Kemajuan teknologi yang pesat membuat bisnis juga harus mengikuti perkembangannya. Ada banyak perubahan yang terjadi. Salah satunya adalah penerapan strategi pemasaran secara digital.  Selain untuk mengikuti kemajuan teknologi, berikut ini beberapa alasan pentingnya belajar digital marketing untuk bisnis.

Digital Marketing Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Mana yang menurutmu lebih banyak mendapat perhatian, melakukan promosi produk lewat brosur fisik atau media sosial? Tentunya, jawaban paling banyak adalah menggunakan media sosial. Hal ini karena media sosial memiliki banyak pengguna di seluruh tempat.

Brosur fisik biasanya hanya dapat disebarkan pada jangkauan wilayah bisnis saja dan tidak lebih dari itu. Bahkan, kebanyakan brosur disebarkan di toko atau tempat bisnis itu sendiri sehingga hanya orang-orang yang datang ke toko saja yang bisa mendapatkannya.

Bila melakukan promosi secara digital lewat media sosial atau blog, bisnis dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Mereka bisa melihat promosi dan detail bisnis di mana saja dan kapan saja.

Memudahkan Interaksi dengan Pelanggan

Kenyamanan pelanggan sudah menjadi prioritas utama bagi pemilik bisnis. Bila pelanggan merasa tidak nyaman dengan layanan dan produk yang ditawarkan, mereka bisa saja memberikan review buruk mengenai bisnis. Review buruk itu akan memberikan kesan negatif pada bisnis.

Kalau perusahaan memiliki kehadiran digital, seperti website, blog, dan media sosial, interaksi dengan pelanggan pun akan jadi lebih mudah. Pelanggan hanya perlu menghubungi perusahaan di kontak informasi yang tertera saat mereka memiliki keluhan sehingga perusahaan bisa langsung mengatasinya.

Interaksi lainnya bisa berupa memberikan pemberitahuan saat ada diskon, update terhadap perusahaan, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, pelanggan akan merasa lebih terhubung dengan perusahaan.

Menargetkan Pelanggan yang Ideal

Setiap bisnis pasti memiliki pelanggan idealnya masing-masing. Contoh, saat menjual produk fashion, seperti tas, sepatu, dan pakaian, mereka akan menargetkan pelanggan yang menyukai fashion. Jika tidak begitu, produk mungkin tidak akan laku terjual.

Lewat digital marketing perusahaan dapat menarik pelanggan ke bisnis mereka dengan menggunakan keyword atau tag. Misalnya, ketika seseorang mengetik keyword “pakaian wanita”, situs perusahaan akan muncul di halaman pencarian.

Selain itu, melalui media sosial, perusahaan bisa menggunakan tag #pakaianwanita saat posting foto dan detail produk di media sosial. Calon-calon pelanggan yang sedang mencari barang dengan tag tersebut akan langsung menemukan produk yang di-posting.

Mampu Bersaing dengan Kompetitor

Apabila kamu memiliki produk-produk umum, seperti makanan, pakaian, atau furnitur, kamu akan menemui banyak kompetitor. Bahkan, tidak jarang kompetitor itu menawarkan produk dengan bentuk dan kualitas yang tidak jauh berbeda sehingga persaingannya tentu makin ketat.

Agar bisnis kamu selalu unggul dan tidak kalah bersaing dengan kompetitor, kamu harus lebih gencar dalam menerapkan digital marketing. Gunakan media digital yang kamu miliki secara maksimal supaya pelanggan bisa terus melihat dan memilih produk dari perusahaan milikmu.

Jangan melakukan strategi promosi setengah hati karena hasilnya tidak akan memuaskan. Pasalnya, calon pelanggan tentu akan berakhir dengan kesimpulan produk kompetitor lebih memiliki daya tarik kuat.

Membangun Kepercayaan terhadap Bisnis

Sebelum membeli produk tertentu, pelanggan akan mencari tahu mengenai produk dan perusahaan pembuatnya terlebih dahulu. Mereka biasanya akan mencari informasi lewat sumber-sumber tepercaya, seperti akun media sosial, website, dan platform jual beli.

Kalau mereka tidak bisa menemukan informasi apa pun, kemungkinan besar pelanggan akan menganggap produk tersebut sebagai produk abal-abal. Kamu pasti tidak ingin produkmu dianggap seperti itu, bukan?

Oleh karena itu, belajar menerapkan digital marketing pada pengembangan bisnis akan membantu dalam membangun kepercayaan pelanggan terhadap bisnis itu sendiri. Sebab, calon pelanggan bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai produk dan perusahaan pembuatnya. Pelanggan juga tahu di mana mereka bisa bertanya dan menyampaikan keluhan mengenai produk dan layanan perusahaan.

Dari sini, kamu tentu sudah mengetahui alasan pentingnya mempelajari penerapan digital marketing untuk bisnis. Berbagai manfaat dari strategi pemasaran di atas bisa kamu rasakan setelah kamu menerapkannya secara langsung pada bisnis milikmu. Nah, bila kamu merasa artikel ini sangat bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya ke teman dan keluarga kamu, ya!

Referensi:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.