10 Tools Marketing untuk Bisnis

Tools Marketing

Saat Kamu sedang memulai bisnis atau usaha, baik itu berskala kecil maupun besar, tentunya membutuhkan sarana yang digunakan untuk membuat seluk beluk bagian promosi atau pemasaran produk dan jasa agar semakin laris. Hal semacam itu disebut dengan tools marketing.

Tools Marketing Handal

Berikut ini akan diberikan rekomendasi tentang 10 tools marketing handal yang akan membantu Kamu untuk melakukan pemasaran dengan baik, mudah serta menarik. Apa saja hal tersebut? Jika penasaran, simaklah informasi berikut ini:

1. Trello

Alat pemasaran yang satu ini berguna untuk membuat sebuah perencanaan terhadap bisnis yang akan dijalankan. Untuk sekedar Kamu ketahui, bahwa pengguna Trello tidak saja terbatas pada media sosial saja, melainkan user bisa memanfaatkanya dalam mengorganisir segala persiapan promosi merk.

Di samping hal tersebut, website keren ini juga bisa digunakan untuk membuat checklist, mengundang member yang telah ada dalam daftar. Agar mereka turut bergabung dalam bisnis tersebut dan mengupload file atau foto.

2. Slack

Slack merupakan sebuah marketing tool yang memiliki fungsi untuk melakukan komunikasi. Di sini, Kamu bisa membuat berbagai macam saluran atau semacam grup dimana akan terdapat percakapan bersama teman-teman yang masuk di komunitas tersebut.

Slack telah terintegrasi dengan semua perangkat lunak yang digunakan oleh tim dalam bisnismu. Ia juga merupakan aplikasi yang menyenangkan serta dapat disesuaikan menurut selera. Sehingga, anggotapun akan lebih mudah dalam melakukan komunikasi.

3 Folderit

Folderit berfungsi sebagai menyimpan dokumen-dokumen penting dalam bisnismu. Hal tersebut dirasa sangat berguna karena bisa jadi saat meletakkan file di komputer atau laptop akan terjadi error pada hardisk. Sehingga semua berkas-berkas itu pun hilang tanpa jejak dapat terselamatkan.

Di dalam Folderit, terdapat Cloud Document Management System, yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis kecil dan menengah. Tools ini sangat aman untuk penyimpanan file sensitif sekalipun. Yang terpenting lagi, seluruh tim bisnis bisa menggunakanya secara bersama-sama.

4. Hootsuite

Hootsuite memiliki banyak fitur untuk digunakan dalam mengorganisir sebuah media sosial bisnis. Seperti memberikan respon dan melakukan unggahan di platfom sosmed manapun dalam mengembangkan serta mempromosikan usaha Kamu.

Ketika menggunakan tools marketing ini dan jika bisnismu tidak akan melibatkan banyak akun media sosial dalam platform yang sama, maka bisa memilih paket “Professional” dengan harga Rp.400.000,- per bulannya.

Di lain sisi, jika bisnis atau usahamu merupakan agensi pengurusan media sosial milik klien, maka  gunakan dan pilihlah  paket Team, Business atau Enterprise dengan biaya mulai dari Rp.1.800.000,- per bulanya.

5. Buffer

Hampir sama dengan Hootsuite, Buffer menyediakan layanan yang sama, tetapi harganya lebih terjangkau serta bersahabat bagi kantong pemula bisnis. Sehingga, tidak akan mengalami kenaikan biaya pemasaran atau promosinya.

Saat menggunakan Buffer, Kamu bisa mulai menggunakan paket Pro dengan harga sekitar Rp.200.000,- saja atau paketnya premium dan business dengan membayar biaya mulai dari Rp.900.000,-.

6. Metrilo

Kini, dengan adanya tool Metrilo, maka analisa kinerja bisnis online akan semakin mudah untuk dilakukan. Karena, menggunakan alat pemasaran lain membuat dashbor terlihat rumit dengan adanya banyak persebaran metrik.

Website Metrilo ini akan memberikan Kamu beragam data Analytics yang mudah dicerna, CRM (Customer Relationship Management) untuk membangun profil pelanggan dan solusi email marketing lengkap. Sehingga pemilik bisnis dapat bertindak atas semua data-datanya.

7. Google Analytic

Tools marketing selanjutnyaa adalah Google Analityc, di sini akan melakukan analisis terhadap website dalam rangka mengecek perkembangan situsmu secara berkala. Hal tersebut akan memberikan manfaat tersendiri bagi perkembangan skala bisnis lebih besar.

Google Analytic berbeda dengan tools marketing lainya, karena Ia memberikan kode yang ditempelkan secara manual terhadap website bisnismu. Hal tersebut akan memberikan kemudahan lebih dalam dunia usaha marketing. Google Analitic adalah salah satu tools bisnis Google yang bisa Kamu gunakan untuk memantau bisnismu.

8. Mailchimp

Untuk menjalin kedekatan dengan para pelanggan, melakukan email marketing merupakan salah satu cara terbaiknya. Namun, seperti yang telah diketahui secara umum, tidak ada ribuan surat eletronik dapat terkirim secara manual. Selanjutnya, terbentuklah tools marketing MailChimp untuk mengatasinya.

MailChimp merupakan salah satu solusi terbaik dalam menjalankan email marketing supaya menjadi lebih efektif dan efisien. Mereka baru saja meluncurkan “otomatis gratis untuk semua”. Ini merupakan hal yang bagus untuk para pengguna.

9. HiverHQ

Adanya dukungan dari pelanggan bisa jadi meningkatkan bisnis atau malah sebaliknya. Akan tetapi jaganlah khawatir dulu, hal tersebut tidak bisa merusak bisnismu jika ada pengontrolan secara tepat dengan menggunakan tool digital marketing.

Hal semacam itu sangatlah penting untuk menjadi pertimbangan dalam sebuah usaha bisnis. Untuk melancarkan misi itu, diciptakanlah website HiverHQ yang merupakan pilihan sempurna.

HiverHQ memberikan kemudahan pada semua anggota agar bisa melihat akses ke email kotak masuk bisnis bersama dukungan dari pelanggan. Tool ini sangat banyak digunakan oleh para pelaku usaha, karena harganya sangatlah terjangkau.

10. Intercom

Dalam tool marketing Intercom, Kamu bisa secara mudah dalam membangun seluruh pusat bantuan di dalamnya. Selain itu, Ia juga  mempermudah beberapa usaha pemasaran bisnis dengan cara menjaga semua orang/perusahaan yang berinteraksi.

Intercom lebih direkomendasikan pada pelaku bisnis menengah ke atas, mengingat harganya lumayan mahal. Namun, hal tersebut sebanding dengan kinerja Tool digital marketing yang memiliki banyak fungsi dan serta adanya integrasi kuat.

Demikianlah informasi dalam artikel ini. Semoga pembahasan tersebut dapat memberikan referensi bagi Kamu seorang pebisnis pemula untuk memilih tools marketing secara tepat dan efektif serta efisien sepenuhnya. Gunakan tools marketing ini secara bijak dan teruslah berusaha keras agar bisnismu semakin berkembang. Menempa diri dengan kerja keras adalah salah satu cara menumbuhkan mental kaya serta menjadikan bisnis kita sukses.

1 thought on “10 Tools Marketing untuk Bisnis”

  1. Pingback: Artikel Motivasi Bisnis:  10+ Motivasi Usaha untuk Kesuksesan Anda - Mental Kaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *