Apa kamu sering melihat iklan atau konten dari perusahaan tertentu di media sosial atau website? Itu tandanya perusahaan tersebut menerapkan digital marketing. Kemajuan teknologi membuat teknik pemasaran secara digital makin digemari. Nah, kamu bisa cari tahu lebih banyak mengenai pengertian dan strategi dasarnya di bawah ini.

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah strategi promosi dan pemasaran produk melalui media digital. Peningkatan pengguna internet tiap tahunnya membuat strategi ini makin sering digunakan. Buktinya, kamu bisa lihat banyaknya iklan-iklan produk atau layanan di media sosial dan televisi.

Strategi ini tidak hanya digunakan oleh bisnis besar saja, tetapi juga oleh pemilik usaha kecil atau UMKM. Dengan pemilihan strategi yang tepat, bisnis kecil pun tetap mampu bersaing dengan bisnis besar dan menarik banyak pelanggan ke produk atau layanan mereka.

Strategi Dasar

Berikut ini adalah beberapa strategi dasar yang bisa digunakan saat melakukan promosi secara digital. Tiap strategi yang dipaparkan berikut ini memiliki kelebihannya masing-masing dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Menerapkan SEO

Mengetahui cara menerapkan SEO sangat penting karena teknik ini mampu membuat situs mendapat peringkat tinggi di hasil pencarian. Situs dengan peringkat tinggi dapat menjangkau lebih banyak orang dibandingkan situs dengan peringkat yang rendah.

Teknik ini bisa kamu terapkan pada website dan blog yang kamu gunakan untuk promosi. Karena algoritma Google sering berubah, kamu juga perlu mengikuti perkembangan SEO agar situs milikmu tetap bertahan di peringkat atas.

Mengirim Email Marketing

Email sering digunakan untuk komunikasi profesional maupun pribadi. Kini, surat elektronik ini juga digunakan sebagai sarana digital marketing, dikenal dengan sebutan email marketing atau newsletter. Kamu bisa mengirim konten tertentu dan informasi promosi kepada pelanggan lewat email marketing.

Dalam email marketing, hal yang harus diperhatikan adalah penyampaiannya. Jangan sampai kamu mengirim terlalu banyak email karena itu bisa membuat email kamu terlihat seperti spam.

Pilihlah konten yang paling menarik untuk dikirim sehingga pelanggan lebih tertarik untuk membaca isinya. Gunakan layanan hosting atau aplikasi email marketing untuk mengelola email marketing dengan baik.

Membuat Content Marketing

Memasarkan layanan atau produk tentunya membutuhkan konten untuk menarik perhatian pelanggan. Prosesnya meliputi beberapa tahapan, yaitu merencanakan, membuat, dan mengelola.

Konten itu bisa berupa infografis, video, artikel, e-book dan masih banyak lagi. Setiap kontennya bisa disebar lewat media sosial, blog dan website. Selain publikasi melalui blog sendiri, kamu juga bisa memanfaatkan guest blogging.

Guest blogging adalah salah satu strategi SEO di mana seseorang menjadi penulis tamu di blog orang lain untuk mempromosikan layanan atau bisnis mereka. Strategi ini menguntungkan dua pihak sekaligus, yaitu pemilik blog dan penulis tamunya.

Memanfaatkan Media Sosial

Ada banyak platform media sosial yang cocok digunakan untuk promosi, seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, dan TikTok. Platform media sosial tersebut memiliki banyak pengguna aktif dengan jenis pengguna yang berbeda pula.

Akan lebih baik kalau kamu menggunakan berbagai platform media sosial sekaligus. Ini memungkinkan kamu untuk menemukan lebih banyak pelanggan baru dan membuat pelanggan yang tidak memiliki media sosial tertentu tetap bisa melihat informasi yang diberikan.

Lakukan promosi di media sosial secara rutin agar pelanggan tidak kehilangan minat. Buat konten, seperti copywriting atau video promosi dengan baik sehingga pelanggan tertarik dengan apa yang kamu tawarkan.

Memasang Iklan Berbayar

Bila kamu memiliki dana yang cukup maka kamu bisa menggunakan dana itu untuk memasang iklan berbayar. Kamu bisa memanfaatkan layanan iklan di media sosial dan Google Ads untuk memasang iklan.

Contoh dari iklan berbayar ini adalah PPC atau Pay Per Click. PPC adalah teknik digital marketing di mana pemasang iklan akan membayar biaya kepada penyedia jasa iklan setiap kali iklan diklik oleh pengguna.

Situs yang memakai PPC biasanya akan mendapat label Ad atau Iklan di halaman pencarian. Memakai PPC akan membuat situs kamu terus berada di peringkat atas tanpa terpengaruh oleh algoritma yang sering berubah.

Tadi itu adalah penjelasan mengenai pengertian dan strategi dasar digital marketing. Pengetahuan yang kamu dapatkan dari ulasan ini bisa kamu terapkan pada bisnis rintisan milikmu. Bagi pemula atau pemilik UMKM dengan modal terbatas, fokuskan diri pada strategi yang sesuai terlebih dahulu.

Referensi:

 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.