Tools Bisnis Google

Dalam menjalankan bisnis, pasti tidak serta merta akan berhasil. Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa menunjang hal tersebut. Salah satunya yaitu, dengan menggunakan bantuan dari pihak Google. Ada 8 tools bisnis Google guna menunjang pemasaran usaha yang Anda jalankan.

Beberapa Tools Bisnis Google

Untuk menggunakan fasilitas ini, Anda hanya perlu terhubung ke internet saja. Ada sebagian yang gratis dan juga berbayar dengan fitur premiumnya. Sudah banyak testimoni dari beberapa pengusaha sukses memakai langkah ini. Berikut di antaranya:

1. Google AdWords: Keyword Planner

Bagi Anda pebisnis marketing yang ingin sukses, wajib menggunakan tool ini. Dengannya, bisa langsung menemukan kata kunci tepat dan sesuai jenis produk dalam blog pribadi. Sehingga, bisa muncul di halaman utama pencarian.

Untuk memakainya, tidak dikenai biaya alias gratis. Selain itu, juga mudah digunakan terutama untuk Anda yang sedang memulai bisnis. Akan tetapi, di sisi lain juga harus menyediakan beberapa artikel pendukung guna meletakkan kata kuncinya.

Dengan menggunakan Google Keyword Planner, Anda juga bisa mendapat sebuah laporan lengkap mengenai kata kunci yang tepat dengan hasil pencarian bulanan, kompetisi, jumlah pembaca dan masih banyak lagi lainnya.

2. Google Analytics

Tools bisnis Google ini merupakan alat yang sering digunakan untuk pelacak terbaik dan banyak direkomendasikan oleh beberapa pelaku bisnis online. Dengannya, Anda bisa mengetahui beberapa laporan statistik pengunjung, trafik dan juga perkembangan blog secara detail.

Di sisi lain, Google Analytics juga bisa digunakan untuk memantau kinerja dari situs terkait. Sehingga, dapat membandingkan dan memilih strategi konten sesuai dengan apa yang sudah dijalankan. Kemudian, bisa memaksimalkannya.

Jika sudah mengetahui apa saja yang harus diperbaiki dalam konten situs, maka Anda akan mendapatkan solusi tepat dari tool satu ini. Dengan begitu, akan memberikan perbedaan luar biasa dari pada sebelumnya.

3. Google Search Console

Dengan menggunakan tools bisnis Google ini, artikel yang baru saja Anda buat akan nampak di pencarian Google. Sehingga, peluang terbaca semakin besar. Cara penggunaannya juga mudah, hanya tinggal copy kemudian paste-kan di kolom, lalu klik oke.

Tidak heran tool ini sangat direkomendasikan, bahkan diwajibkan untuk digunakan saat pertama kali setelah mengunggah artikel. Baik untuk blog pribadi ataupun marketing online. Dengan menggunakannya, Anda juga bisa memantau kesehatan situs secara menyeluruh.

Jika Anda memakai fitur “Seacrh Analytics” bisa mengetahui posisi rata-rata saat menggunakan kata kunci pilihan. Jangan khawatir, saat menggunakannya tidak dikenai biaya sedikitpun. Untuk pemula, mungkin sedikit bingung, namun jika sudah terbiasa akan gampang sekali.

4. Google Trends

Saat Anda menggunakan Google Trends, bisa mencari beberapa gagasan atau ide untuk pembuatan artikel blog. Terutama saat membuat konten segar yang sedang diburu para netizen. Dengan begitu, sajian dalam situs tidak akan ketinggalan zaman dan tetap kekinian. Tools bisnis Google yang satu ini bisa Kamu gunakan dan langsung dipraktikan.

Untuk penggunaannya, cukup dengan mengetikkan topik dan kemudian dilanjutkan dengan peninjauan. Secara otomatis akan diberikan beberapa pilihan kata kunci terbaik yang bisa digunakan. Toll ini cukup mudah untuk dipakai, bahkan pemula sekalipun.

5. Google Sheets

Salah satu dari 8 tool bisnis Google ini dapat dengan mudah Anda manfaatkan untuk merekam data, melacak perubahan dan berkolaborasi dengan orang lain. Dengan begitu, tidak perlu saling mengirim email ke sesama pengguna.

Untuk tampilannya, hampir mirip dengan Microsoft Excel. Namun, ini hanya bisa digunakan secara online. Dengannya, semua team yang tergabung di dalamnya bisa dengan mudah mengedit beberapa data sesuai kebutuhan.

6. Google+

Apa saja kegunaan Google+? Untuk berbagi konten dengan pengikut, mengembangkan jaringan kontak dan juga menemukan konten yang dapat mempengaruhi bisnis Anda. Ini layaknya media sosial seperti Facebook, Instagram ataupun Twitter, namun resmi besutan pihak Google.

Dengan membagikan konten Anda ke Google+, diharapkan akan lebih tersebar luas pada beberapa pengguna. Sehingga, blog akan lebih mudah untuk dikenali secara luas. Akan tetapi, masih sedikit pengguna dari jejaring satu ini.

7. Gmail

Siapa yang tidak kenal dengan platform satu ini, Ia merupakan ikon wajib yang harus dimiliki oleh pengguna Android. Karena semua hal di dalamnya pasti menggunakan email besutan Google ini. Dengan menggunakannya, Anda lebih mudah untuk mengirim pesan ke sesama team.

Namun, ukuran maksimal file yang bisa dikirim melalui platform ini hanya sebesar 25MB saja. Walaupun begitu, Anda juga bisa mensiasatinya dengan menggunakan bantuan Google Drive. Namun, terkadang pihak lain kesulitan untuk mengunduhnya.

Selain itu, email besutan Google ini juga bisa digunakan untuk membuat semua jenis akun online, mulai dari media sosial, blog pribadi ataupun beberapa hal terkait lamaran pekerjaan. Untuk menggunakannya juga cukup mudah, layaknya berkirim pesan pada ponsel pribadi.

8. Google My Business

Mungkin masih terdengar asing bagi orang yang awam di dunia blogger. Akan tetapi tools bisnis Google satu ini sudah digunakan oleh jutaan orang di luar sana. Dengan memanfaatkan alat ini, Anda bisa memasukan beberapa informasi bisnis.

Tidak sedikit orang yang menggunakannya saat memasukan alamat, nomor telefon, kategori bisnis dan masih banyak lagi. Jika Anda masih kesulitan untuk mengaplikasikannya, bisa membaca beberapa panduan Google di menu tutorial.

Ketika ingin memulai bisnis, Anda harus memiliki mental kaya, karena salah satu cara meraih kesuksesan adalah memantaskan diri.

Setelah mengetahui 8 tools bisnis Google, Anda tidak perlu ragu lagi bagaimana langkah tepat untuk menjalankan usaha kedepannya. Sehingga, lambat laun akan berkembang dengan pasti dan meraih kesuksesan serta mendapat rezeki yang halal dan berkah. Jika merasa kebingungan, bisa bertanya ke orang yang lebih ahli.

 

Similar Posts

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *