Beberapa Manfaat Dari Hukum Islam yang Perlu Kita Ketahui

Manfaat Dari Hukum Islam

Islam adalah agama rahmatan lil’alamin atau rahmat bagi alam semesta. Banyak manfaat yang bisa ukhti dan akhi ambil dalam mempelajari tentang agama Islam terutama hukum Islam. Di dalam hukum Islam ada banyak sekali manfaat yang bisa digunakan di dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Dari Hukum Islam

Apakah ukhti dan akhi tahu apa manfaat dari hukum Islam? Jika ukhti dan akhi belum tahu simaklah informasi mengenai manfaat dari hukum Islam berikut ini.

Sebagai Sarana Dakwah

Ukhti dan akhi, dakwah merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengubah perilaku manusia sesuai hukum yang benar. Sedangkan hukum Islam dalam kehidupan sehari hari dapat dijadikan sebagai dasar untuk memberikan pengetahuan atau ilmu agar segala urusan ukhti dan akhi bisa dilaksanakan dengan tata cara yang sesuai dengan ajaran Islam.

Media Komunikasi Terhadap Allah SWT

Dengan mengikuti hukum Islam, ukhti dan akhi otomatis akan mengetahui apa saja yang Allah perintahkan dan Allah larang. Saat ukhti dan akhi berada di dalam kondisi senang, sedih, atau mengharap sesuatu, ukhti dan akhi harus senantiasa mengingat Allah SWT dengan berdoa sesuai anjuran dalam syariat Islam. Dengan begitu, maka ukhti dan akhi akan menjadi hamba yang senantiasa mengingat dan diingat oleh Allah.

Sebagai Ladang Ibadah ukhti dan akhi

Dengan mengetahui, memahami, dan melaksanakan hukum Islam, setiap tindakan yang dilakukan ukhti dan akhi akan bernilai ibadah di sisi Allah. Ukhti dan akhi bisa melaksanakan hukum Islam dalam pekerjaan. Untuk mengetahui jenis pekerjaan apa saja kah yang termasuk halal dan haram. Jadi, dengan mengikuti hukum-hukum Islam segala sesuatu bisa ukhti dan akhi ubah menjadi bernilai pahala.

Mengatur Cara Berinteraksi Sosial

Setiap harinya ukhti dan akhi berinteraksi dengan banyak orang yang memiliki berbagai sifat dan kepribadian. Pastinya mereka semua tidak mungkin berpandangan sama dengan ukhti dan akhi. Wajar jika ada berbagai pendapat dan prinsip. Di sinilah hukum Islam berperan untuk mengatur cara berinteraksi sosial. Hukum Islam menjadi jalan terbaik untuk segala urusan, ukhti dan akhi dapat menyatukan keputusan berdasarkan hukum Islam. Ukhti dan akhi juga bisa menentukan manakah yang lebih banyak manfaatnya dibanding yang lain.

Menghindarkan Kesia-siaan Dalam Hidup

Agar jalan hidup ukhti dan akhi tidak sia-sia, Allah telah mengaturnya melalui berbagai syariat Islam dalam hubungannya dengan aktivitas manusia untuk menjaga agamanya. Untuk kemanfaatan bagi diri sendiri dan keluarga, juga untuk memberi manfaat pada orang lain. Dengan mengikuti hukum Islam, segala aktivitas ukhti dan akhi tidak akan ada yang sia-sia, mulai dari bekerja, silaturahmi, bahkan istirahat pun bernilai ibadah. Hal itu mampu menumbhkan mental kaya dalam diri, sehingga kita terlalu silau dengan urusan dunia.

Sebagai Pedoman Hidup

Ukhti dan akhi, jadikanlah hukum Islam sebagai pedoman hidup. Tahukah ukhti dan akhi bahwa dalam kenyataannya hukum Islam terbukti ampuh untuk memperkecil penyimpangan asal dilakukan dengan merata tanpa pandang bulu. Jadi akhi dan akhi bisa menganggap hukum Islam yang diterapkan dalam kehidupan sehari hari adalah syariat secara garis besar yang berisi petunjuk untuk menjalankan berbagai kewajiban dan dalam bersikap

Menegakkan Keadilan

Hukum Islam bisa menegakkan keadilan di dalam kehidupan bermasyarakat. Ukhti dan akhi wajib untuk menegakkan keadilan. Dan hukum Islam memiliki hukum-hukum atau syariat yang mengatur hal tersebut.

Keadilan hanya bisa dijalankan oleh orang yang bertaqwa oleh sebab itu, hukum Islam penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari hari ukhti dan akhi. Keadilan tidak hanya dilakukan untuk orang lain saja, namun ukhti dan akhi juga harus adil kepada diri sendiri juga.

Menjaga Kehormatan

Mengapa hukum Islam bisa menjaga kehormatan? Jadi, hal itu dikarenakan hukum Islam mengatur apa saja yang wajib dan haram untuk dilakukan. Tujuannya adalah untuk kebaikan setiap orang dan melindungi kehormatan juga. Misalnya saja dalam hukum Islam terdapat kewajiban menutup aurat baik bagi ukhti, hal itu bertujuan untuk menjaga kehormatan dan mencegah maksiat.

Menghadirkan Ketenangan Keluarga

Dalam kehidupan keluarga, ada syariat yang wajib dipahami yang berhubungan dengan kewajiban dan hak. Ukhti dan akhi yang menjalankan rumah tangga dengan hukum Islam akan memiliki ketenangan sebab melakukan segala urusan berdasar petunjuk Allah.

Motivasi dan Pemberi Semangat

Hukum Islam bisa menghadirkan atau menumbuhkan motivasi dan semangat dalam diri ukhti dan akhi. Dengan menjalankan syariat dan hukum Islam, ukhti dan akhi akan merasakan ketenangan hidup, pahala, juga janji Allah berupa surga di akhirat nanti. Oleh karena itu ayo jadikanlah hukum Islam tersebut sebagai pemberi motivasi dan semangat untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT, ukhti dan akhi.

Pendidikan Akhlak

Apakah ukhti dan akhi mengetahui apa itu akhlak? Akhlak artinya budi pekerti, perangai, atau tingkah laku. Ukhti dan akhi harus sadar bahwa pendidikan akhlak berdasar hukum Islam penting untuk ditanamkan sejak dini dalam kehidupan sehari hari agar ukhti dan akhi dapat menyaring serta memiliki akhlak sholeh maupun sholehah.

Sebagai Peringatan

Di dalam hukum Islam banyak peringatan tentang perbuatan maksiat dan akibatnya. Ukhti dan akhi harus senantiasa taat kepada Allah dan Rasul Nya sehingga tidak tertipu kesenangan yang ada di dunia dan terjert pada perkara yang bisa menjerumuskan pada api neraka. Oleh karena itulah hukum Islam berguna sebagai peringatan bagi kita semua ukhti dan akhi.

Demikianlah manfaat dari hukum Islam yang perlu ukhti dan akhi ketahui dan pelajari. Semoga saja ukhti dan akhi bisa mendapatkan semua manfaat dari hukum Islam tersebut.

 

 

1 thought on “Beberapa Manfaat Dari Hukum Islam yang Perlu Kita Ketahui”

  1. Pingback: Bagaimana Mengelola Akuntansi yang Sesuai Dengan Islam? - Mental Kaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *