9 Contoh Riba dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Riba

Setiap orang secara tidak sadar sering melakukan berbagai macam transaksi ekonomi, seperti menabung, melakukan pinjaman, investasi atau jual beli. Di antara aktivitas tersebut mungkin Anda kurang menyadari sudah melakukan riba.

Contoh Riba dalam Kehidupan Sehari-hari

Meskipun sudah jelas dilarang dalam Islam, tapi banyak sekali orang yang tetap melakukan hutang piutang atau jual beli yang mengandung praktik riba. Agar lebih jelasnya, berikut beberapa ulasan dan contoh riba dalam kehidupan sehari-hari:

Contoh riba dalam Transaksi Jual Beli

Dalam transaksi jual beli sendiri, ada 3 jenis riba di antaranya sebagai berikut  :

1. Riba fadhl (ribawi)

Jual beli atau pertukaran barang ribawi yang memiliki kualitas, kadar atau kuantitas berbeda. Adapun barang ribawi tersebut telah disebutkan berdasarkan hadits Rasulullah SAW, di antaranya perak, emas, gandum merah, gandum, kurma dan garam.

Jadi dalam ajaran agama Islam sendiri, untuk komoditi atau barang-barang diatas pertukarannya harus memenuhi kualitas dan jumlah yang sama.

2. Riba Jahiliyah

Adanya tambahan pada nilai hutang, disebabkan oleh waktu pembayaran diperpanjang, ini karena peminjam tidak memiliki kemampuan membayar tepat waktu. Biasanya praktik riba ini banyak dilakukan di zaman jahiliyah.

Misalnya, pemberi hutang berkata ke penerima hutang ketika jatuh tempo, “Anda harus melunasi pinjaman sekarang berdasarkan jumlah Anda berhutang atau bisa membayar di lain waktu dengan persyaratan adanya tambahan nominal”.

Selain itu, contoh lainnya ialah pemakaian kartu kredit. Ketika pengguna credit card melakukan pembelian barang seharga Rp.1.000.000,-, namun tidak memiliki kemampuan melakukan pembayaran penuh ketika jatuh tempo, pengguna pun wajib membayar bunga.

3. Riba Yad

Transaksi tertentu yang tidak menetapkan berapa jumlah harga pembayaran, saat seseorang berpisah di tempat transaksi jual beli antara pembeli dan penerima.

Misalnya, seorang menjual mobilnya seharga 90 juta dengan sistem pembayaran tunai, tapi jika  dilakukan dengan cara dicicil harganya dinaikan menjadi 95 jutaan. Lalu ada pembeli yang berniat tetapi sampai transaksi akhir tidak terjadi kesepakatan harga.

Contoh Riba dalam Kehidupan Sehari-hari

Bagi Anda yang ingin lebih memahami tentang praktik riba, berikut contoh riba dalam kehdupan sehari-hari:

1. Pegadaian

Pegadaian ialah sebuah badan yang menjalankan aktivitas keuangan berbentuk gadai. Contohnya, Anda menggadaikan surat berharga atau barang, berupa BPKB, surat tanah atau yang lainnya.

Namun, pegadaian biasanya menambahkan biaya administrasi dan bunga wajib dibayarkan ketika Anda menebus barang tersebut kembali. Inilah yang dimaksud dengan contoh riba.

2. Kredit Kepemilikan Rumah/KPR

Mempunyai hunian untuk keluarga memang menjadi impian semua orang. Namun, apakah Anda harus memaksakan diri untuk berhutang demi mendapatkan sebuah rumah? Terlebih lagi jika hutangnya termasuk riba, sama halnya dengan KPR.

KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah termasuk salah satu contoh riba. Sebab Anda wajib mencicil angsuran berdasarkan harga rumah dan bunga beserta tambahan biaya administrasi setiap bulannya.

3. Pinjaman Bank

Contoh riba lainnya yaitu meminjam uang di perusahaan perbankan lalu dikembalikan dalam jangka waktu satu tahun lamanya. Akan tetapi, pihak bank memberikan kewajiban supaya Anda membayarkan uang dalam jumlah lebih besar dibandingkan nilai pokok pinjaman. Karena itu, usahakan jangan pernah pinjam uang di bank. Apabila dala kondisi darurat, lebih baik pinjam kepada keluarga atau teman dekat kita.

Sistem ini bisa dianggap riba jika kedua pihak, di antaranya pihak peminjam dan pihak pemberi pinjaman menyepakati ketentuan tersebut. Jika pihak peminjam tidak bisa membayar uang pinjamannya dalam jangka waktu tertentu, Ia akan dikenakan bunga atau tambahan biaya.

4. Transaksi Jual Beli

Transaksi jual beli, seperti menukar emas kalung 10 gram dengan emas gelang seberat 5 gram. Walaupun gelang tersebut dikatakan mempunyai nilai estetika lebih banyak daripada kalung, namun tetap saja tergolong kategori riba.

5. Kredit Kendaraan Bermotor

Seperti halnya KPR, sistem kredit kendaraan bermotor pun tergolong sebagai kategori riba. Mengingat KKB di dalamnya terdapat bunga beserta denda yang dibebankan saat pembayaran cicilan motor.

Di samping itu, ada pula konsekuensi kendaraan bermotor disita jika tidak bisa membayar angsuran selama jangka waktu yang sudah ditentukan.

6. Jual beli Emas Online

Misalnya saja Bu Dina membeli kalung emas seberat 10 gram yang harganya 5 juta di internet, kemudian kalung emas tersebut akan sampai selama tiga hari lamanya menggunakan jasa pengiriman.

Transaksi tersebut bisa dikatakan riba, sebab adanya aktivitas penundaan barang yang diterima Bu Dina.

7. Praktek Kartu Kredit

Pak Yusuf menerima fasilitas berupa kartu kredit di sebuah perusahaan perbankan, dimana dalam penggunaan transaksi menggunakan credit card tersebut terdapat denda dan bunga. Transaksi ini bisa dikatakan riba akibat adanya kelebihan hutang.

8. Jual beli Emas dengan Cara Kredit

Bu Rina membeli gelang dengan kadar 4 gram yang harganya Rp.2.000.000,- dilakukan secara kredit kepada Bu Tati selama dua bulan lamanya. Transaksi tersebut dikatakan riba, sebab adanya penundaan waktu pembayaran.

9. Memberi Hadiah Berbentuk Hutang

Bu Rani meminjam uang sebesar Rp.5.000.000,- ke Bu Mimi yang akan diangsur selama lima bulan lamanya. Dalam pelunasannya, ternyata Bu Rani memberikan hadiah ke Bu Mimi. Ini bisa dikatakan riba, sebab mengambil manfaat dari hutang.

Terkecuali bila mereka berdua sudah terbiasa memberi hadiah, jadi pemberian hadiah ini bukan dikarenakan alasan hutang piutang.

Itulah beberapa contoh riba dalam kehidupan sehari-hari yang wajib Anda ketahui dan pahami agar terhindar dari dosa. Mengingat riba tidak dianjurkan dalam ajaran agama Islam. Dengan menghindari riba, kita telah melatih diri menjadi pribadi yang bersyukur serta memiliki mental kaya. Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini, Anda bisa terhindar dari hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT.

1 thought on “9 Contoh Riba dalam Kehidupan Sehari-hari”

  1. Pingback: Pengertian Riba dari Berbagai Macam Pendapat - Mental Kaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *