Materi Akuntansi Syariah – Lengkap

Manajemen Keuangan Islami

Materi Akuntansi Syariah

Materi akuntansi syariah memang menekankan pada 2 hal yaitu, akuntabilitas serta pelaporan. Ini karena fungsi dari akuntansi salah satunya untuk memudahkan pelaporan keuangan yang rapi dan benar. Namun, imbuhan kata syariah membuat segala proses dilakukan sesuai dengan kaidah Islam.

Praktik Akuntansi Syariah pada Masa Pemerintahan Islam

Pada zaman Rasulullah SAW, hal yang direkomendasikan oleh para sahabat yaitu perlunya catatan untuk penanggungjawaban penerimaan pengeluaran negara. Sistem pembukuannya menggunakan model:

  1. 1. Jaridah Al-Kharaj. Dimana mempertunjukkan hutang individu atas zakat tanah, hasil pertanian, serta hutang dalam hal hewan ternak hingga cicilan. Hutang individu dicatat dalam satu kolom, sedangkan pencatatan cicilan di kolom berbeda.
  2. Jurnal pengeluaran yang mencatat segala kebutuhan (kas keluar)
  3. Jurnal dana hanya berisi catatan pemasukan dan pengeluaran serta segala hal yang berhubungan dengan zakat.
  4. Jaridah Al-Musadarin, yaitu laporan khusus mencatat penerimaan denda atau sita sebagai konsekuensi individu yang tidak sesuai syariah, termasuk bila ada pihak yang melakukan korupsi atau tindak laku kejahatan berhubungan dengan uang.

Konsep Akuntansi Syariah

Entitas Bisnis. Dimana perusahaan atau lembaga yang dianggap sebagai entitas ekonomi serta hukum di luar kepentingan berbagai pihak terlibat ataupun secara pribadi.

Berhubungan. Aktivitas akuntansi syariah dianggap akan berjalan terus, hal ini menunjukkan konsistensinya.

Stabilitas Moneter. Syarat bahan uang yang digunakan haruslah berdasar emas agar stabil dan nilainya setara dengan benda.

Zakat. Salah satu tujuan akuntansi syariah adalah perhitungan uang zakat. Harus mengeluarkannya sesuai periode zakat haul, yaitu selama 1 tahun kemudian dihitung pada akhir tahun.

Tujuan Akuntansi Syariah

4 Tujuan akuntansi syariah:

  1. Menentukan hak ataupun kewajiban antara dua pihak dalam transaksi akuntansi syariah yang berkaitan dengan prinsip-prinsip Islam serta hal-hal kewajaran.
  2. Meningkatkan kemampuan pengaturan serta aktivitas kerja produktif dari lembaga keuangan syariah.
  3. Menyiapkan informasi laporan keuangan secara benar dan sesuai kaidah Islam.
  4. Menciptakan penyusunan standar akuntansi secara konsisten agar menarik dan menjaga kepercayaan klien terhadap keuangan syariah.

Karakteristik Akuntansi Syariah

Beberapa karakteristik yang terdapat dalam akuntansi syariah:

  1. Transaksi keuangan dalam akuntansi syariah ini dilakukan berdasarkan prinsip saling paham.
  2. Prinsip kebebasan transaksi diakui dan dijalankan selama objeknya halal dan baik bila dipandang dengan sudut pandang agama Islam.
  3. Transaksi dilakukan setelah menyepakati perjanjian yang jelas untuk mementingkan keuntungan semua pihak menggunakan satu akad. Tetapi tidak melaksanakan dua transaksi bersamaan dengan satu akad.

Postulat Akuntansi Syariah

Entitas. Ini dilaporkan dan disetujui adalah akuntansi syariah yaitu lembaga terpisah dari organisasi tetapi sifatnya tidak lepas dan bergantung sebagai manusia bertanggung jawab kepada Allah.

Mukallaf. Meski entitas bukanlah manusia yang memiliki tanggung jawab tetapi harus memiliki sifat mukallaf karena merupakan ciptaan manusia untuk mencapai tujuan.

Informasi Kualitatif dan Kuantitas. Laporan-laporan harus mencakup informasi secara kualitatif yaitu penjelasan-penjelasan mengenai data kuantitatif (laporan keuangan).

Terus berjalan. Perusahaan haruslah tetap berjalan agar segera menentukan nilai dan harga dari kekayaan yang dimiliki.

Amanah. Hal yang terpenting, akuntansi syariah haruslah berdasar hukum Islam dalam Al-Quran.

Proses Pembangunan Akuntansi Syariah

Langkah dan Prosesnya:

  1. Menginventariskan aturan-aturan dan nilai terkandung dalam Al-Quran serta hadits terutama berkaitan dengan ibadah muamalah.
  2. Penentuan proses perusahaan dalam masyarakat dengan tujuan mendirikan perusahaan sesuai dengan nilai-nilai dalam Al-Quran dan hadits.
  3. Mengatur bentuk sekaligus isi laporan keuangan yang berfokus pada tujuan pendirian perusahaan.
  4. Mengikuti kebiasaan yang sedang berlaku di masyarakat, namun tidak melawan atau bertentangan dengan hukum-hukum Islam Al-Quran serta hadits.

Aliran pemikiran Akuntansi Syariah

Apa saja aliran dalam akuntansi syariah? Filosofis-Teoritis, merupakan aliran berusaha melahirkan teori-teori akuntansi yang lahir dari ajaran Islam tanpa ada pencampuran paham akuntansi konvensional. Praktik pada lembaga keuangan syariah menuntut menggunakan metode pencatatan sesuai prinsip Islam.

Kelebihan Akuntansi Syariah

Beberapa kelebihan akuntansi syariah yaitu:

1. Bagi Hasil

Sistem akuntansi syariah tidak menerapkan bunga atau riba yang dilarang oleh agama, namun menggunakan sistem bagi hasil yaitu menanggung risiko bersama antara pihak-pihak terlibat.

Keuntungan akan lebih jelas terlihat serta kesepakatan telah diketahui dan dipaparkan di awal. Dua pihak yang terlibat dalam sistem bagi hasil ini adalah pemilik serta pengelola modal.

2. Prinsip Murabahah

Akuntansi syariah dalam prinsip jual-beli juga menerapkan sistem sesuai ketentuan agama Islam. Contohnya transaksi antara nasabah yang ingin mengajukan kredit kepada sebuah bank. Prinsip murabahah yang ditetapkan ini membuat sistem kerja dengan kesepakatan di awal.

Kedua pihak terlibat harus membicarakan bunga yang harus dibayarkan dan diterima oleh masing-masing tanpa mempertimbangkan terlebih dahulu suku bunga berlaku.

3. Bebas Riba

Jelas penetapan bunga atau kelebihan dari total pinjaman saat pengembalian merupakan larangan dari aturan dan ketentuan agama. Akuntansi syariah terbebas dari unsur ini. Penyajian laporannya menggunakan prinsip time value of money serta disusun sebagus mungkin agar memuaskan investor.

4. Tenggang Rasa

Akuntansi syariah selain fokus pada pelaksanaan kepentingan akuntansi, tetapi juga terdapat unsur zakat yang menjadi kelebihannya. Selain itu, akuntansi syariah juga memikirkan kepentingan pihak-pihak terlibat dan menerapkan sikap toleransi.

5. Sesuai Islam

Dalam melaksanakan tujuannya, menggunakan prinsip dan dasar hukum Agama Islam. Oleh karena itu, perusahaan yang menerapkan harus memiliki tanggung jawab sosial serta etika bisnis sangat besar.

Bila berbicara mengenai akuntansi pasti tidak lepas dari laporan keuangan, namun materi akuntansi syariah sangatlah beragam walaupun ada satu ciri khas yang melekat, yaitu segala hal bersandar pada dasar hukum Islam.

Mengenal Ruang Lingkup Manajemen Keuangan Islami

Manajemen Keuangan Islami

Ketika belajar tentang ekonomi syariah, seberapa pahamkah Kamu tentang ruang lingkup manajemen keuangan Islami? Atau tentang bagaimana prinsip akuntansi syariah? Untuk lebih mengasah pemahaman serta melihat secara detail dan singkat, berikut beberapa informasi terkait manajemen keuangan Islami :

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan Islami

Ruang lingkup manajemen keuangan terbagi menjadi 2, yaitu:

1. Financial service

Ini merupakan bidang keuangan yang berhubungan dengan pembuatan desain dan konsultasi produk finansial, baik kepada individu, bisnis maupun pemerintah. Bidang ini berkaitan dengan jasa keuangan yang meliputi, Loan officers, Pialang dan juga Konsultan keuangan.

2. Managerial finance

Managerial finance yaitu kegiatan yang berhubungan dengan tugas-tugas manajer keuangan di perusahaan aktif dalam mengelola keuangannya. Aktivitas tersebut meliputi penyusunan budge, peramalan keuangan, manajemen kas, administrasi kredit, mencari dana dan investasi.

Kedua bidang dalam manajemen keuangan ini dalam praktiknya selalu berjalan searah (berbanding lurus), saling mendukung, berkaitan dan ketergantungan satu dengan lainnya. Artinya. keduanya selalu dibutuhkan dalam mencapai tujuan perusahaan secara keseluruhan.

Contoh Manajemen Keuangan Islami

Dalam hal keuangan, di Indonesia sendiri sudah banyak lembaga yang menaungi keuangan Islami. Hal semacam ini dilakukan untuk menjauhkan nasabah dari beberapa hal terkait riba. Dengan begitu, harta akan lebih aman dan halal. Adapun beberapa lembaga terkait, misalnya:

1. Lembaga Keuangan Bank Syariah

Manajemen keuangan Islami  salah satunya melalui bank syariah. Keuangan bank merupakan lembaga yang memberikan jasa keuangan yang lengkap dan operasional dibina atau diawasi oleh bank indonesia. Sedangkan pembinaan dan pengawasan dari sisi pemenuhan prinsip-prinsip syariah dilakukan oleh MUI. Lembaganya terdiri dari :

  • Bank Umum Syariah. Kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.
  • Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Khusus melayani masyarakat kecil di kecamatan dan pedesaan. Sehingga, perekonomian lebih merata dan terjangkau luas.

2. Lembaga Keuangan Non Bank

Jika didefinisikan, merupakan lembaga keuangan yang lebih banyak jenisnya daripada bank. Pembinaan dan pengawasan dari sisi pemenuhan manajemen keuangan Islami dan dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia. Macam-macamnya antara lain sebagai berikut:

  • Pasar Modal

Pasar modal memiliki pengertian sebagai tempat transaksi antara orang yang mencari dana dengan semua penanam saham. Di sini, produk yang dijual belikan meliputi bursa efek layaknya saham dan obligasi jangka panjang.

Pasar modal meliputi underwriter, broken, dealer, guarantor, trustee, custdian serta jasa penunjang. Dalam pelaksanaanya di Indonesia, akan diawasi dalam lingkup operasionalnya ole Bapepam LK serta dibarengi pemenuhan dasar syariah bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI).

  • Pasar Uang

Pasar uang sama halnya dengan pasar modal, yaitu pasar tempat memperoleh dana dan investasi. Perbedaanya hanya terletak pada jangka waktu berlaku serta pemanfaatannya saja ketika digunakan untuk bisnis.

Di sini, proses transaksi akan lebih sering menggunakan media elektronika atau digital. Sehingga, customer bisa mengaksesnya dimanapun serta tidak perlu kerepotan untuk datang langsung sendiri ke sana.

Pasar uang melayani banyak pihak, baik pemerintah, bank, perusahaan asuransi dan lembaga lainnya. Bentuk syariahnya juga telah hadir melalui kebijakan Operasi Moneter Syariah dengan instrumen-instrumen tertentu.

Instrumen tersebut antara lain Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS), Pasar Uang Antar bank Syariah (PUAS). Terdapat juga, sertifikat Investasi Mudharabah Antarbank (IMA) yang secara operasional di bawah pengawasan Bank Indonesia sedangkan prinsip syariahnya diatur MUI.

  • Perusahaan Asuransi

Asuransi syariah atau dalam Islam disebut dengan ta’min, takaful dan tadhamun, merupakan sebuah perusahaan yang mempunyai tujuan untuk saling melindungi pihak-pihak tertentu melalui investasi berbentuk aset.

Ia menerapkan sistem pengembalian dalam rangka menanggulangi resiko atau kejadian-kejadian khusus. Ketika ingin mengikuti program ini, maka diadakan serah terima atau akad yang sesuai dengan syariat Islam.

Asuransi syariah di sini tidak mengandung penipuan, perjudian, penganiayaan, suap serta barang maksiat dan haram lainya. Perusahaan-perusahaan jenis ini sekarang telah bersaing dengan bentuk konvensional.

  • Dana Pensiun

Dana pensiun merupakan perusahaan yang kegiatannya mengelola dana tua dari perusahaan pemberi kerja atau perusahaan itu sendiri. Pengumpulanya melalui iuran dan potongan dari gaji karyawan saat mereka masih aktif bekerja.

Setelah dana tersebut terkumpul, maka oleh perusahaan akan diinvestasikan lagi pada beberapa bidang dengan keuntungan jelas. Ini dilakukan supaya dapat benar-benar berkembang serta menjamin hari tua bagi karyawannya.

Perusahaan yang mengelola dana pensiun dapat dilakukan oleh bank atau lainnya. Di Indonesia, hal tersebut baru hadir dalam bentuk Dana Pensiun Lembaga Keuangan dan diselenggarakan oleh beberapa DPLK bank serta asuransi syariah.

  • Perusahaan Modal Venture Syariah

Perusahaan modal venture merupakan sebuah sebuah sistem pembiayaan dengan jenis usaha mengandung resiko sangat tinggi. Hal ini relatif dan masih jarang keberadaanya untuk diterapkan di Indonesia.

Dalam menjalankan usahanya, perusahaan ini memberikan biaya atau dana pada sesorang tanpa melibatkan jaminan yang notabene pasti tidak seperti sistem lembaga lain. Selain itu, juga menjalankan usaha berdasarkan prinsip-prinsip syariah.

  • Lembaga Pembiayaan

Lembaga pembiayaan merupakan sebuah perusahaan yang tidak termasuk bank maupun non-bank. Ia secara khusus didirikan untuk mengelola dan membawahi bidang usaha pada sektor-sektor berikut ini:

  • Lembaga Sewa Guna Usaha (Leasing).
  • Perusahaan Anjak Piutang (Factoring).
  • Perusahaan Kartu Plastik.
  • Pembiayaan Konsumen (Consumer Finance).
  • Perusahaan Pegadaian Lembaga Keuangan Syariah Mikro yang meliputi Lembaga Pengelola Zakat (BAZ dan LAZ), Lembaga Pengelola Wakaf, serta

Demikianlah sedikit informasi serta ulasan lebih mendalam tentang ruang lingkup manajemen keuangan Islami yang meliputi banyak lembaga maupun juga perusahaan-perusahaan. Penerapn manajeman keuangan Islami juga mengajarkan kita untuk selalu memiliki mental kaya. Dengan mengetahuinya, Kamu tidak akan kebingungan lagi saat mempelajari sistem yang halal.

Kumpulan Puluhan Kata Motivasi Bisnis Muslim

Motivasi Bisnis Muslim

Motivasi Bisnis Muslim

Islam mengajarkan umatnya untuk menjalankan semua aktivitas dalam kehidupan sesuai syariat, bahkan dengan berbisnis sekalipun.

Motivasi Bisnis Muslim

Dalam dunia bisnis tentu banyak tantangan dan kesulitan menghadang, kata motivasi bisnis muslim dibutuhkan pengusaha agar bersemangat untuk berusaha meraih kesuksesan.

Contoh Kata Motivasi Bisnis Jujur

Kejujuran memang mahal harganya terlebih dalam dunia bisnis, namun hal ini sangat ditekankan dalam Islam. Kata motivasi seperti di bawah ini sangat diperlukan untuk membuka pola berfikir pebisnis dalam menjalankan usahanya. Terutama dengan akhlak mulia agar mendapatkan kesuksesan hakiki.

“Modal dasar kesuksesan seorang pengusaha adalah kejujuran serta kepercayaan.”

Seperti yang di tauladankan Rasulullah S.A.W dalam berbisnis selalu menanamkan sifat jujur, hal ini menjadi modal awal agar mendapatkan kepercayaan dari semua orang. Sehingga, siapa saja nyaman menjalin kerja sama.

  “Jadilah pebisnis jujur untuk mendapatkan kesuksesan, kehormatan dan harta yang berkah.”

Aktivitas berbisnis dalam Islam juga diatur dalam syariat, untuk meraih kesuksesan di dunia serta akhirat dan harta yang berkah kejujuran menjadi kunci utama. Jangan menjadi pebisnis curang, karena hanya akan mendapat dosa semata.

Contoh Kata Motivasi Peran Doa dalam Bisnis

Pebisnis seringkali mengalami banyak kendala dalam menjalankan usahanya, tentunya untuk menyelesaikan masalah tersebut seorang muslim akan menyertakan Allah di dalamnya melalui usaha disertai dengan doa. Pemikiran tersebut bisa terbuka melalui kata motivasi di bawah ini:

“Jika Allah berkehendak dengan doa semua beban berat menjadi ringan, bahkan penderitaan jadi kebahagiaan.”

Dalam merintis sebuah bisnis, akan mengalami banyak halangan serta rintangan berat, tidak jarang bahkan kegagalan menjadi penderitaan yang harus dialami. Namun, percayalah semua hal tersebut bisa terasa ringan dengan kekuatan doa.

“Kekuatan doa adalah senjata utama dari sebuah kesuksesan.”

Selain berusaha secara maksimal, doa yang dilakukan dengan tulus dan ikhlas menjadi senjata paling ampuh untuk melawan semua serangan serta kesulitan menghadang dalam meraih kesuksesan. Jadi, jangan pernah meremehkan kekuatannya, karena itu merupakan anugerah dari Allah SWT.

Contoh Kata Motivasi Pentingnya Sedekah dalam Bisnis

Islam sangat menganjurkan untuk bersedekah, ini karena dapat mendatangkan banyak manfaat, bahkan dalam menjalankan usaha, hal ini sesuai janji Allah. Sedekah ,menjadi salah satu jalan membuka pintu rezeki dan juga membentuk mental kaya. Sudah seharusnya sebagai muslim mempercayai hal tersebut. Kata-kata motivasi bisnis muslim berikut bisa menjadi inspirasi dalam menjalankan bisnis sesuai syariah:

”Keberhasilan bisa didapat dengan kecerdasan dan kerja keras, namun sedekah akan memudahkannya.”

Seorang pebisnis harus mampu berfikir secara cerdas dan bekerja keras dalam merintis sebuah usaha. Namun, jangan lupa untuk mempermudah segala urusan serta membuka pintu rezeki semakin lebar sedekah menjadi kekuatan utama.

“Percayalah, dengan membantu orang lain yang kesusahan. Maka Allah tidak akan pernah diam dan membiarkan Kita mengalami kesulitan.”

Prinsip hitungan sedekah sulit jika dipikir dengan nalar manusia. Jika mau berpikir ketika seorang pebisnis menjalankan usaha suksesnya, semua usaha yang dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut tidak lepas dari campur tangan Allah.

Contoh Kata Motivasi Bisnis dengan Berpikiran Positif

Berfikir positif memang bukan hal mudah seperti yang dibayangkan, namun harus dibiasakan karena hal ini bisa membuat diri lebih bersemangat dan optimis. Terutama ketika menghadapi berbagai masalah dalam menjalankan bisnis, seperti dalam kata motivasi bisnis muslim di bawah ini:          

“Ingat positive thinking, Jangan pelihara perasaan negatif karena semua kesulitan harus dihadapi dengan optimis serta berani.”

Kata motivasi ini sangat cocok untuk pebisnis pemula yang baru mulai merintis, tentunya seringkali ada pemikiran apakah usahanya bisa berjalan lancar. Buanglah rasa ragu dan kekhawatiran tersebut, karena dapat menghambat dan ganti dengan berpikir positif serta optimis.

“Berpikiran positif akan membuatmu bangkit dari keterpurukan serta membiarkanmu untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik lagi.”

Ketika mengalami kegagalan dalam berbisnis, banyak pengusaha yang memutuskan untuk menutup usahanya. Berfikir positif itu perlu, agar mampu mengatasi kesulitan tersebut kemudian dapat bangkit kembali dan tidak putus asa.

Contoh Kata Motivasi Bisnis Tentang Manajemen Waktu

Motivasi bisnis muslim selanjutnya adalah manajemen waktu. Dalam Islam diajarkan untuk menghargai waktu, karena dengan begitu Anda dapat melakukan sesuatu lebih bermanfaat. Walaupun belum tahu bahwa momen yang sama tidak bisa terulang, lakukan yang terbaik dan berguna. Pemikiran ini seharusnya juga dimiliki pebisnis untuk meraih kesuksesan.

“Hal yang kelihatannya mudahpun bisa menjadi sulit, jika Kita menunda mengerjakannya.”

Manajemen waktu adalah hal terpenting bagi pebisnis agar berhasil menjalankan usahanya, jangan sering menunda pekerjaan, sehingga menjadi sebuah kebiasaan. Karena hal mudah bisa menjadi sulit jika sampai menumpuk dan sudah dikejar deadline.

“Orang sukses tidak akan menyia-nyiakan waktunya hanya untuk memikirkan kesulitan, tanpa berfikir mengembangkan potensi dalam dirinya.”

Waktu merupakan modal paling unik yang tidak akan mungkin dapat diganti dengan apapun meskipun dengan mengeluarkan biaya besar. Untuk itu, penting mengelolanya dengan baik karena apa yang dilakukan saat ini menjadi kunci kesuksesan dari masa depan, begitupun sebaliknya.

Contoh Kata Motivasi Bisnis dengan Sabar

Kata motivasi bisnis muslim ini tentunya sangat dibutuhkan para pebisnis untuk membangkitkan semangat, sebab semua usaha yang dilakukan saat meraih kesuksesan memerlukan proses panjang dan tentunya penuh lika-liku.

“Untuk mendapatkan keberhasilan, Kamu harus bersabar dengan apa yang dibenci.”

Islam mengajarkan umatnya untuk bersabar ketika menghadapi ujian dan berusaha mengambil hikmah serta pelajaran dari kejadian tersebut. Pemikiran ini juga harusnya dimiliki seorang pebisnis, karena dalam menjalankan usahanya terkadang harus menjalani sesuatu yang tidak disukai.

“Sabar bukan berarti diam dan putus asa saat diterpa musibah, tapi lebih fokus untuk mencari hal positif.”

Pebisnis muslim yang sukses tentu tidak akan lari ketika mengalami musibah, tapi mereka akan menghadapinya tanpa berfokus pada hasil dan berusaha untuk belajar serta mencari hikmah yang bisa dipetik.

Pebisnis muslim tentunya menyertakan keimanan dalam berbisnis, Anda pasti tahu dalam menjalankan sebuah usaha hingga sukses harus melalui proses panjang yang memerlukan kesabaran. Ini karena, terkadang tidak semua bisa berjalan sesuai keinginan.

Itulah beberapa kata motivasi bisnis muslim yang bersumber dari agama Islam bisa menjadi inspirasi dan petunjuk bagi para pengusaha dalam menjalankan usahanya. Selain itu, juga sesuai tauladan Nabi Muhammad, agar kehidupannya lebih berkah. Islam sumber inspirasi.

Ketahui Perbedaan Akuntansi Syariah dan Konvensional Sebelum Menggunakannya

Perbedaan Akuntansi Syariah dan Konvensional

Perbedaan Akuntansi Syariah dan Konvensional

Keberagaman Indonesia berpengaruh pada berbagai macam aspek, salah satunya yaitu akuntansi. Dalam perhitungannya, terdapat beberapa perbedaan akuntansi syariah dan konvensional. Namun, pada intinya tetap sama untuk menemukan besaran nilai yang dicari.

Perbedaan Akuntansi Syariah dan Akuntansi Konvensional

Dalam menjabarkan kedua sistem tersebut, akan mengetahui apa saja perbedaan yang dimiliki. Sehingga, bisa menyesuaikan sistem untuk menentukan nominal tertentu. Berikut penjabarannya:

1. Modal

Dalam akuntansi syariah, modal berlandaskan nilai tukar yang berlaku. Ini sesuai dengan ketentuan ajaran agama Islam. Dimana tidak akan menyertakan riba di dalamnya. Selain itu, juga untuk melindungi kemampuan produksi di masa yang akan datang dalam keberlangsungan perusahaan.

Sedangkan dalam sistem konvesional, terkadang terjadi beberapa perbedaan dalam menentukan harga untuk melindungi modal pokok perusahaan (capital). Namun, hasil yang didapat sama dan sesuai dengan realitanya.

2. Aset

Untuk metode Islami, jenis aset utama dibagi menjadi dua bagian yaitu, uang (cash) dan harta berupa barang (stock). Sehingga, keduanya tidak akan tercampur. Akan tetapi, memiliki nilai yang bisa dijumlahkan sesuai dengan nominal jual.

Di dalam model konvensional juga dibagi dalam 2 bagian, yakni aset tetap (aktiva tetap) dan aset yang beredar (aktiva lancar). Kedua bagian ini juga memiliki nilai jual sesuai keadaan pasar. Semakin banyak aset, bisa dikatakan perusahaan lebih sehat.

Ketentuan Lain pada Asuransi Syariah

Prinsip Akuntansi Syariah

Beberapa hal lain terkait akuntansi syariah yaitu:

1. Mata Uang

Selain menggunakan mata uang Rupiah, juga bisa memakai mata uang lainnya. Seperti emas, perak, logam mulia dan sebagainya. Namun, hal tersebut hanya untuk perantara sebagai pengukur dan penentu sumber pada barang aslinya.

2. Harga Terkini

Tidak ada sistem harga lama. Namun, penentuan nilai/harga berdasarkan nilai tukar yang berlaku saat ini. Dengan begitu, beberapa orang akan sulit untuk memprediksi nilai barangnya dalam jangka panjang. Akan tetapi, ini lebih menguntungkan untuk beberapa pemilik bisnis.

3. Laba

Laba yang didapat akan dikelompokan sesuai dengan ketentuan masing-masing. Baik itu, laba dari aktivitas pokok dan laba yang berasal dari modal (capital) dengan keuntungan berasal dari transaksi. Selain itu, juga membentuk cadangan saat terjadi kemungkinan bahaya dan risiko di kemudian hari.

4. Ketentuan Lainnya

Beberapa ketentuan lain seperti:

  • Setiap transaksi harus dijelaskan sumber pendapatannya.
  • Menghindari sumber pendapatan yang tidak halal, serta menyalurkan usaha ke tempat yang telah ditentukan oleh beberapa ulama (MUI) sesuai dengan ketentuan syariat islam.
  • Tidak menerima (menghindari) laba dari sumber yang kurang terpercaya, ini dikhawatirkan menimbulkan perdebatan antara haram dan halalnya.
  • Tidak boleh membagi laba yang diperoleh sebelum semua terkumpul dengan jelas asal usulnya. Sebab, dikhawatirkan ada beberapa pembayaran yang belum tertuliskan.

Prinsip-prinsip Akuntasi Syariah

Berikut beberapa prinsip akuntansi syariah yang bisa Anda ketahui:

1. Prinsip Pertanggungjawaban (Accountability)

Dalam prinsip pertanggungjawaban terdapat dua hal penting, yaitu akuntabilitas dan pelaporan. Dalam hal akuntabilitas, semua memfokuskan pada ketentuan ajaran agama Islam. Sedangkan untuk pelaporan, adalah bentuk rasa tanggung jawab kepada sesama dan juga kepada Allah SWT.

2. Prinsip Keadilan

Perbedaan akuntansi syariah dan konvensional berikutnya yaitu, semua yang terlibat dalam aktivitas ekonomi seperti akuntan, auditor, pemilik, manajer dan pemerintah sebagai bentuk sarana ibadah. Ini karena, untuk menjalankan perintah ekonomi sesuai dengan panduan ajaran agama Islam.

3. Prinsip Kebenaran

Semua hal yang terkait dengan keuangan harus dibukukan secara benar dan tidak boleh ditambah ataupun dikurangi. Langkah ini dilandaskan dengan kebenaran akan menciptakan nilai keadilan dalam mengakui, mengukur serta melaporkan transaksi dalam perusahaan.

Prinsip-prinsip Akuntansi Konvensional

Setelah mengetahui prinsip pada akuntansi syariah, selanjutnya akan dibahas tentang jenis konvensional. Seperti:

1. Mengklarifikasi Transaksi

Membagi semua transaksi yang dilakukan supaya lebih mudah untuk dipahamai. Seperti penjualan, pembelian, pengeluaran kas, penerimaan kas dan lain sebagainya ke dalam masing-masing bagian. Ini semua dilakukan walaupun transaksi dengan nominal kecil sekalipun.

2. Mencatat dan Merangkum

Semua hal yang terkait dengan pengeluaran harus dicatat dengan rapi dan maksimal, baik itu bon, bill, nota, struk, sertifikat dan lain sebagainya. Dan juga, harus dibukukan melalui jurnal penjualan, jurnal pembelian, jurnal penerimaan kas, jurnal pengeluaran kas dan jurnal umum.

3. Menginterpretasikan dan Melaporkan

Dengan menjalankan prinsip ini, pelaku bisa membuat laporan keuangan dengan baik dan benar. Bentuknya antara lain, laporan rugi laba, laporan modal dan neraca. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam mengambil beberapa keputusan kedepannya.

Ketentuan Lain pada Konvensional

Beberapa di antaranya:

1. Menggunakan teori pencadangan dan juga ketelitian untuk menanggung semua kerugian dalam perhitungan.

2. Mengenyampingkan laba yang bersifat mungkin.

3. Menerapkan praktik prinsip laba universal (menyeluruh), meliputi laba dagang dan modal pokok.

4. Laba (keuntungan) tercipta hanya saat terjadi transaksi jual beli saja.

Persamaan Akuntansi Syariah dengan Akuntansi Konvensional

Adapun kesamaan antara kedua sistem ini yaitu:

1. Pemisahan jaminan keuangan dengan unit ekonomi yang dimiliki.

2. Metode pendahunan (hauliyah) dengan periode waktu atau tahun pembukuan keuangan. Baik itu pembukaan pembukuan sampai dengan penutupnya.

3. Pembukuan langsung dengan pencatatan bertanggal, ini untuk mengetahui transaksi yang telah berlangsung.

4. Kesaksian dalam pembukuan untuk penentuan barang (tansparansi).

5. Perbandingan (muqabalah) dengan income dengan biaya pengeluaran.

6. Kontinuitas (istimrariah) guna kesinambungan perusahaan dalam jangka panjang.

7. Keterangan (idhah) untuk penjelasan atau pemberitahuan.

Perbedaan akuntansi syariah dan konvensional memang tidaklah begitu mencolok. Hanya saja, keduanya menggunakan sistem berbeda dengan tujuan yang sama. Yaitu, untuk melihat alur dari perencanaan keuangan dalam periode tertentu.

8 Tips Menghadapi Ghibahan Orang Lain Kepada Kita

Tips Menghadapi Ghibahan Orang Lain

Jangan membalas keburukan pakai keburukan juga. Namanya juga manusia, tidak ada yang bisa menjadi sempurna meskipun sudah berusaha. Hanya satu kesalahan yang diperbuat, maka kebaikan yang pernah dibuat akan hilang dalam sekejap.

Kita pasti pernah, saat kita mencoba berbuat baik tapi balasanya malah dijahati. Kondisi yang seperti ini tidak baik karena kita sama aja dengan mereka, yang sama-sama berbuat jahat.

Tips Menghadapi Ghibahan Orang Lain

Tips Menghadapi Ghibahan Orang Lain

Lalu apa yang harus dilakukan ketika menjadi bahan tertawaan sampai ghibahan atau gosip dari orang lain? Lewat artikel kali ini, kami mau paparkan untuk Anda:

1. Tetap Cuek dan Teruslah Berbuat Baik Kepada Orang yang Menjahatimu

Tips menghadapi gibahan orang lain adalah dengan bersikap stay cool. Gak usah dengerin ghibahan orang lain yang membicarakan Anda. Jangan sampai Anda emosi dan kemudian terprovokasi oleh hasutanya. Tetap tenang. Teruslah berbuat baik saja agar orang yang menjahatimu menjadi luluh.

Menghabiskan waktu memikirkan orang-orang yang tidak suka denganmu hanya akan membuang-buang waktu saja. Tetaplah berbuat baik dan melakukan hal-hal yang produktif saja.

2. Melakukan Introspeksi Diri

Tetaplah introspeksi diri saja ya saat ada orang lain gosipi kamu. Jangan balas mulut pedas gosipannya. Tetaplah stay cool dengan memperbanyak introspeksi diri.

Jadikanlah pembelajaran gosipan itu sebagai sarana diri untuk melakukan introspeksi. Dalam Islam sendiri kita diajarkan untuk selalu tasamuh saat ada orang lain yang menggosipi kita. Hal ini dilakukan agar kita tetap dalam keadaan cooling down, tidak terbawa emosi.

Dengan kita melakukan introspeksi, maka kita dapat mendapatkan kualitas diri yang menjadi lebih baik lagi. Kita bisa membuktikan diri kepada orang-orang yang menggosipi kita bahwa kita tidak sesuai dengan apa yang dipikirkan oleh mereka.

3. Berikan Senyum Terbaik Pada Orang-Orang yang Menggosipi Kamu

Tips menghadapi ghibahan orang lain adalah dengan senyum. Udah jangan ikutan marah ya ukhty. Setiap kali ada orang-orang yang menggosipi kamu, tetaplah kamu berbuat baik saja. Kalau perlu kasih dia senyuman yang sangat tulus sama kamu.

Senyum adalah tanda orang yang bersyukur, dan orang yang bersyukur akan membentuk mental kaya sehingga kita selalu tersenyum dengan keadaan.

Dengan memberikan senyuman yang tulus itu, dia pasti akan sadar telah menggosipimu. Tunjukkan bahwa Anda tidak terprovokasi sama sekali walaupun ada orang-orang yang mengghibahimu.

Lama kelamaan orang itu akan malu sendiri sama kamu. Mereka jadi merasa bersalah telah mengghibahimu macam-macam.

4. Tetaplah Kerja Keras dan Tunjukan Kepada Orang-Orang yang Mengghibahimu Kalau Kamu Memang Berprestasi

Udah daripada kalian pusing mendengar gosipan gak jelas teman-temanmu, lebih baik Anda bekerja dan tetap tunjukan prestasi saja. Dengan Anda selalu menujukan prestasi, maka orang-orang akan menaruh simpatik terhadapmu.

Mereka yang sering melakukan ghibahan terhadapmu akhirnya termotivasi untuk tidak melakukan ghibahan lagi. Mereka menjadi termotivasi untuk lebih menghargai dan tak merendahkanmu lagi.

Ketika kamu menampilkan prestasi dirimu yang terbaik, orang-orang dijamin akan langsung bungkam dengan prestasi yang kamu dapatkan. Jadi cara terbaik membalas ghibahan orang lain yaitu dengan cara menunjukan prestasi terbaikmu.

5. Jangan Pernah Membalas Gosipan Orang Lain

Dalam kehidupan, masih berlaku apa itu yang disebut dengan karma. Kalau ada orang lain yang sering menggosipimu, kalian tunggulah saja, pasti karma akan berbalik pada mereka.

Ketika ada orang melakukan kejahatan menggosip terhadapmu, nanti karma itu bakalan berbalik ke orang yang menggosipimu. Jadi tidak usah repot-repot dan banyak buang tenaga untuk membalas kejahatannya balik. Membalas perbuatan jahat yang seperti itu tidak penting.

Anda cukup tunjukan sabar saja, dan nantikan karma yang nantinya dijamin bakalan berbalik kepada orang-orang yang sering menggosipimu. Jadi pastikanlah untuk selalu stay cool dalam menghadapi segala ghibahan orang lain.

6. Tutup Kuping Rapat-Rapat

Udahlah tutup kuping rapat-rapat aja kalau ada orang yang melakukan ghibah terhadapmu. Dengan kita menutup kuping rapat-rapat, maka kita bisa tetap fokus akan potensi diri yang kita miliki.

Menutup kuping rapat-rapat artinya kita berusaha tidak mau ambil pusing terhadap omongan banyak orang. Kita berusaha bodo amat dengan ocehan-ocehan orang-orang tentang keburukanmu. Inilah salah satu tips menghadapi ghibahan orang lain.

Jangan pernah diambil hati ketika kalian mendengar gosipan-gosipan yang menyakitkan. Cukup dicerna melalui kuping saja lalu jangan pikirin ghibahan-ghibahan itu.

7. Jauhi Teman-Teman Orang yang Suka Ghibah

Dalam Islam kita diajarkan untuk berteman dengan orang-orang yang baik. Berteman dengan orang-orang yang memang membawa kita menuju ke arah yang lebih positif.

Makannya itu selalu bertemanlah dengan orang-orang yang membawa dirimu ke arah yang lebih positif. Orang-orang itu diharapkan membawa kamu menuju ke hal-hal baik bukannya malah mengghibahi kamu.

8. Perbanyaklah Membaca Istighfar

Tips menghadapi ghibahan orang lain terhir adalah perbanyak membaca istighfar saja dah. Buang energi negatifmu untuk ikut-ikutan baper saat digosipi seseorang.

Kalau kalian ikut-ikutan baper dan merespon gosipannya. Orang-orang yang menggosipimu justru akan tertawa terbahak-bahak dan tertawa puas dengan apa yang dia lakukan.

Sebaiknya saat ada orang lain yang menggosipimu kamu cukup istighfar dan dzikir saja. Dengan melakukan dzikir, maka kamu bakalan tetap dalam keadaan positif tanpa kepikiran macam-macam ingin membalas dendam kejahatannya mengghibahi kamu.

Selain dzikir berupa sering membaca istigfar, kalian juga bisa dzikir bacaan lainnya dengan sering membaca lantunan bacaan toyibah. Dengan sering dzikir saat digosipi seseorang, dijamin bakalan membuat hatimu akan selalu dalam keadaan adem, tanpa ada kekhawatiran bakalan baper.

Nah itulah 8 tips menghadapi ghibahan orang lain kepada kita. Kalian tetap stay cool saja ya saat ada orang-orang melakukan ghibahan terhadapmu. Dengan tetap stay cool, maka kamu bakalan terhindar dari ghibahan-ghibahan tak bermanfaat dari tetangga ataupun teman.

10 Tips Jaga Kesehatan Ala Nabi Muhammad SAW

Kesehatan Ala Nabi

Kesehatan Ala Nabi

Nabi Muhammad dikenal sebagai salah tau nabi yang pandai dalam menjaga pola makan dirinya. Makanan yang dimakan nabi dipastikan halal dan terbebas dari ketidak higienisan dalam makanan.

Tips Jaga Kesehatan Ala Nabi Muhammad SAW

Begitu terjaganya makanan yang dikonsumsi Nabi Muhammad itulah kemudian Hadits banyak mencatat pola-pola makan nabi yang menyehatkan itu.  Lalu apa saja sih kira-kira, tips menjaga pola makanan ala nabi Muhammad SAW yang bisa ditiru? Berikut ini kami paparkan untuk Anda:

1. Berhentilah Makan Sebelum Kenyang

Nabi Muhammad mengajarkan dalam beragam riwayat kalau Muslim sangat diwajibkan sekali berhenti makan sebelum kenyang. Orang yang berhenti makan sebelum kenyang ini nantinya akan membuat pencernaan kita menjadi sehat. Selain itu, makan seperlunya adalah wujud syukur kita dan mampu menumbuhkan mental kaya.

Dalam dunia medis, makan berlebihan memang tidak bagus untuk perkembangan pencernaan. Kalau kita memakan makanan, seenak apapun makanan itu, kita harus pastikan bahwa makanan yang kita makan terbebas dari segala zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan.

2. Tidur Lebih Cepat, Kurangi Begadang.

Waktu yang Dilarang untuk Tidur

Nabi Muhammad juga memerintahkan agar umat Muslim tidak melakukan begadang. Jika melakukan begadang, maka hal itu bisa tidak baik bagi kesehatan.

Tidurlah lebih awal, kira-kira sebelum jam 10 malam sebisa mungkin sudah tidur. Orang-orang yang tidur lebih awal biasanya akan lebih sehat metabolismenya. Kesehatan kita jadi terjaga dan terbebas dari penyakit lemah jantung.

3. Sering Memakan Kurma

Nabi Muhammad sangat senang memakan kurma. Oleh karenanya, memakan kurma menjadi salah satu sunnah nabi yang sangat digemari. Dengan memakan kurma, maka akan ada banyak gizi yang kita dapatkan.

Kurma diketahui mengandung zat-zat anti oksidan yang memang sangat bagus untuk kesehatan. Oleh karenanya, dengan memakan kurma, maka asupan nutrisi dalam tubuh bisa tercukupi.

4. Menjaga Kebersihan Dengan Baik

Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya untuk selalu menjaga kebersihan. Sebelum tidur dan sholat, diwajibkan untuk wudu dulu. Kewajiban wudu dan sholat ini tujuannya yaitu untuk membersihkan seluruh kotoran yang menempel pada tubuh.

Nabi Muhammad memerintahkan umatnya untuk selalu rutin memotong kumis. Dengan rutin melakukan potong kumis, maka berbagai kotoran yang menempel pada raut muka bisa hilang.

Selain itu, perintah nabi Muhammad yang lain soal kebersihan, yaitu dengan selalu rutin memotong dan merapikan jenggot. Dengan rutin memotong dan merapikan jenggot, maka didapatkanlah raut muka yang bersih.

5. Tidak Pemarah

Berikutnya yang membuat hidup menjadi lebih sehat yaitu dengan tidak menjadi orang yang pemarah. Tidak pemarah artinya bisa mengontrol emosi negatif yang muncul pada dirinya.

Mereduksi emosi negatif yang ada di hati ini kemudian menjadikan kesehatan kita akan berada pada puncak paripurna.

Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada umatnya untuk menjalankan laku hidup sehat. Dengan menjalankan laku hidup sehat itu, maka akan kita dapatkan tubuh yang selalu sehat terbebas dari segala macam penyakit.

6. Rajin Mengkonsumsi Obat Herbal

Selain menerapkan pola hidup yang sehat, rasulullah SAW juga menganjurkan pada kita untuk memakai obat-obat herbal. inilah salah satu cara menjaga kesehatan ala Nabi. Obat herbal yang sangat dianjurkan yaitu Jintan Hitam, Kurma, dan Madu. Jika kita sering mengkonsumsi obat-obat herbal yang semacam itu, maka kita akan mendapatkan tubuh sehat yang terbebas dari segala macam penyakit.

7. Rutin Membersihkan Gigi

Cara menjaga kesehatan ala Nabi Berikutnya yang bisa dicontoh dari gaya hidup nabi dalam menjaga kebersihan yaitu dengan rutin membersihkan gigi. Rutin membersihkan gigi diharapkan bisa menghilangkan berbagai plak yang menempel pada gigi.

Rasulullah SAW memang sangat memperhatikan kesehatan gigi. Beliau selalu membersihkan gigi-giginya menggunakan siwak, karena begitu banyak manfaat menggunakan siwak. Pembersihan itu dilakukan setelah makan.

Karena siwak telah jarang digunakan, maka pembersihan gigi itu bisa diganti dengan pasta gigi. Terdapat kesamaan esensi membersihkan gigi dengan siwak maupun dengan menggunakan pasta gigi.

8. Rutin Melakukan Olahraga

Cara menjaga kesehatan ala Nabi Berikutnya yang bisa dilakukan untuk menjalankan laku hidup sehat yaitu dengan rutin melakukan olahraga. Maksudnya rutin melakukan olahraga disini yaitu selalu menyempatkan waktunya untuk melakukan olahraga rutin.

Dengan melakukan olahraga rutin itu, maka akan kita dapati tubuh yang berada dalam keadaan sehat. Di dunia medis, orang-orang yang kurang olahraga memang berpotensi mengalami obesitas dan berbagai penyakit lainnya yang menyerang tubuhnya. Jadi pastikan selalu rutin melakukan olahraga agar tidak ada penyakit yang mengendap dalam tubuh.

9. Menjauhi Minuman Haram

Cara menjaga kesehatan ala Nabi berikutnya yaitu dengan selalu menjauhi minuman haram kapanpun. Dengan menjauhi minuman haram, maka besar kemungkinan kita bisa terhindar dari berbagai penyakit yang menempel pada tubuh.

Meminum minuman keras memang sangat membahayakan bagi kesehatan. Minuman keras jika sering dikonsumsi maka akan membuat lambung menjadi berkerak dan pada akhirnya akan mengganggu kesehatan kita.

Nah bagi kalian yang sudah terbiasa minum-minuman keras, sekarang harus tinggalkan kebiasaan itu. Gantilah kebiasaan minum-minuman keras itu dengan terbiasa meminum minuman Air Zam-Zam.

10. Sering Melakukan Dizkiran

Cara menjaga kesehatan ala Nabi berikutnya yang sangat tepat yaitu dengan sering melakukan dzikiran. Dengan melakukan dzikiran, maka akan ada banyak energi positif yang dibangun pada tubuh. Jika energi positif itu terbangun dengan baik, maka akan kita dapatkan tubuh yang berada dalam keadaan sehat selalu.

Nah bagi kalian yang ingin mendapatkan tubuh sehat ala Nabi Muhammad SAW. Lakukanlah kebiasaan-kebiasaan cara menjaga kesehatan ala Nabi seperti di atas. Dijamin tubuhmu akan selalu dalam keadaan sehat.

7 Amalan-Amalan Sunnah yang Sering Diabaikan: Nomor 3 Pahalanya Besar

 

Allah memberikan tuntunan kepada para umatnya untuk selalu beribadah kepadanya. Dalam Islam, ada 4 hukum dalam menjalankan ibadah. Beberapa diantaranya yaitu ibadah wajib, sunnah muakad, fardu kifayah, dan mubah.

Amalan Sunnah yang Sering Diabaikan

Ketika beribadah, kita cenderung hanya menjalankan yang wajibnya saja. Beberapa amalan yang sifatnya Sunah, kita sering meninggalkannya. Lalu apa saja sih kira-kira amalan-amalan sunnah yang dimana kita sering meninggalkannya? Berikut ini kami paparkan 7 amalan-amalan sunnah yang sering diabaikan.

1. Tadarus Al-Quran

amalan sunnah yang sering diabaikan namun berpahala besar yang wajib dijalankan yaitu tadarus Al-Quran. Bagi kalian yang sudah lancar dalam membaca Al-Quran, perbanyak tadarus Al-Quran menjadi salah satu amalan yang berpahala besar. Banyak keistimewaan dan kegunaan Al-Quran yang bisa kita dapatkan ketika memperdalam Al-Quran.

Tadarus Al-Quran diharapkan rutin dilakukan tiap hari. Waktu tadarus Al-Quran paling tepat dijalankan pada pagi hari. Dengan melakukan tadarus Al-Quran di pagi hari, maka pintu rezeki besar kemungkinan akan terbuka lebar.

Membaca Al-Quran sangat disarankan dengan tartil yang benar. Kemudian membaca Al-Quran itu diikuti dengan bacaan tajwid yang tepat. Dengan membaca Al-Quran yang seperti itu, maka akan kita dapatkan pahala membaca Al-Quran yang berlebih.

2. I’tikaf di Masjid

Amalan Sunnah yang Sering Diabaikan

amalan sunnah yang sering diabaikan berikutnya yang mampu membawa pahala dalam jumlah banyak yaitu i’tikaf di masjid. Bahkan karena saking besarnya nilai i’tikaf di masjid, banyak orang-orang memilih i’tikaf di masjid sebagai upaya untuk mendapatkan pahala dalam jumlah banyak.

I’tikaf di masjid artinya berdiam diri di masjid sambil melakukan dzikiran. Selain dzikirin, amalan i’tikaf berikutnya yang bisa dilakukan di masjid yaitu sholat sunnah hajat.

Itikaf di masjid disarankan di waktu-waktu luang. Misal pada malam hari selepas kerja. Aktivitas i’tikaf di masjid ini bisa menyeimbangkan antara kehidupan kerja dengan kehidupan ibadah.

3. Shalat Dhuha

Amalan sunnah yang sering diabaikan salah satunya Sholat Dhuha. Padahal amalan puasa Senin-Kamis diketahui cukup besar ganjarannya serta akan membentuk menjadi pribadi yang baik dan serta memiliki mental kaya.

Untuk menjalankan sholat Dhuha sendiri tidak terlalu sulit. Durasi sholat Dhuha juga lumayan lama. Sholat Dhuha membutuhkan waktu 15-20 menitan saja. Sholat Dhuha minimal bisa dijalankan sebanyak 2 rakaat, 3 rakaat, dan 8 rakaat jumlahnya tak terbatas.

Sholat Dhuha sendiri dapat mengantarkan seseorang mendapatkan rezeki yang berlimpah. Orang-orang yang melakukan sholat Dhuha biasanya akan mendapatkan banyak rezeki.

4. Qiyamullail (Sholat Malam)

Amalan sunnah yang sering diabaikan berikutnya adalah sholat malam. Dari Aisyah, beliau berkata: “Rasulullah pernah berdoa supaya kakinya patah Kemudian saya berkata kepadanya, ‘. Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan ini apabila Engkau telah mengampuni dosa-dosa yang lalu dan masa depan’ Kemudian Rasulullah berkata, tidak anda suka saya untuk menjadi seorang hamba yang bersyukur.” (Muslim)

Nabi juga berkata, “Salat yang paling afdhol (utama) selepas solat wajib adalah solat malam” (HR. An Nasa’i). Dalam riwayat yang lain, beliau berkata: “Dan ingatlah, kehormatan dan maruah seorang mukmin bahwa terdapat solat pada malam”.

Dari keterangan Hadits An-Nasa’i di atas menunjukan bahwa Qiyamullail ternyata sangat afdol sekali untuk dijalankan. Seseorang yang menjalankan laku Qiyamullail nantinya akan banyak mendapat faedah dalam hidup.

5. Membaca Dzikir Pagi dan Sore.

Salah satu dzikir yang sering diabaikan di pagi dan sore hari. Bacaan untuk membaca dzikir pagi dan sore yaitu “Rodhitu billahi Robba wa bil-Islami dina, wabil Muhammadin-Nabiya wa Rosula” (Ya Tuhan, aku baik kesenangan (rela) Tuhanku, Islam adalah agama saya, dan Muhammad adalah Nabi dan Rasul). Setelah membaca doa itu kemudian diikuti dengan bacaan ayat Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas dan Sayyidu Istighfar.

Walaupun dzikir mempunyai banyak manfaat, tapi tak jarang hal ini menjadi amalan sunnah yang sering diabaikan. Entah karena kesibukan atau kemalasan.

Rasulullah SAW bersabda: “orang-orang yang mengatakan itu di siang hari dan percaya itu, dan ia meninggal pada hari sebelum malam hari, kemudian dia termasuk penghuni surga. Siapapun yang mengatakan itu pada malam hari dalam keadaan percaya, dan dia meninggal. Maka dia termasuk penghuni surga. “(HR Al-Bukhari).

Sebelum membaca dzikir pagi dan sore, Muslim harus berwudhu terlebih dahulu. Pastikanlah tidak ada hadas kecil maupun hadast besar yang menempel pada tubuh. Jika dalam keadaan suci baik lahiriah maupun dzahiriyah, maka bisa dipastikan doa akan mudah dikabulkan oleh Allah Swt.

Doa bisa dikabulkan oleh Allah SWT jika kita memakan makanan yang halal. Makanan yang halal itu menjadi sebab terkabulnya sebuah doa. Pastikanlah kalian menghindari makanan yang haram. Sebab makanan yang haram diketahui menjadi penyebab tidak terkabulnya sebuah doa.

6. Memakan Dengan Menggunakan Tangan

Amalan sunnah yang sering diabaikan berikutnya yaitu sunah makan menggunakan tangan. Perkembangan dunia modern mengakibatkan ada banyak peralatan untuk makan.  Salah satunya yaitu adanya kehadiran sendok.

Sayangnya kita sering lupa bahwa memakan makanan menggunakan sendok itu kurang baik. Sebab sunah nabi mengajarkan kepada kita agar memakan makanan dengan tangan kanan saja.

7. Mengucapkan Salam Ketika Mau Masuk Rumah

Ketika mau masuk rumah, maka sangat disunahkan untuk mengucapkan salam terlebih dahulu. Apalagi mengucapkan salam termasuk ke dalam sunah rosul yang harus diamalkan.  Sayangnya ada beberapa orang yang lupa mengucapkan salam ketika bertamu.

Kondisi yang seperti ini membuat keberkahan bersilaturahmi menjadi berkurang. Hal ini lantaran silaturahminya tidak dilandasi dengan hal-hal yang Islami sehingga pahala tidak mengalir di dalamnya.

Nah itulah 7 amalan-amalan sunnah yang sering diabaikan Kalian kira-kira mau menjalankan amalan-amalan sunah yang mana nih?

7 Amalan Enteng Jodoh yang Bisa Dilakukan untuk Mendapatkan Pasangan

Amalan Enteng Jodoh

Amalan Enteng Jodoh

Ketika seseorang memasuki usia yang matang, pasti bawaanya ingin melangsungkan pernikahan. Tapi mau menikah sama siapa, itu sering menjadi halangan. Jodoh tidak datang-datang, yang pada akhirnya membuat kita menjadi frustasi.

Amalan Enteng Jodoh

Islam sudah memberikan tuntunan, bahwa jodoh sebetulnya bisa diusahakan. Ada beberapa amalan enteng jodoh yang bisa diterapkan agar bisa mendapatkan pasangan. Lalu apa saja sih kira-kira amalan yang bisa dilakukan agar kita enteng jodoh dan enteng rezeki itu? Berikut ini kami paparkan untuk Anda:

Sering Bersilaturahmi ke Teman-Teman Terdekat

Dalam Islam sudah sering digembar-gemborkan pentingnya bersilaturahmi. Bahkan Rasulullah sendiri sangat menganjurkan agar umat Islam mau bersilaturahmi secara rutin.

Dalam Islam, silaturahmi memang sangat ampuh mendatangkan jodoh. Sebab melalui silaturahmi, kita bisa mendapatkan teman-teman lawan jenis yang berpotensi menjadi jodoh kita.Karena itu lakukan silaturahmi sebagai amalan enteng jodoh.

Lewat silaturahmi kita akan mendapatkan Istri atau suami yang kita dapatkan saat berjumpa bersama. Sehingga orang-orang yang bersilaturahmi akan mendapatkan kemungkinan mendapatkan jodoh dengan potensi yang besar.

Sering Sholat Dhuha dan Mengikuti Biro Jodoh

Amalan enteng jodoh selanjutnya adalah melakukan sholat sunnah. Dengan sering melakukan sholat Dhuha dan mengikuti biro jodoh, maka potensi kita mendapatkan jodoh akan sangat besar. Jangan remehkan kesaktian doa, sebab, dengan doa yang tulus, potensi terkabulnya doa enteng jodoh akan kita dapatkan.

Sholat Dhuha sangat dianjurkan dilakukan mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB. Waktu-waktu tersebut, dianggap sangat tepat, karena pada waktu pagi, Allah menurunkan karunia dan rezekinya kepada umat Islam yang mau berdoa kepada Allah SWT.

Lalu jangan lupa, setelah sholat Dhuha, harus membaca doa sholat Dhuha. Lalu apa saja sih keistimewaan dari sholat Dhuha? Berikut 7 keistimewaan sholat dhuha:

  • Sholat Dhuha membuat jodoh menjadi enteng.
  • Sholat Dhuha membuat rezeki menjadi mudah.
  • Sholat Dhuha bermanfaat menyembuhkan penyakit.
  • Sholat dhuha membuat kerja menjadi lancar.
  • Sholat Dhuha bermanfaat meningkatkan ketakwaan
  • Sholat Dhuha bermanfaat menyehatkan badan
  • Sholat Dhuha membentuk mental kaya

Aktif di Majelis-Majelis Pengajian Lalu Kalian Menjadi Pengurus Dari Majelis Taklim Tersebut

Agar kalian terus-terusan disukai orang, maka kalian harus selalu menunjukan prestasi diri di publik. Inilah salah satu amalan enteng jodoh yang mudah dilakukan. Cara menunjukan prestasi diri itu yaitu dengan aktif ke majelis-majelis taklim. Disarankan kalian menjadi bagian dari kepengurusan majelis taklim tersebut. Saat kita aktif di kepengurusan majelis taklim, maka kita sangat berpotensi mendapatkan jodoh.

Allah sendiri menjamin, bahwa jodoh akan datang saat kita sudah mapan. Baik itu mapan dalam segi prestasi, mapan dalam segi financial, maupun mapan dalam segi keagamaan dengan aktif di banyak majelis taklim.

Perlu kita ketahui, bahwa wanita kerap berdesir saat melihat adanya darah kepemimpinan pada pria. Wanita secara auto pilot akan tertarik kepada pria yang sedang memberikan perintah pimpinan ke bawahan atau anak buahnya. Makannya itu Anda sangat disarankan aktif di majelis taklim.

Dengan kalian aktif sebagai pengurus di majelis taklim, maka potensi mendapatkan jodoh akan sangat besar.  hal ini menjadi senjata ampuh untuk dijadikan amalan enteng jodoh. Jadi langsung saja kalian aktif di berbagai organisasi dan majelis taklim lalu berusahalah menjadi pimpinan dalam organisasi tersebut.

Memperbagus Diri Dengan Upgrade Penampilan

Jangan biasakan dirimu tampil jorok dan kumal. Tampilah sekece mungkin dengan dandanan yang rapi. Semakin kita rapi dalam berdandan, maka semakin besar pula peluang kita untuk mendapatkan jodoh.
Upgrade penampilan disini maksudnya yaitu kita memperbaharuhi pakaian dan style kita. Pakailah pakaian yang keren. Dari pakaian itu, nantinya akan menjadikan kita trend seter bagi para lawan jenis yang lihat.

Allah memang menyuruh kita untuk menggunakan pakaian terbaik. Bahkan saat sholat pun, kita diperintahkan Allah, untuk memakai pakaian yang baik. Jadi saat kita keluar rumah, dan akan bertemu dengan banyak orang, kita pun harus menggunakan pakaian terbaik pula agar ada kemungkinan potensi jodoh yang bisa kita dapatkan.

Sering Membaca, Mengaji, dan Memperdalam Ilmu

Amalan enteng jodoh selanjutnya adalah memperdalam ilmu. Kalian susah mendapatkan jodoh mungkin saja karena ilmu yang kalian perdalam masih kurang. Jika kalian kurang memperdalam ilmu, maka efeknya bisa mempersulit datangnya jodoh.

Karena kriteria dari pasangan sendiri suka kepada orang-orang yang memperdalam ilmu. Semakin seseorang memperdalam ilmu, maka semakin besar potensi untuk mendapatkan jodoh.

Memperdalam ilmu di sini maksudnya yaitu dengan sekolah dan kuliah setinggi-tingginya. Semakin banyak gelar dan capaian gelar yang didapatkan seseorang, maka potensi untuk mendapatkan jodoh akan semakin besar.

Orang-orang yang berpendidikan tinggi otomatis akan mendapatkan perhatian dari calon jodoh yang kemungkinan menghampiri. Jadi pastikanlah kalian kuliah setinggi-tingginya. Dengan kuliah setinggi-tingginya itu diharapkan akan mendapatkan intensi dan perhatian dari calon jodoh yang akan mendekatimu.

Sering-Seringlah Melakukan Sedekah

Agar bisa enteng jodoh, Anda bisa menerapkan amalan enteng jodoh bersedekah. maka sering-seringlah melakukan sedekah. Dengan kita sering memberi sedekah, maka besar kemungkinan jodoh akan semakin terbuka. Apalagi kita ketahui bahwa sedekah adalah pintu utamanya untuk membuka jodoh, tapi tidak hanya itu, sedekah juga termasuk amalan melancarkan rezeki.

Besarnya sedekah tidak harus diukur dengan kuantitas. Besarnya sedekah juga tidak harus diukur dari mahal atau murahnya sebuah barang yang disedekahkan.

Konsep sedekah yang diterima Allah yaitu sedekah yang ikhlas. Tidak terlalu mengharap imbalan dari sesama manusia. berapapun sedekahnya yang penting ikhlas dan mendatangkan rezeki yang berlimpah dan jodoh yang baik.

Nah itulah 7 amalan enteng jodoh yang bisa dilakukan untuk mendatangkan pasangan. Kira-kira kalian siap untuk melakukan amalan-amalan di atas? Agar selalu diberikan keentengan dalam berjodoh?

4 Sifat Khadijah Istri Rasulullah Yang Wajib Diteladani Oleh Wanita Zaman Sekarang

Sifat Khadijah

Sifat Khadijah

Seluruh muslim yang mengenal Nabi Muhammad SAW pasti mengetahui sosok istri pertamanya yang bernama Khadijah r.a, beliau adalah satu-satunya perempuan yang tidak pernah dipoligami oleh Rasulullah dan memiliki sifat yang sangat patut untuk diteladani. Berbagai kisah tentang Khadijah pasti sering kita dengar tentang betapa hebatnya beliau mendampingi Rasulullah.

Sifat Khadijah Istri Rasulullah Yang Wajib Diteladani

Bagi para wanita khususnya ada 4 sifat Khadijah Istri Rasulullah yang wajib diteladani oleh wanita zaman sekarang. Karena sifat beliau dapat menuntun para wanita menjadi wanita yang sholehah dan cerdas. Empat sifatnya adalah sebagai berikut ini:

1. Wanita yang Sangat Cerdas

Khadijah terkenal sebagai wanita yang sangat cerdas. Inilah sifat Khadijah yang harus dicontoh wanita generasi saat ini. Kecerdasannya membuat bisnis yang dilakukan berkembang dengan sangat baik. Strategi dagang yang dilakukan Khadijah sangat hebat dalam memajukan bisnisnya. Dengan kecerdasan yang dimiliki beliau dapat memilih dengan tepat siapa orang yang tepat untuk diajak bekerjasama. Termasuk ketika beliau memilih Rasulullah untuk menjadi salah satu utusan dagang beliau, dari situlah bisnis yang dikelolanya berkembang dengan sangat pesat.

2. Wanita yang Mandiri dan Ulet

Sifat Khadijah selanjutnya adalah wanita yang mandiri. Khadijah juga sangat ulet dalam pekerjaannya sampai membuat banyak orang segan kepadanya. Kemandiriannya dalam mengerjakan setiap hal membuatnya bisa diandalkan dalam bisnis perdagangan. Beliau juga terkenal tegas dalam mengelola bisnis. Sifatnya yang begitu ideal ini membuatnya menjadi wanita yang sukses dalam perdagangan yang beliau lakukan. Orang-orang yang bekerjasama dengan beliaupun menjadi sangat hormat dan menghargai beliau.

3. Wanita yang Sangat Setia

Kesetiaan Khadijah sangat terlihat ketika beliau menjadi istri Rasulullah. Beliau begitu setia mendampingi langkah suaminya kemanapun suaminya melangkah. Khadijah r.a adalah perempuan yang sangat dicintai Rasulullah. Ketika Sang Rasul melewati masa-masa terberat Khadijah sangat telaten dan perhatian menemani dan merawat Rasulullah. Inilah sifat Khadijah yang sangat baik untuk dijadikan teladan.

Khadijah selalu menemani Rasulullah dalam amanahnya menjadi Rasul Allah SWT. Dengan sabar dan telaten Khadijah menyediakan apa yang diperlukan Rasulullah. Beliau juga selalu memberikan contoh tentang cara berpakaian yang menutup aurat, dan begitu banyak manfaat menutup aurat.

Saat Khadijah meninggal dunia, Rasul sangat bersedih, Rasulullah tidak pernah sesedih itu seumur hidup beliau. Kematian Khadijah menjadi duka yang sangat mendalam bagi Rasulullah. Setiap mengingat Khadijah, Rasulullah selalu menangis, karena cintanya yang dalam pada Khadijah. Istri yang setia, taat, perhatian dan penuh kasih sayang pada dirinya.

4. Wanita yang Shalihah dan Teguh dalam Pendirian

Manfaat Menutup Aurat

Khadijah r.a merupakan wanita yang shalihah dan teguh dalam pendiriannya. Di kala beribadah dia sangat khusuk. Di saat terjang masalah dia sangat teguh dalam pendiriannya. Keteguhannya dalam memegang agama islam sangat menginspirasi umat muslim zaman sekarang. Selain itu, keteguhan hati dan akhlaknya yang mulia membuatnya pantas menjadi ratu surga. Sangatlah beruntung ketika kita mampu mengikuti sifat Khadijah dalam hal ini.

Karena keshalihan Khadijah inilah Rasulullah sangat mencintainya. Dalam kehidupannya Khadijah selalu menguatkan Rasulullah dalam berdakwah. Sehingga Rasulullah sangat mencintainya.

Demikian empat sifat Khadijah yang sangat layak untuk dicontoh wanita zaman sekarang. Khadijah adalah wanita pertama yang memeluk islam dan wanita yang dijamin surganya oleh Allah SWT.  Menurut Qatadah, Az-Zuhri, Ibnu Ishaq, Abdullah bin Muhammad bin ‘Aqil pernah menyatakan: “Khadijah adalah orang pertama yang beriman kepada Allah SWT (dari laki-laki dan perempuan) dan tidak ada yang menyatakan selain itu.”

Suri Tauladan yang Baik

Banyak sifat Khadijah dapat dijadikan sebai suri tauladan yang baik. Beliau juga mengajarkan kita agar memiliki mental kaya, salah satu caranya dengan selalu bersyukur. Khadijah adalah orang pertama yang shalat dengan Rasulullah. Rasulullah pertama kali mengajarkan wudhu dan menunaikan ibadah shalat pertama kali adalah kepada Khadijah. Sungguh mulia posisinya sebagai pendamping Rasulullah dimasa dakwahnya. Beliau begitu setia pada Rasulullah sampai hari kematiannya. Karena Khadijah wafat sebelum Rasulullah Isya’ Mi’raj.

Maka shalat yang ditunaikan belum shalat wajib lima waktu melainkan shalat sunah yang dikerjakan bersama Rasulullah. Menurut Ali Radiallahu’anhu, Rasulullah saw pernah bersabda: “Wanita terbaik yang ada di dunia adalah dan akhirat adalah Maryam putri Imran dan Khadijah istri pertamanya”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dapat dikatakan bahwa Khadijah sudah dijamin menjadi wanita yang akan menemani Rasulullah di surga Allah SWT. Selain itu dalam Hadist Ibnu Abbas Radiallahu’anhu, Rasulullah juga pernah bersabda: “Wanita-wanita yang paling utama untuk masuk surga adalah Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, Maryam binti Imran dan Asiyah binti Muzahim (Istri Firaun).”

Peran Khadijah yang sangat penting dan sangat besar bagi kehidupan Rasulullah dalam menyebar luaskan agama Islam sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT. Khadijah juga tercatat sebagai Umul Mukmin yakni orang yang pertama beriman kepada Allah SWT atas ajaran yang disampaikan lewat Nabi Muhammad SAW.

Allah SWT sudah menjanjikan surga tertinggi untuk Khadijah, bahkan dikatakan bahwa Khadijah adalah Ratu Surga. Dan Allah SWT juga telah mempersiapkan sebuah rumah untuk Khadijah di surga yang terbuat dari emas dan perak disampaikan melalui perantara Malaikat Jibril kepada Baginda Nabi Muhammad SAW.

Setelah Khadijah wafat penghormatan kepada beliau masih berlanjut dilakukan oleh Rasulullah. Ketika beliau menyembelih seekor kambing dan memotongnya kemudian dibagikan kepada sahabat Khadijah. Hal ini menjadi bentuk penghormatan dari Rasulullah untuk para sahabat Khadijah sampai beliau wafat.

Rasulullah sering menyanjung Khadijah dalam setiap kali beliau bercerita tentang Khadijah r.a istri pertamanya kepada para sahabat. Dari Khadijah, Rasulullah mendapatkan dua putra dan empat orang putri. Dua putra Rasulullah wafat di waktu masih kecil dan yang lainnya bernama Zainab, Ummu Kultsum, Ruqayyah dan Fatimah. Dari keempat putri Rasulullah dan Khadijah itu menjadi pembela agama Allah SWT dengan berani dan pantang menyerah sampai akhir hayatnya.

7 Manfaat Manajemen Keuangan Islami

Manfaat Manajemen Keuangan Islami

Manfaat Manajemen Keuangan Islami

Seorang manajer harus memahami arus peredaran uang suatu perusahaan. Sedangkan tuntunan agama  mengajarkan bagaimana tata kelola pembendaharaan dengan baik dan benar, supaya semua pihak memperoleh kemaslahatan. Ada banyak manfaat manajemen keuangan Islami jika dijalankan dengan baik dan benar. salah satunya adalah mencari rezeki halal dan barokah.

Beberapa Manfaat Manajemen Keuangan Islami

Manfaat tersebut bersifat global, mulai dari internal perusahaan, pihak relasi, nasabah, masyarakat umum juga pemerintah. Di era manajerial ini, sistem pengelolaan  sangat memiliki peran signifikan. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, akan melatih kita memiliki mental kaya.  Berikut 7 manfaat manajemen keuangan Islami yang perlu Anda ketahui:

1. Bisa Membuat Planning (Perencanaan)

Manfaat manajemen keuangan Islami yang pertama adalah membuat perencanaan. Sebuah perusahaan pasti memiliki banyak program internal yang perlu diwujudkan. Dan semua itu tidak akan lepas dari pendanaan. Manajemen keuangan akan menjadi sentral pelaksana lapangan sebagai bahan bakar proses perkembangan suatu usaha untuk mencapai tujuan.

Pengelolaan keuangan merupakan hal terpenting untuk menghadapi lingkungan eksternal yang berubah secara rasional dan sistematis, bukan sekedar intuisi atau firasat. Manajemen ini sangat bermanfaat saat mengambil keputusan tindakan serta sebagai solusi alternatif bila perusahaan terdapat suatu masalah.

Ajaran Islam tentang perencanaan terkandung dalam surat Al-Hasyr: 18 “Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah maha mengetahui”.

2. Untuk Mencapai Tujuan

Manfaat manajemen keuangan Islami selanjutnya adalah cara untuk mencapai tujuan. Berpijak pada penataan keuangan yang baik dan benar, sebuah perusahaan akan mudah menyusun program-program untuk terus maju. Dengan begitu, visi misi dapat terlaksana tanpa hambatan serta secara tidak langsung hal tersebut bisa membuat suatu usaha tetap jaya.

Tanpa adanya manajemen baik dari pengelolaan keuangan, SDM, produksi, strategi dan pemasaran, suatu perusahaan akan bangkrut. Manfaat sebuah tata kelola sangat signifikan dalam perannya menjaga serta membuat progres organisasi usaha.

Isyarat Islam mencapai tujuan dengan baik disebutkan dalam surat Al-Mukminun 23:8 “Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan seperti bangunan yang kokoh”.

3. Menjadikan Transaksi Lebih Bersahabat

Di dalam hukum agama Islam, sebuah manajemen keuangan syari’ah memiliki makna bahwa tata kelola pembiayaan berdasar atas nilai syariah yang telah ditentukan. Dengan begitu, sebuah Bank Syariah tidak menarik bunga dan memiliki resiko transaksi sangat terjangkau.

Manfaat manajemen syariah ini bertujuan agar semua orang bisa merasakannya. Tidak hanya oleh pihak perusahaan dan nasabah, namun penataan ini juga mengajak untuk saling berbagi kepada sesama serta tidak memberatkan urusan orang lain.

Sistem pengelolaan ini berporos serta tumbuh dari Al-Quran surat Al-Maidah Ayat 2 yang mengajarkan, agar manusia saling tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan. Juga tidak diperbolehkannya mempersulit orang lain.

4. Memaksimalkan Organizing (Pengornisasian)

Dengan organizing, akan tampak kesatuan yang utuh, kekompakan, kesetiakawanan dan tercipta mekanisme sehat. Sehingga kegiatan lancar, stabil serta mudah mencapai tujuan. Proses pengorganisasian ini memang menekankan agar tercipta kebersamaan dalam segala tindakan.

Suatu kesatuan yang utuh, murni dan bulat dalam suatu organisasi telah diisyaratkan dalam firman Allah surat Al-Anfal ayat :46.

5. Melakukan Actuating (Pergerakan)

Manfaat actuating ini merupakan proses kelompok atau organisasi yang tidak dapat dipisahkan. Dalam fungsi pergerakan biasa menggunakan 3 istilah, yaitu directing commanding, leading, coordinating dan motivating.

  • Directing Commanding

Segala program perusahaan akan mengacu pada manfaat manajemen keuangan Islami. Komando direktur baik dalam menjalankan usaha maupun membuat proyek, terlebih dahulu pasti melihat laporan manajer. Dengan demikian, seorang pimpinan akan mudah mengambil keputusan dan solusi masalah.

  • Leading

Manajer akan membuat leader dari setiap kepala bagian pekerja setelah mendapat persetujuan dari direktur untuk menjalankan sebuah proyek dan program. Proses ini terhitung paling jeli, sebab kemampuan manajemen perusahaan dalam menata keuangan dan pelaksana diuji.

  • Coordinating

Tahap terakhir manajemen yaitu actuating yang di dalamnya harus terdapat koordinasi atau kerjasama pelaksana agar tidak menyimpang dari program. Coordinating lapangan sangat berperan untuk menjaga kestabilan pekerja dan jalannya perusahaan.

  • Motivating

Salah satu hal terpenting dari manajemen yang melandasi actuating di atas yaitu motivating, untuk memberikan pergerakan dan kesadaran terhadap pelaksana pekerjaan. Motivasi baru, bimbingan atau pengarahan sangat penting agar sadar serta timbul kemauan bekerja dengan baik.

6. Terlaksananya Controlling (Evaluasi)

Manfaat pembendaharaan juga sebagai badan evaluasi dalam rantai kegiatan-kegiatan perusahaan. Pengendalian merupakan salah satu cara para manajer untuk mengetahui apakah tujuan organisasi tersebut bisa tercapai atau tidak.

Controlling merupakan konsep pengendalian, pengorganisasian, pemantau efektifitas dari perencanaan dan kepemimpinan serta pengambilan saat dibutuhkan. Bisa dikatakan bahwa, manajemen merupakan penegah antara program kegiatan maupun pekerja.

Bimbingan evaluasi ini tersirat dalam Al-Qur’an surat Al-Infithar ayat 10-11yang menerangkan bahwa “Allah mengutus para malaikat untuk mencatat semua amal perbuatan manusia”.

7. Meningkatkan Hubungan dengan Pihak Eksternal (Diplomatis)

Pada umumnya, pihak luar perusahaan bila ingin menemui organisasi, akan menjumpai badan manajemen terlebih dulu, terutama menyangkut kerjasama. Hal ini karena, manajer paling banyak mengetahui seluk beluk jalannya usaha. Berikut beberapa fungsi diplomatis manajerial kantor:

  • Menambah Relasi

Seorang manajer yang baik, dalam mengelola manajemen serta penyampaian kepada pihak luar, bisa menjadi faktor penting dalam pengembangan sayap perusahaan. Keberlangsungan lembaga juga ditentukan oleh kerjasama dengan badan manajerial sebagai pemeran pokok.

  • Menjaga Nama Baik

Sebagai mediator perusahaan, pihak manajemen syari’ah juga berperan untuk menjaga nama baik instansi. Terlebih bila lembaga usaha mengalami masalah, maka manajer harus berdiri paling depan guna mengcover dan berfungsi ganda sebagai humas.

  • Citra Publik

Kemampuan menarik seorang manajer syariah yaitu, sebagai agen pembentuk opini publik yang mempengaruhi pemikiran masyarakat luas terhadap citra perusahaan. Hal ini juga menentukan kredibilitas lembaga dan kepercayaan di mata umum.

  • Penampung Aspirasi

Pihak manajer juga berperan sebagai jembatan komunikasi luar lembaga, baik dengan masyarakat, maupun pemerintah.

Beberapa manfaat manajemen keuangan Islami juga menentukan kebijakan perusahaan dalam membangun kepercayaan umum berdasar masukan dari luar instansi.