Melakukan pemasaran secara offline saja tidak cukup karena sekarang banyak bisnis yang melakukan pemasaran secara online. Maka dari itu, mulailah belajar promosi secara daring untuk mendapatkan untung yang lebih besar sekaligus mampu bersaing dengan kompetitor. Bila kamu tertarik untuk mengetahui langkah memulai digital marketing, ada baiknya kamu curi waktu untuk segera belajar melalui tahapan-tahapan berikut ini.

Mengikuti Kursus Online

Ingin mendapatkan ilmu digital marketing dari dasar? Mengikuti kursus online adalah pilihan terbaik. Dari kursus online, kamu bisa mendapatkan ilmu dan cara menerapkannya di dunia nyata dengan bantuan tutor. Opsi ini sangat cocok untuk kamu yang masih awam dalam dunia pemasaran.

Kamu bisa menemukan banyak platform kursus online di Indonesia maupun luar negeri. Kursus online itu tersedia secara gratis dan berbayar tergantung dari platform yang digunakan. Biasanya kursus online berbayar memberikan sertifikat penyelesaian yang bisa kamu tambahkan di resume nantinya.

Membaca Buku dan Blog Mengenai Digital Marketing

Bila kamu merasa kurang cocok dengan kursus online, kamu bisa mencoba cara lainnya, yaitu membaca buku dan blog mengenai digital marketing.

Membaca buku dan blog mengeluarkan biaya lebih sedikit jika dibandingkan dengan mengikuti kursus online berbayar, apalagi buku elektronik juga memiliki harga yang lebih murah dari buku fisik.

Belilah buku dan baca blog yang ditulis oleh ahlinya karena mereka bisa memberikan informasi yang lebih dalam. Agar kamu bisa mendapatkan lebih banyak informasi, baca juga buku atau blog dengan topik lain yang berkaitan, seperti SEO dan Content Management System (CMS).

Membuat Blog atau Website Sendiri

Buatlah blog atau website pribadi untuk digunakan sebagai bahan latihan dalam menerapkan teknik-teknik digital marketing. Karena masih bersifat pribadi kamu bebas menggunakannya dan belajar untuk mengatasi masalah yang terjadi sampai kamu mahir dalam menerapkan tekniknya.

Salah satu teknik yang bisa diterapkan di blog atau website adalah SEO. Teknik ini akan membantu blog atau website untuk mendapatkan tingkat visibilitas yang tinggi sehingga bisa ditemukan banyak orang dengan mudah. Banyaknya pengunjung akan membuat blog atau website kamu menghasilkan profit lebih besar.

Mengembangkan Media Sosial

Tidak hanya blog dan website saja, media sosial juga penting dalam digital marketing. Dari media sosial perusahaan bisa berinteraksi secara langsung dengan pelanggan dan melakukan promosi.

Di media sosial kamu bisa belajar cara menentukan strategi promosi sesuai dengan demografisnya. Contohnya pada TikTok, kelompok usia terbesarnya adalah pengguna berusia 18 sampai 24 tahun, dari informasi itu kamu bisa langsung menyusun strategi promosi yang sesuai dengan kelompok usia tersebut.

Menjadi Admin Online Shop

Selain menggunakan media sosial sendiri, kamu juga bisa belajar dari media sosial online shop dengan menjadi admin. Hal ini akan sangat bermanfaat apabila nantinya kamu ingin mengurus online shop sendiri atau milik orang lain.

Banyak orang menganggap admin media sosial hanya bekerja melayani pelanggan saja, tetapi ternyata masih ada tugas lainnya yang tidak kalah penting. Beberapa tugas itu adalah mengatur strategi promosi, mengelola konten, dan melihat tren terkini di media sosial.

Melamar Magang

Apabila kamu benar-benar serius ingin berkarier menjadi digital marketer, kamu harus mengikuti magang digital marketing. Mengikuti magang membuat kamu lebih paham karena kamu akan mendapatkan pengalaman langsung di bawah pengawasan ahlinya.

Pada saat magang kamu juga bisa langsung bertanya bila ada hal yang kurang dipahami. Dengan begitu, kamu bisa tahu cara-cara melakukan pemasaran dengan benar dan efektif. Magang ini ada yang digaji ada juga yang tidak, kamu tentukan sendiri jenis magang mana yang ingin kamu ikuti.

Bergabung Dengan Komunitas Digital Marketer

Cara terakhir adalah bergabung dengan komunitas digital marketer. Kamu bisa menemukannya di internet dan media sosial. Mengapa ini penting? Karena dari komunitas ini, kamu bisa belajar bersama pemula sampai ahli serta mendapatkan koneksi.

Banyak pengguna komunitas yang tidak sungkan dalam memberikan tips dan trik yang bisa kamu jadikan panduan saat belajar. Kamu juga dapat bertukar informasi dengan anggota lainnya dan saling memberi solusi satu sama lain.

Bagaimana apakah kamu tertarik untuk mengikuti tahapan-tahapan belajar digital marketing di atas? Jika iya, kamu perlu tahu kalau hasil pembelajaran tidak akan didapat secara instan. Jadi, kamu harus belajar dan berlatih dengan rajin sampai kamu mendapat hasil yang memuaskan.

Referensi:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.