Motivasi Bisnis Ustad Arifin Ilham

Selain sebagai pendakwah, Muhammad Arifin Ilham juga dikenal sebagai seorang pebisnis. Ia merupakan Ustad kondang yang kesehariannya disibukkan dengan berdakwah dan menjalankan beberapa bisnisnya untuk membiayai kegiatan dakwahnya.

Motivasi Bisnis Ustad Arifin Ilham

Usta Arifin Ilham sangat piawai dalam mengembangkan bisnis. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari Beliau. Berikut adalah motivasi bisnis Ustad Arifin Ilham yang bisa kita terapkan untuk mengembangkan bisnis serta mendapatkan rezeki yang barokah:

Harta yang Berkah

Menurut Ustad Arifin Ilham, “Menjadi seorang pebisnis merupakan salah satu cara mendapatkan harta berlimpah dan berkah”. Dari pernyataan itu, tentu saja segala sesuatu tetap bergantung dengan bagaimana cara menjalankannya.

Sama halnya dengan pepatah, “Jika Anda menanam kebaikan, maka akan memetik yang baik pula”.

Jika dilakukan dengan cara-cara yang baik dan sesuai ketentuan, apa yang didapatkan akan baik pula. Hal ini kerap kali dikatakan Ustad Arifin dalam beberapa agenda ceramah semasa Ia hidup. Beliau juga sering kali memotivasi pebisnis-pebisnis muda untuk tidak mudah menyerah.

Perbanyak Istighfar

“Jika ingin bisnismu sukses dan berkah, perbanyaklah membaca kalimat permohonan ampun (istighfar) Kepada Allah SWT tujuh puluh kali atau seratus kali dalam sehari. Kemudian, iringilah kalimat itu dengan niat yang kuat dan kesungguhan di hati, agar menjauhkan segala usaha dari semua bentuk dosa”.

motivasi bisnis Ustad Arifin Ilham juga berdasar pada Al-Qur’an surah Nuh ayat 10-12. “Mohonlah ampunan Kepada Allah sebab Dia adalah Maha Pengampun. Dia akan mengirimkan hujan lebat, memperbanyak harta dan anak-anakmu, mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu”.

Bisnis Adalah Pembuka Rezeki

“Bisnis atau segala usaha untuk mencukupi kebutuhan hidup merupakan mata pencaharian yang pernah dikatakan oleh Nabi SAW sebagai pembuka pintu rezeki. Bisnis akan mengajarkanmu banyak hal tentang arti kesabaran, keikhlasan, bersyukur, tantangan dan menghadapi segala risiko”.

Kalimat tersebut sempat dilontarkan Ustad Arifin Ilham saat Ia berdakwah. Baginya, dengan selalu berusaha mengembangkan bisnis-bisnisnya, itu akan membuka pintu-pintu rezeki yang lainnya. Beliau juga berharap bisnisnya akan bisa memotivasi dan membawa manfaat bagi semua orang.

Iringi Bisnis Dengan Doa dan Keyakinan

Motivasi bisnis Ustad Arif Ilham ini menunjukkan bahwa betapa besar pengaruh doa dan harapan dalam setiap usaha yang dilakukan. Tanpa doa, ikhtiar akan sia-sia. Tanpa doa, segala strategi bisnis tidak akan berguna.

Doa adalah penyeimbang dalam upaya untuk menuju keberhasilan menjalankan bisnis atau apapun dalam hidup.

Selain itu, dalam menjalankan bisnis juga harus dibarengi dengan keyakinan kuat. Yakin bahwa tidak ada yang mampu membantu Kita tanpa kehendak dan izin Allah SWT. Keyakinan bahwa Allah SWT sangat dekat dengan orang-orang yang mau berusaha dan mentaati setiap perintah-Nya.

Istiqomah Menjalankan Bisnis

Ustad Arifin Ilham juga mengajarkan pebisnis untuk konsisten terhadap apa yang dikerjakan. “Pekerjaan akan berbuah manis jika dilakukan secara kontinue dan terus-menerus”. Dengan memberikan kemampuan yang terbaik, maka kesuksesan tidak mustahil untuk diwujudkan.

Motivasi bisnis Ustad Arifin Ilham mengajarkan agar selalu istiqomah dalam berbisnis, lakukan secara optimal dan jangan pernah menunda-nunda pekerjaan. Hindari hal-hal negatif yang dapat menghambat kerja. Jangan pula menyepelekan hal-hal kecik namun berpengaruh besar. Lalu cobalah terobosan baru untuk menunjang kemajuan bisnis Anda.

Selalu Berinovasi

Ustad Arifin Ilham dikenal sebagai seorang pebisnis yang terbilang sukses. Hal tersebut tercermin pada bisnisnya yang berinovasi dari air mineral ke Madu untuk dikonsumsi masyarakat. Hingga saat ini, bisnis tersebut sudah memiliki banyak cabang di beberapa wilayah Indonesia.

Di bawah majelis taklim yang dipimpinnya, juga mengembangkan bisnis air minum bernama Az-Zikra. Merk ini bahkan sudah menjadi langganan di Istana Kepresidenan. Hampir beberapa kali ketika kegiatan rapat kabinet, air kemasan Az-Zikra miliknya selalu tersedia di sana.

Perasaan Senang dalam Menjalankan Bisnis

“Hidup ini seperti melakukan perjalanan amat panjang. Maka setiap apa yang dilakukan harus diiringi dengan suka cita agar terasa mudah. Begitu pula saat menjalankan bisnis dengan suka cita, maka akan berkembang baik”.

Perkataan tersebut diibaratkan seorang musafir yang sedang melakukan perjalanan jauh ke suatu tempat. Mereka akan merasa gembira ketika memulai atau pun masih dalam perjalanan. Dan puncak kegembiaraannya itu adalah ketika sudah berhasil sampai ke tempat tujuannya. Senang menjalankan sesuatu adalah salah satu motivasi bisnis Ustad Arifin Ilham, sehingga rasa senang mendatangkan kebahagiaan.

Sikap Tawakkal

Motivasi bisnis Ustad Arifin Ilham selanjutnya adalah tawakal. Setelah Anda melakukan kiat-kiat bisnis secara praktik, pastikan bahwa setiap upaya sudah dilakukan dengan maksimal dan memberikan kemampuan terbaik. Lalu selebihnya pasrahkan hasilnya Kepada Allah.

Seperti apa yang telah dikatakan Ustad Arifin Ilham yang merujuk pada Al’Qur’an Surah Ath-Thalaq ayat 65. Pahami dan resapi ayat tersebut, niscaya Anda akan menjadi pebisnis sukses.

Dengan mangamalkan sikap ini, Anda akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Sehingga, semua hal yang dilakukan akan dipenuhi oleh keberkahan. Namun, jangan lupa untuk menerapkannya secara istiqomah setiap harinya.

Menjadi Ustad Bukan untuk Mencari Rezeki

Semasa hidupnya, Beliau pernah berkata, bahwa menjadi pendakwah bukanlah ladang untuk mencari rezeki baginya. Justru lebih memilih mengembangkan bisnis untuk menghindari permintaan tarif dakwah yang dijalankan.

Selain itu, beliau juga tidak ingin disebut dengan “Pendakwah Komersial” yang menetapkan tarif pada setiap ceramahnya. Menurutnya, jalan mensyiarkan agama harus murni berasal dari dalam hati. Tidak diperbolehkan karena sesuatu yang mendatangkan keuntungan bagi diri sendiri.

Bagi Ustad Arifin, hal tersebut secara tidak langsung mengajarkan arti keikhlasan, bahwa setiap kebaikan tidak boleh mengharapkan balasan apapun. Hal ini memupuk mental kaya dalam diri dan menjadikan diri selalu bersyukur.

Demikian beberapa motivasi bisnis Ustad Arifin Ilham. Bagi Anda yang akan memulai bisnis ataupun sudah menjalankannya, hal-hal di atas semoga bisa memotivasi dalam berusaha dan mendapatkan rezeki barokah. Bahwa keberkahan akan dihasilkan dari usaha yang baik.

Similar Posts

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *