Kegiatan promosi sangat berpengaruh pada berjalannya sebuah bisnis. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik bisnis untuk melakukan promosi yang tepat dengan media yang tepat pula. Kalau kamu adalah pemilik bisnis yang ingin melakukan promosi secara digital, segera manfaatkan berbagai media digital marketing di bawah ini.

Blog dan Website untuk Digital Marketing

Blog dan website adalah pilar utama dalam pemasaran secara online. Tanpa adanya blog dan website, kegiatan promosi menjadi kurang efektif karena keduanya merupakan tempat pelanggan mencari detail informasi mengenai perusahaan, produk, dan layanan lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan konten untuk pelanggan di dalam blog dan website. Konten itu dibuat sebagai bentuk promosi yang bertujuan untuk menarik perhatian pelanggan dan membuatnya tertarik dengan bisnis kamu. Itu sebabnya konten yang dibuat harus sesuai dengan bisnis yang kamu jalani dan juga perkembangan tren agar konten selalu uptodate.

Media Sosial

Selain blog dan website, media sosial juga sangat bermanfaat untuk promosi. Kamu bahkan bisa mengelola berbagai jenis konten sekaligus, seperti video promosi, infografis, dan copywriting. Dari media sosial, kamu juga bisa tahu jenis promosi apa yang paling diminati dilihat dari jumlah engagement-nya.

Media sosial umumnya memiliki layanan periklanan tersendiri seperti Facebook Ads dan Instagram Ads. Kamu bisa memanfaatkan layanan digital marketing itu untuk mempromosikan bisnis, menambah pelanggan baru, dan meningkatkan brand awareness.

Email dan Newsletter

Kalau kamu ingin pelanggan setiamu tidak berpaling ke perusahaan lain, gunakan email marketing dan newsletter. Email memudahkan kamu untuk menghubungi dan memberi tahu pelanggan apabila ada update dan promosi tertentu. Jadi, pelanggan bisa mengetahui informasi diskon dan promosi lainnya secara langsung.

Buatlah email marketing dan newsletter yang pendek agar lebih mudah menyampaikan isinya. Tambahkan juga headline yang menarik karena itu adalah hal pertama yang dilihat oleh pelanggan. Bila headline tidak menarik, pelanggan pun jadi tidak tertarik dengan isi email-nya.

Podcast

Keberadaan podcast makin populer dengan bertambahnya pengguna layanan streaming seperti Spotify dan Apple Music. Pendengar podcast biasanya terdiri dari orang-orang yang tertarik dengan informasi dan pengetahuan baru.

Iklan pada podcast cenderung tidak mengganggu, bahkan lebih efektif jika dibandingkan dengan iklan di YouTube. Hasil survei Super Listeners pada tahun 2021 menunjukkan bahwa 76% pendengar tertarik dengan produk dari iklan podcast.

Digital Billboard

Kalau kamu tinggal di kota besar, terutama di bagian pusat kota, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan digital billboard. Dari layar besar digital billboard itu, kamu akan menemukan berbagai macam iklan dan produk yang ditampilkan bergantian.

Banyak pelaku digital marketing yang memilih media digital ini karena mereka bisa menarik perhatian dari jauh, memiliki visual yang memukau, dan ditempatkan pada lokasi yang ramai. Contoh promosinya bisa kamu lihat pada brand pakaian Erigo yang memasang iklan di Times Square, New York.

Radio Digital

Radio memang sempat mengalami penurunan pendengar beberapa tahun lalu, tetapi hal itu berubah dengan adanya radio digital. Jumlah pendengar pun makin meningkat karena sekarang orang bisa mendengarkan radio digital di gadget dengan mudah.

Sebelum melakukan promosi di radio digital, kamu sebaiknya lihat dahulu apa saja jenis iklan radio. Beberapa jenis iklan itu di antaranya adalah iklan spot radio, iklan adlibs radio, iklan time signal radio, dan masih banyak lagi yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Google Bisnisku

Media digital marketing lainnya yang bisa dicoba adalah Google Bisnisku. Layanan dari Google ini membuat bisnis yang sudah terdaftar dapat ditemukan dengan mudah di internet. Pelanggan juga bisa melihat informasi mengenai bisnis, seperti lokasi, jam buka, foto, review dan kontaknya.

Mendaftar ke Google Bisnisku merupakan langkah promosi yang baik karena pemilik bisnis bisa menunjukkan kelebihannya lewat review pelanggan. Selama bisnis memiliki layanan dan produk yang berkualitas maka rating-nya akan terus tinggi. Bisnis dengan rating dan review yang baik akan mendapat kepercayaan lebih oleh pelanggan.

Kini, kamu sudah bisa mengetahui berbagai jenis media digital marketing untuk keperluan promosi bisnis. Kamu tidak perlu mencoba semuanya sekaligus, cukup memilih media yang menurutmu paling berguna dalam strategi promosi bisnismu. Perhatikan juga segi biayanya agar nantinya kamu tidak mendapatkan kerugian.

Referensi:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.