Amalan yang Dapat Menghapus Dosa

Sebagai seorang manusia pasti memiliki kesalahan-kesalahan di masa lalu. Dosa akibat perbuatan yang kita lakukan sering kali membuat kehidupan sehari-hari terasa tidak tenang dan menjadi beban tersendiri. Untuk menghilangkan rasa tidak tenang kita dapat melakukan sholat tahajud di sepertiga malam.

Amalan yang Menghapus Dosa di Masa Lalu

Untuk memohon ampun atas dosa kita dapat melakukan sholat taubat namun tidak hanya sholat taubat saja yang dapat kita lakukan. Ada amalan-amalan yang dapat menghapus dosa-dosa di masa lalu seperti:

Menyempurnakan Wudhu

Amalan yang dapat menghapus dosa pertama adalah wudhu. Wudhu merupakan salah satu amalan yang menghapus dosa lewat air yang mengalir. Menyempurnakan wudhu merupakan anjuran yang harus dilakukan untuk kekhusyukan sholat. Jadi jangan meremehkan wudhu, sempurnakanlah wudhu yang dilakukan supaya Allah mengampuni dosa-dosa yang telah dilakukan.

Beribadah Secara Maksimal di Malam Lailatul Qadar

Bulan Ramadhan adalah bulan yang terbaik untuk memperbanyak ibadah dan amal-amal baik sebanyak mungkin. Apalagi pada malam lailatul qadar yang setara dengan seribu bulan. Maka dari itu, malam tersebut menjadi waktu terbaik untuk memperbanyak ibadah agar dapat menghapus dosa-dosa di masa lalu.

Puasa Arafah

Amalan yang dapat menghapus dosa berikutnya adalah puasa. Selain puasa yang biasa dilakukan di bulan Ramadan. Terdapat puasa lain yang dapat amalannya terhitung untuk menghapus dosa di masa lalu. Puasa di bulan Dzulhijah, terutama pada dan yang paling utama yaitu sembilan Dzulhijah. Sangat dianjurkan untuk orang yang tidak melaksanakan ibadah haji.

Selalu Bertaubat

Dosa akan selalu bertambah karena di setiap tindakan, ucapan dan berbagai macam hal yang kita lakukan, kita dapat berbuat dosa kecil maupun dosa besar bahkan tanpa kita sadari. Maka dari itu, tidak perlu menunggu untuk merasa melakukan dosa besar untuk melakukan sholat taubat.  Melakukan sholat taubat dengan sesering mungkin dapat membuat kita lebih dekat dengan Allah SWT.

Sebagaimana Rasulullah dan para sahabat yang sering melakukan sholat. Sebagai umat akhir zaman yang penuh dengan fitnah dunia, kita harus memperbanyak sholat taubat. Setiap hari pasti ada saja khilaf yang kita segaja atau yang tidak kita sengaja. Senantiasa sholat taubat juga dapat membuat hati lebih tenang karena dekat dengan Allah SWT.

Memperbanyak Istighfar

Istighfar adalah salah satu amalan yang dapat menghapus dosa. Saat kita merasa melakukan suatu khilaf atau mengingat dosa yang pernah kita buat. Akan lebih baik jika setelah itu mengucapkan istighfar setulus mungkin dengan mengharapkan ampunan dari Allah SWT.

Semakin sering kita mengucapkan istighfar maka semakin sering pula kita mengingat Allah dan mengingat dosa-dosa kita. Dengan begitu kita dapat menghindari untuk melakukan kesalahan yang sama.

Memohon Syafaat Nabi Muhammad SAW

Terdapat sebuah Hadist yang mutawatir tentang sabda Rasulullah tentang syafaat, “Syafa’atku untuk pelaku dosa besar dari umatku”. Dengan begitu sudah jelas bahwa dengan bersholawat nabi dapat menghapus dosa dengan seizin Allah SWT.

Selain dengan bersholawat bisa juga dengan mengamalkan sunah-sunah yang berasal dari Nabi Muhammad SAW. Dengan begitu kita dapat menambah amalan baik sekaligus menghapus dosa di masa lalu.

Sabar dalam Menghadapi Cobaan

setiap umat manusia pasti memiliki cobaan dalam hidupnya. Bersikap sabar dalam menghadapi setiap cobaan dan ikhlas untuk segala hal yang terjadi menjadi tanda bahwa kita sudah menyesal akan dosa yang pernah kita lakukan di masa lalu. Dengan begitu hati kita dapat lebih lapang dalam menghadapi setiap cobaan.

Semakin berat cobaan yang kita hadapi maka kesabaran yang kita butuhkan akan semakin besar. Rasa bersalah atas musibah yang berasal dari dosa kita sendiri dapat membuat kita lebih sabar dalam melewati setiap cobaan-cobaan yang datang.

Memperbanyak Sedekah

Dalam salah satu Hadist riwayat tirmidzi, disebutkan “sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air yang memadamkan api”. Dari Hadist tersebut terdapat keterangan betapa hebatnya sedekah, sehingga termasuk amalan yang dapat menghapus dosa. Selain itu sedekah juga dapat menumbuhkan mental kaya dalam diri kita.

Dalam surat Al-Hadid ayat 18 yang berbunyi demikian “Sesungguhnya orang-orang yang sedekah baik laki-laki maupun wanita dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik niscaya dilipat gandakan oleh Allah kepada mereka dan bagi mereka pahala yang sangat banyak”.

Ikhlas Dalam Beramal

Amalan yang dapat menghapus dosa selanjutnya adalah ikhlas dalam beramal. Saat kita ikhlas dalam melakukan amal baik yang dapat berupa pertolongan kepada orang yang membutuhkan akan lebih baik jika dilakukan dengan ikhlas tanpa pamrih sedikitpun. Supaya pahala dari amalan yang kita lakukan tidak sia-sia. Dalam beramal lebih baik tangan kiri tidak mengetahui apa yang diberikan oleh tangan kanan. Kebaikan yang dilakukan baiknya jangan disombongkan supaya pahalanya tidak berkurang atau hilang.

Semakin tulus kita menolong orang lain walaupun itu hanya sesuatu yang kecil sekalipun malaikat akan tetap mencatatnya sebagai catatan kebaikan yang kita lakukan.

Selalu Menjaga Tauhid

Artinya kita harus beribadah dan melakukan berbagai hal semata-mata hanya untuk beribadah pada Allah SWT. Bahkan dari hal sederhana seperti tersenyum akan menjadi ibadah jika diniatkan untuk mencari ridho Allah SWT. Menjaga tauhid sama saja menghindari perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan syariat islam.

Demikian beberapa amalan yang dapat kita lakukan di kehidupan untuk upaya menghapus dosa-dosa kita di masa lalu. Tentu saja setiap dosa hanya akan terampuni setelah mendapat ampunan dari Allah SWT. Namun, akan lebih baik jika kita tetap berusaha melakukan amalan-amalan yang dapat menghapus dosa di masa lalu di atas untuk membantu kita di akhirat kelak.

Pada dasarnya sebagai manusia yang tempatnya salah dan lupa. Tapi jangan sampai dosa menjerumuskan kita pada api neraka. Akan mustahil jika kita tidak memiliki dosa yang banyak walaupun sebanyak apapun kita beribadah. Maka dari itu dibutuhkan berbagai macam amalan untuk menghapus dosa kita di masa lalu.

 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *