Zaman sekarang yang serba modern, hampir semua orang  gigi menggunakan sikat gigi dan pasta gigi. Sedikit sekali yang menggunakan siwak padahal membersihkan gigi menggunakan siwak sangat dianjurkan dan diajarkan oleh Rasulullah SAW. Bahkan Rasulullah menyunahkan umatnya untuk menggunakan siwak.

Siwak terbuat dari akar atau ranting dari pohon Salvadora persica dengan menggabungkan fungsi dari sikat dan pasta gigi. 

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah pernah bersabda, “Bersiwak itu membersihkan mulut dan merupakan sesuatu yang mendatangkan ridha Rabb” (HR. Bukhari dan An Nasa’i).

Imam An Nawawi berkata bahwa siwak dapat diartikan sebagai apa saja yang dapat meghilangkan kotoran dari mulut dan gigi. Jadi menyikat gigi, berkumur dengan obat kumur, dan menggunakan benang khusus gigi. Dapat dibilang sebagai kegiatan bersiwak.

Manfaat Menggunakan Siwak

Siwak memiliki manfaat yang sangat bagus untuk mulut dan gigi. Berikut beberapa manfaat menggunakan siwak untuk membersihkan mulut dan gigi:

1. Mencegah Kerusakan pada Gigi

Bakteri yang ada di rongga mulut akibat dari sisa makanan yang tertinggal dapat membuat enamel gigi mengalami kerusakan. Sementara itu kandungan siwak memiliki fluoride yang dapat mengatasi kerusakan gigi. Siwak dapat memperkuat enamel gigi. Karena siwal mengandung natrium klorida, kalsium oksida dan natrium bikarbonat.

Dengan menggunakan siwak kita dapat mengatasi kerusakan pada gigi atau mencegah terjadinya kerusakan pada gigi sehingga gigi dapat sehat. Gigi yang sehat membuat kita lebih mensyukuri setiap makanan yang kita kunyah dan masuk ke dalam perut. 

2. Mencegah Plak dan Karang pada Gigi

Plak terjadi akibat dari bakteri yang tumbuh dan berkembang biak pada gigi dan gusi sehingga timbulah plak pada gigi. Plak yang menumpuk akan berkumpul dan menjadi karang gigi yang berada antara gigi dan gusi. Untuk mencegah hal ini, kita dapat menggunakan siwak untuk membersihkan gigi agar plak dan karang dapat diatasi dan dihindari. 

3. Mencegah Bau Mulut

Kayu pada siwak mengandung anti bakteri secara alami dengan begitu siwak dapat mengatasi bau mulut dan membuat nafas menjadi lebih segar. Jadi saat menyikat gigi dengan siwak bakteri dalam mulut akan mati sehingga bau mulut akan hilang. 

4. Menyegarkan Mulut

Siwak mengandung senyawa aromatik yang dapat membuat mulut lebih segar. Sehingga akan ada aroma menyegarkan yang keluar dari rongga mulut ketika kita menggunakan siwak. Setelah selesai menggunakan siwak kita akan dimanjakan dengan sensasi napas segar seperti selesai menggunakan obat kumur yang mahal.

5. Melawan Bakteri yang Ada di Mulut dan Gigi

Penelitian yang dilakukan oleh WHO menyatakan bahwa siwak juga mengandung senyawa anti bakteri secara alami. Maka dari itu, siwak mampu membunuh bakteri jahat yang ada di dalam mulut kita. Dengan begitu, orang yang rutin menggunakan siwak lebih jarang yang mendapatkan penyakit kesehatan rongga mulut dibandingkan dengan yang menggunakan sikat dan pasta gigi setiap hari.

6. Antikanker dan Analgesik Alami

Tidak hanya untuk kebersihan dan membunuh bakteri di rongga mulut. Siwak juga berkhasiat untuk antikanker karena siwak mengandung antioksidan seperti peroksidase, katalase, dan juga polifenoloksidase yang sangat berkhasiat dalam menghindari kanker. 

Siwak juga mengandung bahan aktif yang sifatnya analgesik. Analgesik dapat dibilang juga penghilang rasa sakit. Analgesik mampu membantu mengatasi radang dan rasa sakit khususnya pada gusi.

Manfaat siwak sangat banyak bagi kesehatan mulut dan gigi Analgesik juga dapat membantu gusi jika seumpama gusi terluka, analgesik dapat menetralisir rasa sakit yang timbul.

7. Efektif dan Efisien

Harga siwak yang cukup murah membuat siwak menjadi alat pembersih mulut dan gigi yang efektif dan efisien. Dibandingkan hanya menggunakan pasta gigi dan sikat gigi yang lebih mahal namun khasiatnya tidak sebanyak menggunakan siwak.

Demikian 7 manfaat menggunakan siwak untuk kesehatan mulut dan gigi. Siwak memiliki banyak khasiat dan manfaat dalam kesehatan mulut dan gigi tak heran jika Baginda Nabi Muhammad SAW, menyunahkan siwak. 

Walaupun siwak hanya terbuat dari ranting dan akar pohon namun siwak memiliki banyak manfaat untuk mulut dan gigi. 

Sunnah bersiwak adalah dengan menggunakan tangan kanan. Namun jika menggunakan tangan kiri karena tidak bisa menggunakan tangan kanan tidak menjadi masalah. Pada saat ada kotoran pada gigi maka akan lebih baik jika menggunakan tangan kiri untuk membersihkan kotoran yang menempel pada gigi tersebut.

Bersiwak yang baik yaitu pada saat sebelum melaksanakan ibadah bisa sebelum wudhu untuk menunaikan shalat. Atau bisa juga bersiwak sebelum wudhu ingin membaca Alquran. 

Saat kita bersiwak bagian gigi yang harus dibersihkan adalah di permukaan yang depan, sela antar gigi, permukaan dalam, dan permukaan yang digunakan untuk mengunyah. Lidah, gusi dan langit-langit mulut juga sebaiknya dibersihkan dengan siwak untuk membunuh segala macam bakteri yang menempel disana. 

Kayu siwak dapat menyikat gigi sebagaimana sikat gigi membersihkan gigi hanya saja, siwak lebih banyak mengandung khasiat yang baik untuk mulut dan gigi. Dianjurkan ketika menggunakan siwak kita membersihkan seluruh gigi yang ada di mulut tanpa terkecuali supaya kuman yang ada di dalam mulut dapat mati 

Menggunakan siwak saat hendak melaksanakan sunah Rasulullah dapat dilakukan dengan niat yang baik, menggunakan tangan kanan, mengambil sisa kotoran di gigi menggunakan tangan kiri, dan membersihkan mulut dan gigi secara menyeluruh. Dengan begitu kesehatan mulut dan gigi akan selalu terjaga. 

itulah manfaat menggunakan siwak yang begitu banyak, selain menjaga kebersihan, menggunakan siwak ternyata juga menjadikan kita memiliki mental kaya, karena kita telah meneladani sunah Rasulullah SAW. Oiya, untuk wanita muslimah sangat dianjurkan untuk menggunakan jilbab yang sesuai ajaran agama Islam agar mampu menutup aurat dan semakin Anggun dalam pandangan Allah SWT.

Similar Posts

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *