7+ Amalan Ringan yang Bisa Mendatangkan Rezeki: Kira-Kira Amalan Apa Saja?

Amalan Ringan yang Bisa Mendatangkan Rezeki

Kita diwajibkan untuk selalu mencari rezeki dimanapun berada. Rezeki itu bisa didapatkan jika kita mau bekerja keras.

Semakin kita mau bekerja keras, maka semakin banyak pula kemungkinan rezeki yang bakalan kita dapatkan. Tapi selain kerja keras, ada lho beberapa kiat-kiat yang dicoba untuk mendatangkan banyak rezeki yang barokah. Salah satunya lewat amalan-amalan.

Amalan Ringan yang Bisa Mendatangkan Rezeki

Dengan kita rutin membaca amalan ringan, sangat besar kemungkinannya rezeki bakalan menghampiri kita. Lalu apa saja sih amalan-amalan yang bisa mendatangkan rezeki itu? Berikut ini kami paparkan 7 amalan ringan yang mendatangkan rezeki:

Taqwa dan Tawakal

Amalan ringan yang bisa mendatangkan rezeki pertama dalah dengan taqwa dan tawakal. Agar mampu mendatangkan rezeki dalam jumlah banyak, kita perlu bertaqwa sekaligus tawakal. Seseorang yang bertakwa kepada tuhannya akan dibukakan pintu rezeki yang selebar-lebarnya.

Janji ini tertuang dalam Q.S. AT-Thalaq 65 yang berbunyi barangsiapa yang bertawakal kepada Tuhan, niscaya Allah akan mencukupkan sekala keperluannya. Sungguh Allah itu telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.

Rutin Menjalankan Sholat Dhuha

Agar pintu rezeki terbuka lebar, kita harus rutin menjalankan sholat dhuha. Lakukanlah sholat dhuha antara pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00 Wib.

Setelah sholat dhuha, kemudian disarankan untuk membaca doa sholat dhuha. Pembacaan doa sholat dhuha ini nantinya akan membuka beragam pintu rezeki.

Khasiat sholat dhuha yang terbukti mendatangkan rezeki sendiri tertuang jelas dalam sabda nabi. Rasulullah SAW bersabda: Hai anak Adam, tunaikanlah kewajibanmu untuk-Ku yaitu sholat empat rakaat pada pagi hari, niscaya aku akan mencukupi sepanjang harimu.” (HR. Ahmad dab Abu Ya’la).

Membiasakan Bersedekah

Amalan ringan yang bisa mendatangkan rezeki berikutnya yaitu dengan membiasakan diri bersedekah kepada fakir miskin. Orang-orang yang membiasakan diri bersedekah nantinya akan dimudahkan oleh Allah SWT.

Janji Allah dalam sedekah tertuang dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 261 yang berbunyi perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan ganjaran bagi siapa yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas karunianya lagi Maha Mengetahui.

Berbakti Kepada Orang Tua

Agar bisa mendatangkan rezeki berikutnya kita wajib berbakti kepada orang tua. Berbakti disini maksudnya kita taat dengan perintah orang tua.

Berbakti juga diartikan sebagai rasa sayang yang tulus kepada orang tua. Saat orang tua membutuhkan bantuan, orang-orang yang sayang kepada orang tua akan dengan senang hati memberikan bantuan itu kepada kedua orang tua.

Semakin kita berbakti kepada orang tua, maka semakin banyak kita akan mendapatkan rezeki dalam jumlah banyak.

Sering-Seringlah Bersilaturahmi

Amalan ringan yang bisa mendatangkan rezeki berikutnya yang sangat efektif yaitu dengan sesering mungkin bersilaturahmi ke orang tua, kerabat, teman, hingga ke sanak famili.

Dengan sering melakukan silaturahmi, kita akan mendapatkan banyak kemungkinan mendapatkan rezeki. Makannya itu sering-seringlah bersilaturahmi ke rumah teman agar mendapatkan banyak rezeki.

Selalu Bersyukur dalam Setiap Keadaan

Agar kita mendapatkan banyak rezeki dari segala penjuru, maka kita harus selalu bersyukur dalam setiap keadaan. Orang yang cenderung bersyukur biasanya akan mendapatkan rezeki yang jauh berlimpah. Bersyukur artinya menikmati pemberian dari Tuhan.

Memperbanyak Istighfar dan Tobat

Agar mampu menghasilkan pintu rezeki yang lebih luas, maka orang tersebut diharuskan untuk selalu memperbanyak istighfar dan tobat. Dengan memperbanyak istighfar dan tobat, maka akan dihasilkan rezeki yang lancar tanpa ada kendala.

Memperbanyak istighfar artinya memperbanyak dzikiran atas pengakuan kesalahan terhadap Allah SWT. Pengakuan kesalahan ini nantinya menjadikan kita mampu membuka rezeki yang lebih luas lagi.

Melakukan Amalan Waqaf

Berikutnya, amalan ringan yang bisa mendatangkan rezeki yaitu dengan menjalankan amalan waqaf. Dengan seseorang melakukan amalan waqaf, maka rezeki yang awalnya seret bisa didapatkan dengan mudah.

Amalan waqaf sendiri merupakan salah satu amalan yang paling cepat mendatangkan rezeki.Maka dari itu banyak orang-orang mewaqafkan hartanya untuk membuka pintu rezeki yang lebih luas.

Rutin Melakukan Slametan

Amalan ringan yang bisa mendatangkan rezeki berikutnya yang perlu dilakukan untuk mendapatkan banyak rezeki yaitu dengan melakukan slametan. Banyak orang beranggapan bahwa dengan rutin melakukan slametan, maka akan mendapatkan kemungkinan pintu rezeki yang luas. Kemungkinan kita mendapatkan pintu rezeki yang luas, hal ini dikarenakan pada acara slametan terdapat ungkapan rasa syukur yang dipanjatkan kepada Allah SWT. Oleh sebab itulah maka pintu rezeki akan terbuka lebar jika kita menjalankan slametan.

Rutinan Melakukan Sholat Tahajud

Berikutnya yang perlu dilakukan untuk mendatangkan rezeki dalam jumlah banyak yaitu dengan sering-sering melakukan sholat tahajud. Sholat tahajud memang sangat ampuh untuk mendatangkan rezeki.

Kalian bisa rutinan melakukan sholat tahajud setiap malam. Agar pintu rezeki menjadi semakin lebar, tambahlah dengan dzikiran kecil. Dengan melakukan dzikiran kecil, diharapkan mampu mengundang rezeki.

Melakukan Ziarah ke Makam Para Wali

Dengan rutinan melakukan ziarah ke Makam Para Wali, kita akan mendapatkan rezeki yang lebih luas. Oleh karena itu banyak orang yang melakukan ziarah ke makam para wali.

Hanya saja pada saat ziarah ke makam para wali tidak diperkenankan untuk meminta sesuatu dari wali tersebut. Peziarah bolehnya mendoakan saja wali tersebut. Doa dan hajat yang diinginkan tetap dihajatkan pada Allah SWT.

Nah itulah 7+ amalan ringan yang bisa mendatangkan rezeki dan juga menumbuhkan mental kaya. Mana nih kira-kira amalan yang paling sesuai yang mampu membuka rezeki menjadi lebih luas lagi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *