Pengusaha Muslim

 

Siapa bilang sih, mengambil peluang bisnis Islami itu targetnya sempit? Banyak yang bilang kalau dengan berbisnis Islami maka keuntungan bisnisnya kecil. Anggapan itu sebetulnya keliru. Banyak pengusaha muslim berwirausaha dengan konsep Islami, malahan akan mendatangkan banyak keuntungan. Tidak hanya sekedar uang, namun pengusaha muslim juga berusaha meraih rezeki yang barokah, karena menggunakan konsep Islam.

Pengusaha Muslim

Kamu tahu kira-kira apa saja 5 peluang usaha yang berorientasi Islam itu? Berikut ini kami paparkan 5 usaha berkonsep Islami yang bisa dijalankan:

TipTop

Kamu yang berada di Jabodetabek pasti pernah datang ke TipTop dong ya? Kebetulan TipTop ini menjadi salah satu pertokoan keren di Jabodetabek yang bagus banget buat dikunjungi. Karena pertokoan masih menjadi mempunyai peluang pengusaha muslim yang besar.

Daya tarik utama yang ada pada TipTop ada pada konsep Islaminya. Kalau kita melihat sekilas daleman dari TipTop, di tempat ini kamu akan menemui berbagai barang yang bagus-bagus banget.
Di dalam super market TipTop sudah ada mushola-nya.

Kalian yang saat belanja di tempat ini butuh istirahat sejenak dan mau ibadah, tinggal ibadah saja ke mushola yang sudah ada.

Uniknya, di TipTop Jakarta itu tidak menyediakan minuman keras sama sekali. Jadi kalian bakalan aman-aman saja deh saat berbelanja ke Tip-Top.

Bisnis Islami Paytren

Berikutnya yang dinilai sebagai bisnis Islami yaitu Paytren. Peluang bisnis Islami ini bahkan merambah ke pesantren-pesantren tradisional dan modern yang ada di Indonesia. Salah satu pengusaha muslim modern yang memanfaatkan teknologi.

Paytren memang dikenal sebagai salah satu aplikasi andalan para santri yang punya beragam kelebihan. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Paytren yaitu kita bisa melakukan pembayaran sedekah, aqiqah, zaqat, dll semua bisa dilakukan sebagai upaya untuk memberdayakan umat.

Kalau dilihat-lihat, model bisnis yang seperti itu sangat bernuansa sangat Islami bukan? Makannya itu sangat disarankan kalian mengikuti model yang dikonsepkan oleh Paytren.

Usaha Wardah

Pengusaha muslim berikutnya yaitu Wardah. Wardah selama ini dikenal sebagai kosmetik halal pertama di Indonesia.

Cara rebranding Wardah juga cukup Islami. Para perempuan yang dijadikan model dalam iklan Wardah yaitu orang-orang berjilbab.

Dengan penggunaan bintang iklan wanita berjilbab ini, ada kesan yang terasa Islami dari produk-produk buatan Wardah. Makannya itu iklan kosmetik Wardah dinilai memiliki kesan Islami yang kuat.

Zoya Jilbab

Pengusaha muslim ini menggunakan hijab sebagai wirausaha Islam. Usaha Islami yang menarik dan cocok dijalankan untuk bisnis berikutnya yaitu Zoya Jilbab. Kalau dilihat-lihat, Zoya Jilbab memang cukup menarik. Hal itu bisa dilihat dari model-model yang diusung oleh Jilbab ini selalu laku di pasaran.

Model Zoya Jilbab sendiri cukup banyak penggemarnya. Banyak anak-anak muda yang mengaku tertarik dengan Zoya Jilbab.

Strategi yang dijalankan oleh Zoya Jilbab sendiri cukup menarik. Yaitu penggunaan model iklannya menggunakan para perempuan muda. Pemakaian cewek-cewek muda dalam iklan Zoya Jilbab inilah yang menjadikan produk ini sangat dilirik konsumen. Banyak sekali konsumen di Indonesia yang mengaku puas dengan Zoya Jilbab.

Saat ini Zoya Jilbab telah memiliki 160 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Begitu banyaknya outlet yang dipunyai Zoaya Jilbab itulah yang membuat produk ini terkenal.

Hijup

Pengusaha muslim selanjutnya masih dengan menggunakan fashion. Selain Zoya Jilbab, produk berikutnya yang menarik yaitu Hijup.com. Daya tarik utama pada produk Hijup ada pada fashionable-nya yang anti maenstrim.

Hijup sendiri menjadi platform perantara antara desainer dengan pembeli jilbab. Brand Hijup ini telah memiliki komunitas yang sudah sangat kuat.

Bahkan beberapa Duta Ambassador dari kalangan artis yang menggunakan Hijup. Salah satu artis Indonesia yang dikenal paling sering menggunakan Hijup yaitu Laudya Cynthia Bella dan Dian Pelangi sebagai brand ambassador dari brand hijup.

Nilai lebih yang luar biasa ada pada produk Hijup lalu membuatnya diminati nomor satu di Indonesia. Brand Hijup cukup mampu bersaing dengan beberapa brand lainnya di Indonesia.

Lalu Bagaimana Caranya Agar Mampu Memanfaatkan Simbol-Simbol Islam untuk Berbisnis?

Kita bisa memanfaatkan simbol-simbol Islam untuk mengakumulasi capital. Simbol-simbol Islam ini bisa dipakai untuk memperlaris penjualan produk. Berikut beberapa simbol-simbol Islam yang bisa dipakai untuk meningkatkan volume penjualan.

Simbol Halal

Ratusan juta orang Indonesia itu beragama Islam. Maka manfaatkan saja simbol-simbol Islam itu untuk mengambil simpatik kaum muslim.

Salah satu simbol yang bisa dieksplorasi yaitu soal kehalalan. Muslim Indonesia kebetulan menaruh kekhawatiran yang luar biasa terkait dengan produk-produk yang tidak halal.

Melakukan stempel halal ke produk makanan, minuman, atau bahkan barang akan memperkuat nilai tawar dari produk tersebut. Sehingga tingkat penjualan dari barangnya pun akan naik.

Model Islami

Jika kalian ingin meningkatkan volume penjualan produk lebih tinggi, maka ketika akan memilih bintang iklan diharapkan dari model yang Islami. Baik itu model laki-laki maupun model perempuan.

Model-model yang Islami ini nantinya akan sangat berguna untuk meningkatkan value sebuah produk. Sehingga kita akan mendapatkan suatu produk yang mempunyai volume penjualan di angka yang tinggi.

Beberapa usaha bisnis yang kerap memasukan model-model Islami salah satunya mulai dari biro travel haji, Lembaga Amil Zakat, kosmetik, makanan, hingga fashion pun kerap menampilkan model-model yang terlihat Islami.

Dengan menggunakan model-model Islami volume penjualan produk akan naik. Brand awarnes dari sebuah produk pun akan meningkat.

Nah itulah 5 pengusaha muslim yang sukses menjalankan bisnis berorientasi Islam. Berbisnis mengajarkan kita tentang usaha dan kerja keras, dan juga membentuk mental kaya. Kalian mau nyoba beberapa ide bisnis yang dipaparkan di atas gak kira-kira? Jika ingin menjalankan usaha yang seperti di atas, kalian tinggal ikuti saja strategi yang kami paparkan seperti di atas.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *