12 Judul Film Motivasi Bisnis

Dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis memang bukan perkara mudah, butuh keseriusan, ketahanan atau hal-hal mendukung lainnya agar menguatkan ketika keadaan goyah. Diperlukan juga kata motivasi bisnis untuk menguatkan mental kita.

Film Motivasi Bisnis

Berikut adalah rekomendasi 12 judul film motivasi bisnis ini dapat Anda tonton dan memberi pengaruh untuk memacu semangat.

Pirates of Silicon Valley (1999)

Film motivasi bisnis pertama Bercerita mengenai kebangkitan perusahaan teknologi di Amerika Serikat, yang fokus pada kisah Steve Jobs dan Bill Gates dan merupakan 2 dari sedikit orang tersukses dunia. Film ini menunjukkan bagaimana mereka menciptakan 2 perusahaan teknologi besar yaitu Microsoft dan Apple.

Menggambarkan secara jelas konflik, keahlian serta drama keduanya saat proses membangun perusahaan. Salah satu kalimat singkat namun teringat yaitu “Artis yang bagus meniru, seniman hebat mencuri”

Pursuit of Happiness (2006)

Bercerita seorang salesman yang gagal karena mengalami bangkrut serta ditinggal oleh istrinya, namun tidak patah semangat. Dengan kondisi serba terbatas, justru belajar mengenai dunia pasar modal. Dalam cerita tersebut, akhirnya salesman itu berhasil mendirikan perusahaan pialang sahamnya sendiri.

Salah satu pesan tersirat yang dapat dipetik melalui film motivasi bisnis ini adalah “kesuksesan tidak bisa didapatkan atau datang dari hal-hal bersifat instan, semuanya butuh usaha dan proses”.

The Social Network (2010)

Sebagai salah satu film bisnis yang paling banyak ditonton, film ini dibuat berdasarkan kisah Mark Zuckerberg membangun Facebook. Ceritanya mudah dipahami tentang bagaimana sebuah perusahaan besar dibangun. Apa saja tantangan yang dihadapi dan bagaimana cara mengatasinya.

Kata-kata motivasi yang diucapkan di dalam film ini salah satunya bermakna “internet tidak ditulis dengan pensil, Mark, itu ditulis dengan tinta.”

Moneyball (2011)

Film motivasi bisnis beruikutnya menceritakan sebuah tim yang sempat diunggulkan, namun lalu kehilangan kekuatan karena semua pemain bintang di dalamnya telah diambil oleh tim-tim besar ternama. Untuk mengatasi kondisi tersebut, manajer Billy mencari pemain baru kelas dua tetapi memiliki mental juara.

Perlahan, nama yang sebelumnya tidak dikenal dunia baseball mulai terlihat kehaliannya. Akhirnya tim yang dilatih oleh seorang manajer berhasil menjadi juara turnamen nasional. Pesan yang dapat diambil bahwa “uang bukan segalanya, dengan inovasi dan ketekunan kecil akan dapat mengalahkan raksasa.”

Margin Call (2011)

Film Motivasi Bisnis

Sebuah film drama Amerika yang disutradarai J.C. Chandor tentang bisnis ini mengambil setting 24 jam sebelum krisis ekonomi AS pada tahun 2008. Film ini juga menunjukkan secara gamblang aktor-aktor di balik runtuhnya bisnis perumahan di Amerika Serikat.

Tema penting film Margin Call terletak pada keserakahan dan kelicikan yang dapat memotivasi Anda menjadi pengusaha jujur dan sukses. Sebab motivasi yang diangkat tentang “Ada 3 jalan untuk membuat kehidupan dalam bisnis. Jadilah yang pertama, jadilah paling pintar atau cepat.”

Ctrl+Alt+Complete (2011)

Bercerita mengenai 5 pendiri startup yang menampilkan tantangan, peluang dan environment dunia bisnis digital berdasarkan kaca mata mereka. Sangat cocok ditonton untuk menambah pengetahuan tentang bisnis berkembang di negara lain. Film motivasi bisnis bisa menjadi motivasi bagi kalangan muda yang ingin membangun bisnisnya.

The Startup Kids (2012)

Film motivasi bisnis ini sangat direkomendasikan pada para pengusaha muda karena tentang dokumenter anak-anak muda Amerika Serikat dan Eropa yang memilih terjun ke dunia bisnis digital. Terdapat berbagai kisah tentang “bagaimana mendirikan perusahaan sampai hidup sebagai pengusaha.”

Steve Jobs (2013)

Pendiri Apple Steve Jobs, kisah nyata hidupnya dimuat dalam film ini. Bermula ketika seorang mahasiswa dari Reed College memperkenalkan iPod saat 2001. Kemudian didrop out dari kampusnya, lalu bangkit menjadi salah satu pengusaha inovatif dan sangat dihargai pada abad ke 20.

The Wolf of Wall Street (2013)

Berkisah tentang seorang pialang saham bernama Jordan Belfort yang rela melakukan apapun termasuk menipu dan menyuap demi meraih kesuksesan impiannya. Meski cara bisnis yang ditempuh ini berhasil membuatnya kaya raya, namun perlahan ia harus menanggung akibat perilakunya.

Sebab FBI yang mengetahui kejahatan keuangan yang dilakukan berhasil membongkarnya. Pesan penting yang ingin disampaikan dalam film ini yaitu “kesuksesan diperoleh dari kecurangan tidak akan bertahan lama apalagi membuat bahagia.”

Joy (2015)

Film pertama ini diangkat berdasarkan kisah hidup Joy Mangano, yaitu perempuan terkenal yang memiliki hak paten atas 100 penemuan serta sukses dalam menjual jutaan dolar produk miliknya saat acara Home Shopping Network milik QVC.

Pesan moral yang jelas terlihat dalam film ini yaitu, “pentingnya dukungan keluarga atas kesuksesan seseorang.” Joy diceritakan mengalami jatuh-bangun dalam menitih bisnisnya. Namun, kemudian berhasil mengatasi rintangan karena keluarganya selalu ada untuk memberi semangat.

Startup (2015)

Sebagai film serial televisi tentang bisnis, ini banyak menginspirasi calon pendiri perusahaan. Bercerita tentang perjalanan bisnis 2 orang sahabat bernama Kaleil dan Tom. Mereka berteman sejak SMA lalu menemukan ide membangun sebuah website yang memberi peluang penggunanya berbisnis dengan pemerintah.

Mereka membagi tugas keduanya, namun di tengah perjalanan bisnis konflik pun muncul. Pertanyaan yang muncul yaitu apa yang terlebih dahulu hancur, persahabatan atau bisnis mereka? Saking menariknya, banyak orang penasaran dengan film tersebut.

The Founder (2016)

Bercerita tentang hidup Richard dan Maurice McDonald pemilih restoran cepat saji berjaringan terbesar di dunia. Banyak hal yang dapat dipelajari mulai dari ide sederhana bisa menjadi bisnis dengan omset milliaran dollar hingga pelajaran negosiasi dalam berbisnis. Film motivasi bisnis mengajarkan kita usaha tidak dibatasi oleh usia.

Itulah rangkuman film motivasi bisnis yang hampir seluruhnya menggambarkan kisah nyata para pengusaha sukses dunia. Pesan moral di dalamnya dapat Anda jadikan semangat untuk membuat dan menjalankan ide bisnis yang sudah dimiliki. Jangan pernah menyerah denga keadaan, Film di atas menggambarkan usaha yang luar bisa sehingga mampu membentuk mental kaya dan sukses dalam diri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *