Akuntansi Menurut Para Ahli

Kata akuntansi bukanlah hal yang asing di tengah masyarakat. Kata ini sering muncul bahkan di media cetak dan media sosial. Namun, tidak semua orang mengerti apa itu akuntansi secara lebih detail. Padahal, ilmu ini dibutuhkan bahkan di semua bidang, termasuk dalam dunia bisnis. Perlu juga diketahui bagaimana perbedaan akuntansi syariah dan konvensional agar kita lebih memahaminya.

Berbicara mengenai akuntansi, seseorang perlu memahami pengertian akuntansi secara umum dan pengertian akuntansi menurut para ahli. Ini akan membantu membuka pengetahuan Anda mengenai ilmu ini.

Definisi Akuntansi secara Umum

Akuntansi memiliki asal kata accounting (Bahasa Inggris) yang artinya adalah mempertanggungjawabkan, menghitung. Hampir semua kegiatan bisnis di berbagai belahan dunia menggunakan ilmu ini untuk efektivitas dan efisiensi perjalanan bisnis mereka.

Secara umum, akuntansi diartikan sebagai suatu proses meringkas, mencatat, mengklarifikasi, mengolah hingga menyajikan data. Adanya transaksi dan semua hal berkaitan dengan keuangan juga masuk ke dalam cakupan akuntansi.

Ilmu akuntansi akan membantu seseorang dalam memahami data dan tentunya memudahkan mereka dalam mengambil keputusan. Sehingga, ilmu ini tidak sekedar ilmu untuk menghitung uang semata. Namun juga mencakup hal lainnya yang sangat penting dalam kehidupan.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Para ahli memiliki pandangan tersendiri mengenai akuntansi. Bahkan, beberapa asosiasi dan lembaga organisasi membuat kesepakatan khusus berkaitan dengannya. Berikut adalah beberapa pendapat ahli mengenai pengertian akuntansi.

1. Menurut Sophar Lumbantoruan

Sophar pernah menjabat sebagai Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia. Ia juga pernah menulis buku tentang Akuntansi Pajak. Di dalam buku tersebut disebutkan bahwa akuntansi merupakan sebuah alat yang dipakai dalam bisnis mencakup berbagai informasi penting mengenai keuangan.

Informasi di dalamnya hanya dapat dimengerti apabila seseorang sudah belajar akuntansi. Sehingga, informasi keuangan hasil akuntansi tidak dapat dipahami oleh orang yang belum pernah mempelajari alur, prosedur bahkan mekanisme akuntansi.

2. Menurut Rudianto

Menurut Rudianto, akuntansi merupakan suatu sistem informasi yang dapat menghasilkan laporan data kepada pihak yang berkepentingan. Dimana di dalamnya mencakup semua kegiatan ekonomi serta keadaan sebuah badan usaha. Ungkapan ini ditulis dalam bukunya yang berjudul Pengantar Akuntansi.

3. Menurut Suparwoto L.

Suparwoto L. yang merupakan dosen akuntansi UGM lulusan California State University juga memiliki pandangan tersendiri mengenai pengertian akuntansi. Menurutnya, akuntansi adalah sebuah sistem atau teknik khusus untuk mengelola dan mengukur transaksi keuangan.

Di dalam proses tersebut akan dihasilkan sajian pengelolaan data yang berbentuk informasi. Sehingga, nantinya ia akan bermanfaat tidak hanya kepada pihak internal, namun juga pihak eksternal perusahaan seperti pemerintah, investor, kreditur, serikat buruh dan lain sebagainya.

4. Menurut Abu Bakar A. bersama Wibowo

Keduanya adalah pakar akuntansi di Indonesia. Berdasarkan pandangan mereka, akuntansi merupakan suatu prosedur khusus dalam mencatat, mengakui dan melakukan korespondensi bursa keuangan dalam sebuah organisasi atau unsur tertentu.

Untuk lebih jelasnya, akuntansi menjadi sistem informasi yang mencatat transaksi keuangan. Kemudian menyajikannya dalam bentuk laporan. Nantinya, laporan keuangan yang dihasilkan dapat digunakan untuk korespondensi kepada pihak berkepentingan dalam proses bisnis serta keuangan.

5. Menurut Walter T. Harrison dan Charles Thomas Horngren

Walter T. Harrison merupakan seorang penulis berbagai buku akuntansi yang cukup populer. Sedangkan Charles Tholas Horngren adalah salah satu profesor akuntansi di Stanford University. Keduanya memiliki pandangan bersama mengenai pengertian dari akuntansi.

Menurut ke dua orang tersebut, akuntansi merupakan sebuah sistem informasi untuk mengukur pemrosesan data, kegiatan bisnis sampai menjadi laporan serta mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak pengambil keputusan.

Sehingga, akuntansi dapat dimaknai sebagai alat untuk mengukur kinerja suatu bisnis dan mengelompokkan data transaksi keuangan.

6. Menurut Dr. M. Gede

Selain beberapa pendapat di atas, masih ada lagi pakar akuntansi Indonesia bernama M. Gede. Ia berpandangan bahwa akuntansi merupakan salah satu jenis ilmu terapan dan juga seni mencatat. Dimana di dalamnya terdapat proses analisa catatan dan pengolahan data secara terus menerus berdasarkan sistem dan aturan tertentu.

Tujuannya agar laporan keuangan tersebut tersusun dengan baik dan benar-benar dapat digunakan oleh pimpinan perusahaan untuk pengambilan keputusan.

7. Menurut American Accounting Association (AAA)

AAA adalah sebuah lembaga di Amerika Serikat yang bergerak pada bidang riset, pengembangan dan pengajaran akuntansi. Menurut lembaga ini, akuntansi merupakan sebuah proses pengukuran, identifikasi dan pelaporan ekonomi. Dimana, di dalamnya terdapat keputusan yang jelas dan tegas serta penilaian untuk penggunanya.

Dengan demikian, akuntansi memiliki fungsi sebagai alat untuk menganalisa data ataupun transaksi keuangan yang sangat penting untuk penggunanya.

8. Menurut Arnold

Pengertian akuntansi menurut Arnold adalah sebuah sistem yang menyediakan informasi kepada khalayak umum untuk mengambil sebuah keputusan. Khususnya kepada pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam pengambilan serta penerapan keputusan tersebut.

9. Menurut Mulyadi

Di dalam buku akuntansi Mulyadi, ia mendefinisikan akuntansi sebagai sebuah organisasi formulir, laporan serta catatan keuangan yang dikonsep sedemikian rupa. Sehingga, informasi keuangan yang dibutuhkan dapat mempermudah pengelolaan perusahaan.

10. Menurut Paul Grady

Pengertian Akuntansi

Beliau berpandangan bahwa akuntansi merupakan tubuh dari pengetahuan yang bermanfaat secara sistematis, original baik di dalam memproses, autentik, mencatat, mengklarifikasi, membuat rangkuman, menginterpretasi serta menganalisa keseluruhan transaksi keuangan dalam sebuah perusahaan.

11. Menurut Littleton

Adapun pengertian akuntansi menurut Littleton adalah proses pelaksanaan perhitungan secara periodik di antara biaya yang dikeluarkan dan hasil yang didapatkan. Biaya bagi Littleton adalah sebuah usaha. Sementara hasil menjadi suatu prestasi. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa akuntansi mencakup perhitungan komparasi atas biaya dan hasil usaha.

Pengertian akuntansi menurut para ahli terbilang beragam. Namun, sebagian besar memiliki inti yang sama. Sehingga, laporan keuangan sebuah perusahaan semakin jelas dan tertata. Dengan pengelolaan keuangan yang baik juga bisa membentuk mental kaya dalam diri kita.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *