9 Contoh Marketing Tools Terbaik untuk Bisnis Anda

Contoh Marketing Tools

Mempelajari pemasaran digital memang tidaklah mudah, ada banyak hal yang harus Anda persiapkan. Peranan media promosi secara online dalam bisnis ini memang sangat besar, karena bisa menjangkau pasar lebih luas. Namun, Anda bisa menggunakan beberapa contoh marketing tools saat ini.

Contoh Marketing Tools

Tools digital marketing ini akan sangat membantu para pemula atau start-up yang baru memulai bisnisnya. Banyak contoh marketing online yang bisa digunakan, seperti tools bisnis Google yang sangat familiar. Tapi masih banyak contoh marketing tools yang bisa kamu gunakan. Ingin tahu apa saja? Berikut ulasannya:

1. SocialMention

Contoh marketing tools pertama adalah SocialMention,  tools ini menawarkan platform gratis yang berguna untuk mengintip kata kunci/keyword yang populer di media sosial. Tujuan dari tools ini ialah, guna memonitor apapun yang sedang dibicarakan atau di mention.

Dapat melakukan analisa bersilang lewat beberapa platform sosial media, seperti Twitter dengan Facebook, Instagram dengan Twitter dan lain sebagainya. Ada beberapa fitur pada aplikasi ini, seperti strength, sentiment, passion dan influence.

2. SociaBuzz

SociaBuzz bisa dikatakan sebagai influencer marketing tools. Pada dasarnya, platform ini mengusung konsep marketplace online yang menghubungkan usaha dengan influencer di sosial media.

Jadi, tujuan dari SociaBuzz ini tidak lain ialah guna menciptakan marketing online melalui word of mouth pada media sosial, baik itu pada Twitter, Youtube, Blog maupun Instagram. Dengan menggunakan platform ini, tentu saja budget pemasaran menjadi lebih maksimal.

SociaBuzz memungkinkan untuk menghubungkan pengiklan. Dalam hal ini, pengiklan dapat mempromosikan bisnis atau brand mereka dengan cepat. Sementara Cost per Action (CPA) merupakan platform yang akan membayar setiap Anda melakukan action.

3. Mailchimp

Tidak hanya search engine dan sosial media saja, email marketing juga termasuk salah satu platform digital marketing terpopuler. Salah satu contoh marketing tools lewat platform email ialah Mailchimp.

Karena sifatnya berbasis web, tentu saja Anda dapat mengakses platform ini dengan mudah tanpa harus mengunduh ataupun menginstall software kembali. Ada banyak fitur premium yang ditawarkan di dalamnya.

Tools marketing ini menawarkan berbagai pilihan campaigns, selain email juga ada postcard, landing pages, google remarketing ads, signup forms hingga Facebook ads. Sudah terintegrasi ke berbagai tools dan apps serta dapat mengirimkan email secara otomatis.

Dalam menggunakan Mailchimp ini, Anda dapat membagi subscriber sesuai minat mereka, lalu mengirimkan email berdasarkan kategori terkait.  Dengan banyaknya fitur di atas, wajar rasanya jika platform ini banyak dipilih oleh jutaan pengguna di 200 lebih negara.

4. Yoast SEO

Jika Anda mengelola sebuah situs di platform WordPress, plugin SEO merupakan tools terpenting yang wajib dimiliki. Salah satunya ialah Yoast sebagai alat untuk meningkatkan performa situs web secara maksimal.

Yoast SEO bisa diinstal langsung di WordPress, platform ini bisa dioperasikan oleh seorang pemula sekalipun dengan mudah. Bahkan, tools juga bisa dibilang paling komprehensif dibandingkan platform sejenis lainnya.

Yoast mempermudah Anda untuk mengontrol meta description dan judul dengan mudah, dapat menentukan keyword yang ditargetkan sekaligus melacak seberapa intens Anda memakainya.

Fungsi terpenting dari Yoast SEO lainnya ialah dapat mengirimkan sitemap secara otomatis yang diperbarui pada Bing dan Google. Ini bisa membantu platform search engine untuk menambahkan konten terbaru dengan cepat.

5. Hubspot

Hubspot merupakan contoh marketing tools berbasis all in one, karena alat ini dapat memberi saran lewat SEO, media sosial, blogging, analisis dan otomatisasi pemasaran. Platform ini menampilkan berbagai macam fungsi dalam satu aplikasi.

Hubspot memungkinkan sistem terstruktur untuk menambah penjualan, margin, prediksi serta tingkat keuntungan. Dengan kata lain, tools ini dapat digunakan guna menguatkan perencanaan dan strategi marketing.

Hubspot sangat penting bagi yang ingin memaksimalkan fungsi medsos, sekaligus sebagai platform CRM paling populer. Dengan alat ini, Anda bisa mempelajari tools marketing memakai sosial media kekinian.

6. IFTTT

Contoh marketing tools selanjutnya adalah IFTTT, merupakan singkatan dari If this Then That, sebagai aplikasi untuk menggabungkan dua aplikasi menjadi satu. Pada tools ini ada semacam resep atau Applets yang dapat diaktifkan guna melakukan otomatisasi pekerjaan.

Anda dapat menerapkan Applets yang telah dibuat sendiri ataupun orang lain dengan menyesuaikan kebutuhan. Salah satu kegunaan dari IFTTT ialah, menyinkronkan kontak pada iOS ke dalam Google Spreadsheet.

Selain itu, platform ini juga dapat menyimpan tautan atau link dari tweet yang telah di like ke dalam pocket.

7. SEMrush

SEMrush merupakan contoh marketing tools dari mesin pencari dengan tujuan membantu pengiklan dan blogger dari berbagai tingkatan. Selain itu, Anda juga bisa memeriksa traffic kompetitor memakai alat ini.

Tools ini bahkan sudah sangat populer bagi pakar SEO sekaligus sebagai platform marketing yang bersifat powerful. Tidak hanya untuk memantau optimasi SEO pesaing Anda, alat ini juga dapat diaplikasikan guna mengecek optimasi SEO di website pribadi.

8. Buzzsumo

Tools sosial media yang bisa diandalkan lainnya untuk marketing online ialah Buzzsumo. Anda bisa melakukan pendaftaran secara gratis di platform ini dengan hanya memanfaatkan beberapa fitur saja.

Fitur andalan tools ini ialah, dapat melihat konten yang sedang populer di media sosial, pengguna yang membahasnya dan berapa banyak jumlah share di sosial media. Dengan demikian, perangkat lunak ini sangat bermanfaat bagi pengguna terutama mereka yang masih pemula.

9. SurveyMonkey

Contoh marketing tools terakhir adalah SurveyMonkey, termasuk salah satu layanan daring, dimana para pengguna dapat membuat survey berbentuk web. Tools ini mempunyai 2 versi layanan, di antaranya layanan berbayar dan gratis.

SurveyMonkey memungkinkan pengguna mengirimkan form berbentuk survey lewat Salesforce atau Facebook. Dimana Salesforce ini ialah, sistem manajemen yang memungkinkan pengguna mengelola akun media sosial, mengelola penjualan dan layanan pelanggan.

Itulah 9 contoh marketing tools yang bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan brand atau produk secara digital. Sehingga bisnis berkembang dan mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi jangan terlalu tergesa-gesa untuk mendapatkan hasil, semua butuh proses. Salah satu proses penentu keberhasilan adalah dengan menumbuhkan mental kaya dan usaha yang keras. Semoga bermanfaat!

Similar Posts

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *