Sholat Sunnah yang Dianjurkan

Sholat merupakan kewajiban setiap umat Islam baik laki-laki maupun perempuan. Sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT, sholat adalah hal yang sangat penting untuk umat Islam. Selain sholat wajib terdapat cukup banyak macam sholat Sunnah.

Sholat Sunnah yang Dianjurkan

Sholat sunah merupakan sholat yang menyempurnakan sholat fardu, atau sholat tambahan yang senantiasa dikerjakan oleh Rasulullah. Ada beberapa macam sholat sunah yang dianjurkan sering dilakukan. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

Sholat Sunah Rawatib

Sholat sunah rawatib merupakan Sholat sunnah yang dianjurkan yang dilaksanakan mengiringi sholat wajib. Sholat sunah rawatib terdiri dari dua bagian yaitu:

Sholat sunah muakkad yaitu sholat sunah yang sangat dituntut dilaksanakan karena sangat penting, yang dulu tidak pernah ditinggalkan dan sering dilaksanakan oleh Nabi Muhammad Saw.  Sholat sunah muakad antara lain; dua rakaat sebelum subuh, dua rakaat sebelum Dhuhur, dua rakaat sesudah Dhuhur, dua rakaat sesudah Magrib, dua rakaat sesudah sholat Isya.

Sholat sunah ghairu muakkad, yaitu yang tidak terlalu penting untuk dilaksanakan, diantaranya; dua rakaat antara dua adzan, dua rakaat/empat rakaat sebelum sholat Asar, dua rakaat sebelum Magrib, dan dua rakaat sesudah wudhu.

Sholat Sunah Dhuha

Sholat sunah Dhuha merupakan sholat sunah yang dapat melancarkan rezeki. Sholat sunah ini dikerjakan pada waktu jam 07.00 sampai tengah hari. Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa Sholat Dhuha dapat dikerjakan pada pukul 08.00 sampai 11.00 menurut Muslim Nurdin. Dikerjakan dengan jumlah rakaat minimal dua rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Dalam Sholat Dhuha surat yang baiknya dibaca pada rakaat pertama setelah Al-Fatihah adalah Ad-Dhuha dan pada rakaat kedua As-Syam.  Namun tidak masalah jika ingin membaca surat yang lain. Sholat Dhuha juga sangat dianjurkan dilakukan karena berkah ibadah Sholat Dhuha sangat baik untuk cara melancarkan rezeki.

Sholat Sunah Tahiyatul Masjid

Sholat sunah Tahiyatul Masjid merupakan sholat sunnah yang dianjurkan. Dilaksanakan ketika memasuki masjid dan dilaksanakan dua rakaat sebelum duduk untuk menghormati Masjid yang kita masuki. Baik masuk untuk sholat, I’tikaf maupun mengaji. Sholat sunah ini selain untuk menghormati dan menghargai rumah Allah SWT, juga merupakan sholat sunah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Sholat Sunah Tahajjud

Sholat sunnah yang dianjurkan selanjutnya adalah Tahajjud merupakan sholat sunah yang sangat dianjurkan karena dengan melaksanakan sholat sunah Tahajjud di sepertiga malam maka Allah SWT akan memberkahi kita dengan ketenangan jiwa dan sebagai media mendekatkan diri pada Allah SWT. Waktunya yaitu sesudah sholat Isya sampai terbitnya fajar. Dikerjakan setelah tidur malam meskipun hanya sebentar. Minimal dua rakaat dan waktu terbaik melaksanakan sholat Tahajjud adalah jam 3 pagi. Pagi adalah waktu yang tepat untuk memulai aktivitas. Dengan terbiasa sholat Tahajjud akan membentuk mental kaya dalam diri kita dan membentuk pribadi yang pandai bersyukur.

Sholat Sunah Taubat

Sholat Sunah Taubat merupakan sholat sunnah yang dianjurkan untuk meminta ampunan dari Allah SWT, karena dosa atau kesalahan yang telah kita lakukan. Sholat sunah Taubat dikerjakan dua rakaat dengan cara munfarid. Waktu dari sholat Taubat tidak dibatasi, jadi dapat dikerjakan kapan saja dan dimana saja asalkan bukan pada waktu dan tempat yang dilarang Allah SWT. Sholat sunah Taubat juga merupakan media ibadah untuk memperbaiki diri dan introspeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan menghindari mengulangi perbuatan dosa yang pernah dilakukan di masa lalu.

Sholat Sunah Hajat

Sholat sunah Hajat ialah sholat sunah yang dilakukan untuk memohon kepada Allah atas hajat yang kita inginkan atau bisa dibilang sholat untuk memohon suatu permintaan atau keinginan kepada Allah SWT. Sholat sunah Hajat dikerjakan minimal dua rakaat dan maksimal sampai 12 rakaat. Sholat sunah Hajat sangat baik untuk dilakukan dengan diiringi dengan kerja keras dalam meraih hajat yang diinginkan.

Misalnya ketika seseorang menginginkan hidup berkecukupan dalam hidupnya maka dia bisa melakukan sholat sunah hajat dan mengimbanginya dengan bekerja keras dan pantang menyerah. Dengan begitu dikabulkan atau tidak dikabulkan selama kita berusaha dengan sungguh-sungguh maka akan terjadi dua kemungkinan yang pertama keinginan kita dikabulkan dan yang kedua pahala dari sholat yang kita kerjakan menjadi simpanan amal kita di akhirat. Maka dari itu, tidak ada ruginya mengerjakan sholat hajat, yang penting yakin bahwa Allah akan memberikan yang terbaik untuk umatnya.

Sholat Sunah Wudhu

Sholat sunah Wudhu dikerjakan setelah melaksanakan wudhu sebanyak dua rakaat. Baik wudhu itu untuk sholat fardu atau untuk melaksanakan I’tikaf atau juga memang sengaja ingin melaksanakan sholat sunah Wudhu.

Sholat Sunah Tarawih

Sholat sunah tarawih sangat dianjurkan dilakukan. Sholat sunah ini dilakukan setelah sholat Isya pada bulan Ramadhan. Sholat sunnah yang dianjurkan karena berkah sholat sunah sangat besar. Akan lebih baik jika sholat sunah ini dilakukan secara berjamaah di Masjid.

Demikian beberapa sholat sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Masih banyak lagi sholat sunah yang baiknya dilaksanakan yang lain seperti sholat Gerhana, sholat Idul Fitri dan Idul Adha dan masih banyak lagi sholat sunah yang lain.

Setiap sholat sunah memiliki manfaat yang luar biasa untuk yang melaksanakannya. Maka dari itu Rasulullah sangat sering melakukan sholat sunah.

Bagi kita yang sering terlambat dalam sholat wajib atau merasa sholat wajibnya tidak khusyuk maka sholat sunah dapat memperbaiki ibadah sholat wajib kita yang kurang. Dengan begitu kita dapat memperbagus kualitas ibadah kita kepada Allah SWT.  Seperti yang kita tau betapa pentingnya ibadah sholat maka kita harus bersungguh-sungguh dalam melaksanakannya.

Similar Posts

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *