Kesehatan Ala Nabi

Nabi Muhammad dikenal sebagai salah tau nabi yang pandai dalam menjaga pola makan dirinya. Makanan yang dimakan nabi dipastikan halal dan terbebas dari ketidak higienisan dalam makanan.

Tips Jaga Kesehatan Ala Nabi Muhammad SAW

Begitu terjaganya makanan yang dikonsumsi Nabi Muhammad itulah kemudian Hadits banyak mencatat pola-pola makan nabi yang menyehatkan itu.  Lalu apa saja sih kira-kira, tips menjaga pola makanan ala nabi Muhammad SAW yang bisa ditiru? Berikut ini kami paparkan untuk Anda:

1. Berhentilah Makan Sebelum Kenyang

Nabi Muhammad mengajarkan dalam beragam riwayat kalau Muslim sangat diwajibkan sekali berhenti makan sebelum kenyang. Orang yang berhenti makan sebelum kenyang ini nantinya akan membuat pencernaan kita menjadi sehat. Selain itu, makan seperlunya adalah wujud syukur kita dan mampu menumbuhkan mental kaya.

Dalam dunia medis, makan berlebihan memang tidak bagus untuk perkembangan pencernaan. Kalau kita memakan makanan, seenak apapun makanan itu, kita harus pastikan bahwa makanan yang kita makan terbebas dari segala zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan.

2. Tidur Lebih Cepat, Kurangi Begadang.

Waktu yang Dilarang untuk Tidur

Nabi Muhammad juga memerintahkan agar umat Muslim tidak melakukan begadang. Jika melakukan begadang, maka hal itu bisa tidak baik bagi kesehatan.

Tidurlah lebih awal, kira-kira sebelum jam 10 malam sebisa mungkin sudah tidur. Orang-orang yang tidur lebih awal biasanya akan lebih sehat metabolismenya. Kesehatan kita jadi terjaga dan terbebas dari penyakit lemah jantung.

3. Sering Memakan Kurma

Nabi Muhammad sangat senang memakan kurma. Oleh karenanya, memakan kurma menjadi salah satu sunnah nabi yang sangat digemari. Dengan memakan kurma, maka akan ada banyak gizi yang kita dapatkan.

Kurma diketahui mengandung zat-zat anti oksidan yang memang sangat bagus untuk kesehatan. Oleh karenanya, dengan memakan kurma, maka asupan nutrisi dalam tubuh bisa tercukupi.

4. Menjaga Kebersihan Dengan Baik

Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya untuk selalu menjaga kebersihan. Sebelum tidur dan sholat, diwajibkan untuk wudu dulu. Kewajiban wudu dan sholat ini tujuannya yaitu untuk membersihkan seluruh kotoran yang menempel pada tubuh.

Nabi Muhammad memerintahkan umatnya untuk selalu rutin memotong kumis. Dengan rutin melakukan potong kumis, maka berbagai kotoran yang menempel pada raut muka bisa hilang.

Selain itu, perintah nabi Muhammad yang lain soal kebersihan, yaitu dengan selalu rutin memotong dan merapikan jenggot. Dengan rutin memotong dan merapikan jenggot, maka didapatkanlah raut muka yang bersih.

5. Tidak Pemarah

Berikutnya yang membuat hidup menjadi lebih sehat yaitu dengan tidak menjadi orang yang pemarah. Tidak pemarah artinya bisa mengontrol emosi negatif yang muncul pada dirinya.

Mereduksi emosi negatif yang ada di hati ini kemudian menjadikan kesehatan kita akan berada pada puncak paripurna.

Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada umatnya untuk menjalankan laku hidup sehat. Dengan menjalankan laku hidup sehat itu, maka akan kita dapatkan tubuh yang selalu sehat terbebas dari segala macam penyakit.

6. Rajin Mengkonsumsi Obat Herbal

Selain menerapkan pola hidup yang sehat, rasulullah SAW juga menganjurkan pada kita untuk memakai obat-obat herbal. inilah salah satu cara menjaga kesehatan ala Nabi. Obat herbal yang sangat dianjurkan yaitu Jintan Hitam, Kurma, dan Madu. Jika kita sering mengkonsumsi obat-obat herbal yang semacam itu, maka kita akan mendapatkan tubuh sehat yang terbebas dari segala macam penyakit.

7. Rutin Membersihkan Gigi

Cara menjaga kesehatan ala Nabi Berikutnya yang bisa dicontoh dari gaya hidup nabi dalam menjaga kebersihan yaitu dengan rutin membersihkan gigi. Rutin membersihkan gigi diharapkan bisa menghilangkan berbagai plak yang menempel pada gigi.

Rasulullah SAW memang sangat memperhatikan kesehatan gigi. Beliau selalu membersihkan gigi-giginya menggunakan siwak, karena begitu banyak manfaat menggunakan siwak. Pembersihan itu dilakukan setelah makan.

Karena siwak telah jarang digunakan, maka pembersihan gigi itu bisa diganti dengan pasta gigi. Terdapat kesamaan esensi membersihkan gigi dengan siwak maupun dengan menggunakan pasta gigi.

8. Rutin Melakukan Olahraga

Cara menjaga kesehatan ala Nabi Berikutnya yang bisa dilakukan untuk menjalankan laku hidup sehat yaitu dengan rutin melakukan olahraga. Maksudnya rutin melakukan olahraga disini yaitu selalu menyempatkan waktunya untuk melakukan olahraga rutin.

Dengan melakukan olahraga rutin itu, maka akan kita dapati tubuh yang berada dalam keadaan sehat. Di dunia medis, orang-orang yang kurang olahraga memang berpotensi mengalami obesitas dan berbagai penyakit lainnya yang menyerang tubuhnya. Jadi pastikan selalu rutin melakukan olahraga agar tidak ada penyakit yang mengendap dalam tubuh.

9. Menjauhi Minuman Haram

Cara menjaga kesehatan ala Nabi berikutnya yaitu dengan selalu menjauhi minuman haram kapanpun. Dengan menjauhi minuman haram, maka besar kemungkinan kita bisa terhindar dari berbagai penyakit yang menempel pada tubuh.

Meminum minuman keras memang sangat membahayakan bagi kesehatan. Minuman keras jika sering dikonsumsi maka akan membuat lambung menjadi berkerak dan pada akhirnya akan mengganggu kesehatan kita.

Nah bagi kalian yang sudah terbiasa minum-minuman keras, sekarang harus tinggalkan kebiasaan itu. Gantilah kebiasaan minum-minuman keras itu dengan terbiasa meminum minuman Air Zam-Zam.

10. Sering Melakukan Dizkiran

Cara menjaga kesehatan ala Nabi berikutnya yang sangat tepat yaitu dengan sering melakukan dzikiran. Dengan melakukan dzikiran, maka akan ada banyak energi positif yang dibangun pada tubuh. Jika energi positif itu terbangun dengan baik, maka akan kita dapatkan tubuh yang berada dalam keadaan sehat selalu.

Nah bagi kalian yang ingin mendapatkan tubuh sehat ala Nabi Muhammad SAW. Lakukanlah kebiasaan-kebiasaan cara menjaga kesehatan ala Nabi seperti di atas. Dijamin tubuhmu akan selalu dalam keadaan sehat.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *