Ada beberapa dosa-dosa besar yang tidak disadari dalam hidup kita. Dosa-dosa besar itu menjadikan kita tidak bisa mendapatkan pintu rezeki yang lebar.

Dosa Sehari-Hari yang Tidak Disadari

Lalu apa saja sih kira-kira dosa besar yang biasa kita lakukan tanpa disadari itu? Berikut beberapa dosa besar sampai jutaan orang bahkan tak menyadarinya akan dosa-dosa itu kami paparkan sebagai berikut:

1. Riba

Dosa besar pertama yang sering dilakukan oleh umat manusia tanpa disadari adalah riba. Riba itu sendiri adalah penentuan bunga pinjaman atau dengan kata lain melebih-lebihkan jumlah pembayaran kembali pinjaman didasarkan pada persentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok.

Riba biasanya dapat terjadi karena peminjam tidak dapat membayar uang utang tepat waktu. Namun, harus diketahui bahwa tindakan riba adalah hal yang melanggar hukum untuk melakukan dan tentu saja akan mengarah pada pelaku dosa besar.

Di zaman modern saat ini, ada banyak kasus riba yang kita temui dalam berbagai bentuk dan dengan nama yang berbeda. Seperti yang terjadi pada transaksi perbankan (bunga), jual beli secara kredit, atau asuransi.

Banyak orang tidak menyadari bahwa riba adalah salah satu dosa besar yang harus dihindari. Padahal sebenarnya setiap orang yang terlibat dalam riba sama-sama akan mendapatkan dosa besar. Bahkan, Nabi ﷺ pernah berkata bahwa riba bahwa ada 70 macam dosa dan Rasul mengibaratkan dosa riba adalah seperti seseorang yang berzina dengan ibunya.

2. Pamer Atau Riya’

Perbuatan yang menimbulkan dosa besar secara tidak sengaja seterusnya dilihat ‘(pamer). Riya’ adalah salah satu perbuatan yang dilarang dalam Islam. Malah Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berkata bahwa orang-orang yang sering dilihat di kalangan orang-orang yang celaka.

Riya’ dapat ditunjukkan dalam pelbagai bentuk, yang terdiri daripada mengambil miliknya lagi hadiah itu di hadapan orang lain. Tujuannya adalah bahwa dia mendapat pujian daripada orang lain dan dianggap angka dermawan.

Bukan itu sahaja, orang yang berdoa dan beribadah kepada Allah di atas tanah untuk mendapatkan pujian daripada sesama manusia juga termasuk dalam kategori yang dilihat. Perbuatan pamer seperti ini bisa menyebabkan penghapusan amalan. Sebab itu, ia akan menjadi lebih baik apabila mengelakkan sifat melihat ini dari kehidupan kita.

3. Bermulut Besar

Tips Menghindari Maksiat yang Bisa Dijalankan

Jabir bin Abdillah ra berkata bahwa jika Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya orang yang paling aku benci yang paling jauh dan majlis saya di hari kiamat adalah tsarsarun (yang banyak sambil berkata), mutasyaddiqun (yang membesarkan diri dan bercakap bersahaja), dan mutafayhiqun! Para sahabat jawab. “Wahai Nabi, kita tahu yang ianya adalah mutafayhiqun mutasyaddiqun tsarsarun dan kita tidak tahu.

Siapakah mereka ? Muhammad menjawab: mereka adalah orang yang sombong takabur (sombong). (Riwayat Ahmad, Ibn Hibban dan Abu Nu’aim).

4. Mengikuti Hawa Nafsu

Mengikuti Hawa Nafsu merupakan godaan paling sulit yang dihadapi oleh beberapa orang dan ini adalah dosa sehari-hari yang tidak disadari. Nafsu yang dimaksud adalah nafsu ingin menjalin hubungan dengan orang lain, terutama di luar pasangan yang sah. Ada baiknya Anda coba menahan diri sekuat mungkin agar bisa menahan godaan nafsu.

Lalu ciptakanlah hubungan yang hangat dan intim menjadi lebih kuat dalam menghadapi pihak ketiga. Jika iming-iming masih datang, cobalah untuk berpikir akibat dari tindakanmu itu untuk hubungan Anda dengan pasangan. Batasi kontak Anda dengan penggoda. Jangan memberikan pembenaran untuk setiap interaksi Anda dan si penggoda. Tinggal jauh dari sebanyak mungkin sehingga Anda bisa terhindar dari godaan dosa itu.

5. Sering Serakah

Salah satu dosa sehari-hari yang tidak disadari adalah prilaku serakah. Orang yang serakah tidak pernah cepat puas dengan apa yang mereka miliki dan selalu ingin lebih. Demi menuruti keserakahannya, tak jarang bersedia mengambil risiko besar untuk memenuhi keinginannya, dan ini adalah apa yang biasanya membuat mereka jatuh. Jangan seperti itu, tentukan apa yang penting dalam hidup Anda. Selain uang, banyak hal berharga lain dalam hidup, seperti keluarga atau kasih sayang. Cobalah untuk bertanya pada diri sendiri, mana yang paling penting bagi Anda.

Jika kita tidak serakah, maka akan didapatkan amalan-amalan diri kita yang jauh dari dosa. Dengan cara ini kita akan dapatkan keberkahan dalam hidup sehingga bisa terhindar dari perilaku tamak dan serakah yang naudzubilah amat mengerikannya.

6. Takabur Terhadap Kemampuan Sendiri

Tidak apa-apa untuk merasa bangga, tetapi jika berlebihan dapat menyebabkan kesombongan. Orang yang sombong untuk memprovokasi kebencian dan iri hati orang lain.

7. Memutus Silaturahmi

Dosa besar berikutnya sehingga jutaan orang tidak menyadari yaitu kita sering memutus silaturahmi. Jika kita memutus tali silaturahmi maka besar kemungkinan akan ada banyak dosa yang menumpuk.

Sebab perintah silaturahmi sendiri sangat dianjurkan oleh agama. Islam memerintahkan umat muslim untuk terus menjaga silaturahmi.

Dengan menjaga silaturahmi itu, maka kita akan mendapatkan keberkahan dalam beragama. Ketika kehidupan beragama kita berkah, maka akan didapatkan kehidupan keagamaan yang damai dan sejahtera.

8. Meminjam Uang Tanpa Dikembalikan

Dosa sehari-hari yang tidak disadari yang terakhir yaitu saat kita meminjam uang ke seseorang tapi kita tidak mengembalikan. Padahal dalam Islam, sekecil uang apapun yang dipinjamkan tetaplah utang. Jika utang itu tidak dikembalikan maka akan ditagih terus selamanya di akhirat.

Sebisa mungkin jauhilah hutang, jangan sampai kita terlilit hutang yang menjadikan hidup kita berantakan. Syukuri apa yang ada, karena itu akan membentuk pribadi yang memiliki mental kaya.

Nah itulah 7 dosa sehari-hari yang tidak disadari. Kira-kira mulai dari sekarang, kalian mau gak menghindari dosa sehari-hari itu biar hidupmu berkah?

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *