah yang membuat bisnismu semakin tambah berkembang dengan baik.

7. Tidak Melakukan Riset Kelemahan Produk

Lakukanlah riset kelemahan produkmu. Kira-kira ada kekurangannya tidak. Jika terdapat kelemahan pada produkmu, maka bisa memperlemah penjualan produk.

Oleh sebab itulah kalian harus selalu berusaha memperbaiki kelemahan produkmu. Dengan selalu melakukan riset kelemahan produk sendiri itu nantinya akan membuat produk yang kamu jual ke konsumen akan laris manis di pasaran.

8. Tidak Mengajukan Proposal Usaha Bisnis

Berikutnya yang membuat usaha bisnis tidak bisa berjalan dengan baik yaitu karena kita tidak mengajukan proposal usaha bisnis kepada konsumen maupun kompetitor. Kondisi yang seperti ini tentu saja membuat usaha bisnis milikmu tidak berkembang dengan baik.

Kalau ingin memperluas produk penjualan menjadi lebih luas lagi, maka mau tak mau kamu harus memperluas kompetitor. Tujuan dari memperluas kompetitor ini nantinya menjadikan produk milikmu mempunyai nilai jual yang berlebih.

Produk milikmu nantinya mempunyai value yang lebih bagus. Dalam pengajuan proposal bisnis, kalian harus menonjolkan kelebihan yang kalian punyai kira-kira apa. Kelebihan yang kalian punyai ini nantinya bakalan menjadi nilai jual lebih dari produk yang kalian tawarkan.

9. Tidak Melakukan Rebranding yang Lebih Luas

Motivasi buruk berikutnya yang menjadi penyebab utama mengapa kita gagal dalam dunia bisnis yaitu karena kita tidak berhasil melakukan rebranding yang luas di dunia bisnis. Kegagalan dalam melakukan rebranding ini sejalan dengan melemahnya nilai produk.

Jika nilai dari sebuah produk mengalami pelemahan, maka bisa dipastikan penjualan produkmu akan bakalan lesu. Oleh sebab itulah perlu sekali melakukan rebranding produk yang lebih kuat agar volume penjualanmu semakin naik.

Nah itulah 9 motivasi buruk yang membuat bisnis tidak dapat berkembang dengan baik. Sehingga sangat diperlukan kata-kata motivasi yang baik agar bisnis bisa berkembang. Kalian tentu tidak menginginkan kegagalan bisnis itu menimpa Anda bukan?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *