5 Buah yang Sering Disebutkan dalam Al-Quran

Buah yang Sering Disebutkan dalam Al-Quran

Al-Quran tidak hanya berbicara tentang aspek kepercayaan. Tetapi juga berbicara tentang aspek kesehatan. Ada beberapa buah yang sering disebutkan dalam Al-Quran. Kita bisa mengkonsumsi buah tersebut untuk kesehatan kita

Buah yang Sering Disebutkan dalam Al-Quran

Berikut adalah beberapa buah yang sering disebut dalam Al-Quran.

1. Ara (tin)

Buah yang sering disebutkan dalam Al-Quran yang pertama adalah buah Tin. Tidak hanya kurma, buah yang konon dinilaiĀ  suci. Ada salah satu buah lainnya yang sering disebut-sebut dalam ayat suci Al- Quran. Buah itu sering disebut sebagai buah Tin. Bahkan, buah ini digunakan sebagai salah satu ayat nama dalam Quran surat At-Tin, ke-95 surah dalam Alquran.

2. Olive

Siapa yang kenal buah Olive? Buah yang dikenal sebagai santapan gurih ini sering digunakan sebagai bahan minyak sehat untuk menumis minyak goreng serta wajah. Buah olive memang bermanfaat pula untuk kecantikan. Inilah salah satu buah yang sering disebutkan dalam Al-Quran, terutama di al-Quran surah An-Nur, Surah Al-An’am, Surah An-Nahl, surah Al-Muminuun, dan surah ‘Abasa pun sering disebutkan begitu.

3. Delima

Buah yang sering disebutkan dalam Al-Quran selanjutnya adalah Delima. Buah delima memiliki kulit luar yang agak keras tetapi memiliki kandungan butiran-butiran dalam yang agak keras. Orang-orang yang melihat buah ini akan membuatnya memiliki selera yang cukup tinggi untuk memakannya. Kelebihan lainnya, buah delima juga ternyata memiliki antioksidan yang sangat baik bahkan tiga kali lebih baik dari teh hijau. Tak heran jika Al-Quran kerap menyebut buah ini, terutama dalam Al Quran bahwa dalam Surah Al-An’am.

4. Anggur

Anggur adalah buah yang telah tumbuh dan dan telah ditanam oleh orang-orang Mesir di 2500 SM. Minuman ini sekarang lebih banyak digunakan oleh orang Eropa yang akan dibuat minuman anggur. Namun, ternyata anggur juga merupakan salah satu buah yang disebutkan dalam Islam, khususnya dalam Al-Quran. Bahkan saking terkenalnya anggur disebutkan, ada 14 kali ayat yang menyebutkan nama anggur. Salah satunya penyebutan anggur ini ada dalam Al-Quran Surah Al-Mu’minun.

5. Pisang

Buah yang sering disebutkan dalam Al-Quran selanjutnya adalah pisang. Selain dikenal sebagai salah satu buah yang dapat membantu membentuk jaringan otot lebih baik karena mengandung kalium, buah ini juga dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan gula yang tinggi. Namun, buah ini juga memiliki banyak manfaat. Al-Quran juga menyebut secara spesifik manfaat buah ini seperti dalam Surah Al-Waqi’ah.

Membiasakan Diri Hidup Sehat Dalam Pandangan Islam

Selain rutin mengkonsumsi buah yang disebutkan dalam Al-Quran, umat Islam juga diwajibkan untuk selalu menjaga kesehatannya dengan cara-cara lain. Menjaga kesehatannya itu bisa dilakukan dengan berbagai cara. Berikut ada beberapa cara menjaga kesehatan dalam pandangan Islam:

Sering Berjalan-Jalan Secara Teratur

Kita bisa menjaga kesehatan dalam Islam dengan rajin berjalan-jalan secara teratur. Berjalan-jalan secara teraturĀ  tidak hanya membakar kalori, tetapi juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Anda bisa mencoba berjalan-jalan bukannya mengemudi kendaraan bermotor ke tempat-tempat yang sebenarnya dekat dan mudah dijangkau, seperti minimarket atau tempat ibadah.

Anda dapat memilih sebuah taman yang mengharuskan Anda untuk berjalan ke tujuan, atau menggunakan tangga jika tidak terburu-buru. Kendati lelah, jalan-jalan tetaplah bisa membawa kesehatanmu menjadi lebih baik.

Memakan Makanan yang Sehat Lalu Hindarilah Makanan Cepat Saji

Masukkan buah-buahan dan sayuran segar dalam daftar belanja Anda berikutnya. Teratur makan buah-buahan dan sayuran tidak hanya menjaga kesehatan jantung Anda, tetapi juga kesehatan secara keseluruhan dari tubuh Anda.

Hindarilah memakan makan lemak trans yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Lemak trans biasanya ditemukan dalam kemasan makanan ringan dan makanan cepat saji.

Menyikat Gigi Secara Rutin

Menjaga kesehatan mulut dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Penyakit seperti infeksi gusi yang parah dapat membuat bakteri dalam mendapatkan mulut ke dalam pembuluh darah dan menyebabkan peradangan. Akibatnya, risiko penyakit jantung dan stroke yang tinggi.

Selalu sikat gigi dan obat kumur secara teratur untuk menjaga kebersihan mulut. Tidak ada salahnya juga untuk kesehatan gigi dan mulut diperiksa oleh dokter setiap bulan.

Tidur Dengan Cukup

Waktu yang Dilarang untuk Tidur

Setiap orang memiliki kebutuhan yang waktu tidur bervariasi, namun kebutuhan tidur orang-orang normal rata-rata ada di rentang antara 7-8 jam tidur setiap hari. Pastikan Anda tidak cukup tidur dan terbiasa begadang. Orang yang terbiasa kurang tidur dan terlalu banyak tidur memiliki peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke lebih tinggi daripada mereka yang tidur lebih. Tapi perhatikan juga waktu tidurmu, jangan sampai kamu tidur pada waktu yang dilarang untuk tidur.

Istirahat dengan Berdiri dan Berjalan Setelah Duduk Lama

Duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, pembekuan darah, bahkan dapat menyebabkan kematian. Jika Anda dipaksa untuk duduk lama di tempat kerja, cobalah untuk berdiri dan berjalan pergi sejenak untuk aliran darah dan membersihkan pikiran. Olahraga yang Anda lakukan masih tidak berarti apa-apa jika Anda tidak membuang kebiasaan duduk terlalu lama.

Hindari Merokok

Tidak ada tapi-tapian, merokok itu sangat buruk bagi kesehatan. Tidak hanya meningkatkan risiko penyakit jantung, merokok juga bisa bisa mengakibatkan penyakit menular seperti kanker paru-paru. Lebih buruk lagi, Anda tidak hanya membahayakan diri sendiri, tetapi, dengan merokok itu Anda juga berpotensi membahayakan orang lain. Dengan menghindari rokok kita bisa mengalokasikan uang untuk sedekah atau berinfak. Selain berpahala, sedekah juga membentuk mental kaya dalam diri kita.

Hindari Meminum Al Kohol

Islam melarang sangat keras agar umat Islam menjauhi Al Kohol. Dengan menjauhi Al Kohol, maka pola hidup sehat bisa terus dipertahankan. Walaupun meminum Al Kohol dalam takaran yang sangat sedikit, hal itu tetap membahayakan bagi kesehatan. Jadi pastikanlah kalian selalu menghindari mengonsumsi Al Kohol agar hidupmu menjadi sehat.

Nah itulah 5 buah yang sering disebutkan dalam Al-Quran. Kalian bisa mengonsumsi buah-buahan itu agar tubuhmu menjadi lebih sehat.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *