Tips Menghindari Maksiat yang Bisa Dijalankan Dengan Ringan

Tips Menghindari Maksiat

Maksiat adalah perbuatan yang tidak disukai oleh Allah SWT dan tentunya menimbulkan dosa. Ukhti dan akhi hanya akan mendapatkan kerugian jika melakukan maksiat. Terkadang, maksiat rasanya sangat sulit untuk dihindari. Apakah ukhti dan akhi pernah merasa demikian?

Tips Menghindari Maksiat

Ada banyak hal yang bisa kita untuk menjaukan dari maksiat. Penasarankan? langsung aja yuk. Berikut merupakan tips menghindari maksiat yang bisa ukhti dan akhi lakukan.

1. Merasa Malu Kepada Allah

Tips menghindari maksiat yang pertama yang bisa ukhti dan akhi lakukan adalah menanamkan rasa malu kepada Allah SWT. Karena jika ukhti dan akhi menyadari pandangan Allah yang selalu mengawasi dan menyadari betapa tinggi kedudukan Allah pasti ukhti dan akhi bisa menghindari diri dari perbuatan maksiat.

Ukhti dan akhi pastinya akan malu bukan jika perbuatan maksiat ukhti dan akhi didengar Allah? Rasa malu yang ukhti dan akhi tanamkan dalam hati akan menyebabkan terbukanya mata hati dan membuat kita bisa melihat seolah-olah sedang berada di hadapan Allah.

2. Menjaga Mata

Saat ukhti dan akhi berniat untuk menghindari kemaksiatan, jagalah mata ukhti dan akhi. Hal ini dikarenakan kemaksiatan banyak yang berasal dari mata. Kebanyakan orang melakukan maksiat dikarenakan mata yang takĀ  dijaga. Allah SWT juga selalu memerintahkan kita untuk menjaga mata dan pandangan kita dari sesuatu yang diharamkan Allah SWT.

3. Mensyukuri Nikmat yang Sudah Allah SWT Berikan

Mensyukuri nikmat yang sudah Allah SWT berikan bisa mencegah ukhti dan akhi dari perbuatan maksiat yang mendatangkan dosa dan laknat Allah SWT. Perbuatan maksiat juga bisa menghilangkan nikmat. Oleh karena itu ukhti dan akhi harus selalu mengsyukuri nikmat Allah SWT. Selain itu mensyukur nikmat Allah adalah satu hal yang mengajarkan mental kaya, karena pada dasarya semua yang kita miliki hanya titipan.

4. Merasa Takut Kepada Allah

Dengan merasa takut kepada Allah SWT, akan membuat ukhti dan akhi segan untuk melakukan perbuatan maksiat karena sadar bahwa azab Allah SWT sangat pedih.

5. Cintailah Allah SWT Dengan Segenap Hati

Maksiat itu bisa muncul karena diakibatkan oleh lemahnya rasa cinta ukhti dan akhi kepada Allah SWT. Dengan mencintai Allah SWT dengan segenap hati akan membuat ukhti dan akhi melaksanakan segala perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya.

6. Menjaga Tangan dan Kaki

Kemaksiatan bisa ditimbulkan oleh tangan dan kaki jadi ukhti dan akhi harus menjaga anggota tubuh ukhti dan akhi ini dari perbuatan maksiat. Di zaman sekarang, kemaksiatan tangan juga bisa dikarenakan tulisan kita di media sosial yang dapat menyakiti hati orang lain.

Kedua kaki merupakan bagian tubuh yang harus dipelihara dengan sebaik mungkin. Hal tersebut dikarenakan kaki dapat melangkah ke tempat yang diharamkan oleh Allah SWT.

7. Menjaga Kehormatan Diri Ukhti dan Akhi

Perkara inilah yang akan bisa membuat diri ukhti dan akhi merasa mulia dan rela meninggalkan berbagai perbuatan maksiat. Jadi dengan menjaga kehormatan diri, ukhti dan akhi otomatis akan menghindari maksiat. Salah satu cara wanita muslimah menjaga kehormatan diri adalah dengan menggunakan jilbab yang sesuai ajaran agama Islam

8. Sadar akan dampak buruk dari maksiat

Maksiat hanya akan merugikan diri ukhti dan akhi. Jika ukhti dan akhi melakukan perbuatan maksiat tentunya Allah SWT akan marah kepada ukhti dan akhi dan melaknat ukhti dan akhi juga. Pastinya ukhti dan akhi tidak ingin bukan dilaknat oleh Allah SWT? Naudzubillah jangan sampai ukhti dan akhi dilaknat oleh Allah SWT.

9. Menjaga Lidah

Tips Menghindari Maksiat yang Bisa Dijalankan

Lidah memanglah anggota tubuh yang tidak bertulang namun ternyata memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Lidah bisa menjadi lebih tajam dari sebuah pedang. Bahkan Rasulullah SAW menjadikan lidah sebagai anggota tubuh yang harus diwaspadai karena dapat menjerumuskan manusia ke dalam neraka.

10. Sadar Bahwa Kehidupan di Dunia Hanya Sementara

Ukhti dan akhi haruslah sadar bahwa kehidupan ukhti dan akhi di dunia ini tidaklah kekal dan hanya bersifat sementara. Ukhti dan akhi, harus mengerti kalau ukhti dan akhi hanyalah sebagaimana tamu yang singgah, dan akan segera berpindah. Sehingga ukhti dan akhi tidak akan melakukan hal-hal yang hanya akan merugikan ukhti dan akhi seperti maksiat.

11. Menjauhi Sikap Berlebihan Dalam Segala Hal

Ukhti dan akhi, besarnya dorongan untuk berbuat maksiat hanyalah muncul dari akibat berlebihan dalam perkara-perkara seperti makanan, minuman dan pakaian. Waktu senggang dan lapang yang dimiliki miliki ukhi dan akhi juga bisa menjadi penyebab timbulnya maksiat.

Sebenarnya jiwa manusia itu tidak akan pernah mau duduk diam tanpa kegiatan. Sehingga apabila ukhti dan akhi tidak disibukkan dengan hal-hal yang bermanfaat maka tentulah hal-hal maksiat akan berpotensi lebih besar untuk ukhti dan akhi lakukan.

12. Kuatkan Keimanan Ukhti dan Akhi Kepada Allah SWT

Iman yang kuat bisa membentengi diri ukhti dan akhi dari perbuatan negatif seperti melakukan maksiat. Iman yang kokoh juga akan membuat kesabaran meningkat. Jadi, kuatkanlah keimanan untuk menghindari perbuatan maksiat.

13. Menjaga Telinga

Tips menghindari maksiat selanjutnya yang bisa ukhti dan akhi lakukan adalah dengan menjaga telinga. Seperti yang ukhti dan akhi ketahui bahwa telinga berfungsi untuk mendengar. Namun ternyata bagian tubuh yang satu ini dapat membawa ukhti dan akhi ke jurang kemaksiatan apabila tidak dipergunakan sesuai dengan syariat Islam.

Salah satu kemaksiatan yang kerap terjadi disebabkan oleh telinga ini ialah ketika ukhti dan akhi mendengar ucapan yang tidak pantas. Tidak hanya itu saja, ternyata mendengar gosip juga dapat membuat ukhti dan akhi terjerumus ke dalam kemaksiatan. Maka tidak heran jika ukhti dan akhi harus senantiasa menjaga telinga.

Itulah tips menghindari maksiat yang bisa menjauhkan ukhti dan akhi dari perbuatan maksiat. Jadi ayo lakukan tips-tips tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *