peluang usaha bisnis Islami

Ada semangat yang luar biasa ada pada diri khadijah, Istri Nabi Muhammad. Semangat itu ada pada keuletannya dalam berwirausaha.

Di era Arab Quraisy, sejarah mencatat kalau Siti Khadijah dikenal sangat ulet dalam berdagang. Keuletan luar biasa yang ada diri Khadijah membuat ia dijuluki sebagai perempuan progresif pertama di era Arab Quraisy.

Semangat berdagang sendiri menjadi pokok dari ajaran Islam. Peluang usaha bisnis Islami melalui berdagang juga membantu kita membentuk mental kaya, karena berdagang sudah diajarkan Rasulullah. Bahkan dalam beragam teks keagamaan ada banyak dalil yang menjelaskan jika berdagang mampu membuka 77 pintu rezeki. Oleh sebab itulah pada kesempatan ini kami mengajak ukhti dan akhi untuk berbisnis kuliner yang syar’i.

Peluang Usaha Bisnis Islami

Berikut ini kami paparkan 5 usaha bisnis Islami di bidang kuliner yang syar’i dan sesuai dengan nilai-nilai keislaman. Simak baik-baik ya:

1. Cilok Syar’i Dengan Secuil Kandungan MSG

Peluang usaha bisnis Islami pertama adalah berjualan cilok. Tidak ada catatan ilmiah bahwa mengkonsumsi MSG pada masakan berbahaya bagi kesehatan. Bahkan masakan yang mengandung MSG dalam jumlah yang pas cenderung menyehatkan. MSG merupakan senyawa organik. MSG bisa ditemukan di dalam tubuh manusia.

Tapi kalau menambahkan MSG dalam jumlah banyak ke makanan tidak baik. Maka dari itu disarankan kalian gunakan MSG yang tidak terlalu banyak.

Unsur syar’i yang lain yaitu ciloknya harus menggunakan bahan-bahan yang halal. Hindari menggunakan minyak goreng yang mengandung minyak babi.

2. Berbisnis Kue Rasa Kurma

Sudah banyak beredar kue yang rasa strawberry. Kue yang rasa coklat juga cukup banyak. Tapi kue yang rasa kurma bisa dibilang masih sangat jarang. Padahal dengan mengkonsumsi kurma, maka akan didapatkan banyak pahala.

Dalam dalil keislaman, memakan kurma adalah bagian dari sunah nabi. Sehingga saat memakan buah kurma ini, kita akan mendapatkan pahala.

Berbisnis kue kurma cukup banyak peminatnya. Apalagi kue kurma banyak mengandung gizi.

Untuk membuka bisnis ini, kalian harus menyiapkan beberapa modal. Berikut modal yang diperlukan untuk membuka kue kurma:

  • Mixer
  • Oven
  • Alat press
  • Label
  • Plastik pengemasan
  • Loyang cetakan kue, dlsb

Target pemasaran dari kue kurma ini adalah para jamaah masjid, majelis taklim, kelompok pengajian, kelompok tahlilan, kelompok semaan Al-Quran dan acara-acara keagamaan lainnya.

3. Bisnis Katering Aqiqah

Peluang usaha bisnis Islami dibidang kuliner berikutnya yaitu bisnis katering aqiqah. Ide bisnis ini melibatkan perayaan praktik keagamaan.

Jika di kampung ada acara aqiqah, maka kalian bisa menyediakan layanan aqiqah. Menu aqiqah yang disediakan harus enak dan halal. Semakin enak dan halalan produk katering aqiqah, maka semakin banyak orang-orang yang memesan produk aqiqah di tempatmu.

4. Minuman Syar’i Penyembuh Segala Penyakit

Tidak bisa dipungkiri bahwa air yang dibacakan doa-doa akan memancarkan partikel ion yang bagus buat tubuh. Jika ukhty memang hafal ayat-ayat, dan mahir dalam berdoa hal itu bisa dibisniskan.

Kalian bisa menjual minuman yang didalamnya sudah dibacakan doa-doa. Dengan maksud air yang berisi doa itu bisa menyembuhkan orang yang meminumnya. Tawarkan beberapa kelebihan dari air ditawarkan olehmu. Berikut beberapa kelebihannya:

  • Air doa mampu menyembuhkan guna-guna.
  • Air doa mampu menyembuhkan penyakit berat.
  • Air doa mampu menyembuhkan penyakit liver
  • Air doa mampu menyembuhkan penyakit kangker

5. Usaha Kuliner Arem-Arem

Kita sering mendapatkan ada arem-arem yang disuguhkan dalam beragam pengajian. Hampir semua orang menyertakan arem-arem di dalam banyak acara keagamaan.

Ada arem-arem untuk tahlilan. Ada arem-arem untuk arisan. Ada arem-arem untuk semaan Al-Quran. Ada arem-arem untuk mauludan dan segala macem arem-arem yang sering ditemui di pengajian. Makannya itu sangat disarankan sekali kalian membuka usaha arem-arem agar bisa dinikmati majelis taklim.

Dalam membuka usaha arem-arem harus memerhatikan beberapa hal agar usaha arem-aremnya laris manis. Berikut beberapa hal yang harus dipersipakan dalam membuka usaha arem-arem:

  • Pastikan arem-arem buatanmu tidak diberi MSG dalam takaran banyak. Sebab jika diberi MSG dalam takaran banyak akan membahayakan bagi kesehatan.
  • Pastikan arem-arem buatanmu memakai bahan-bahan yang halal. Kehalalan dari bahan arem-arem ini menjadikan arem-aremu berkah.
  • Pastikan arem-arem buatanmu memiliki cita rasa yang enak. Semakin enak cita rasa arem-aremnya, maka semakin laris manis arem-aremu di beli konsumen.
  • Pastikan arem-aremu memiliki banyak varian isian. Bisa arem-arem isian bakso, arem-arem isian daging, arem-arem isian abon, arem-arem isian petai, arem-arem isian keju, arem-arem isian telur, dan arem-arem isian lainnya yang sekiranya lezat dan enak.
  • Pastikan arem-arem buatanmu menggunakan minyak yang bebas lemak. Semakin arem-aremu bebas dari minyak, maka semakin banyak pula konsumen yang membeli arem-arem di tempatmu.

Membuat Kartu Nama

Agar usaha bisnis arem-aremu banyak orang yang pesan, buatlah kartu nama bisnis. Kalau bisnismu dibikin kartu nama, maka akan banyak orang yang mengenal bisnis arem-aremu.

Sebisa mungkin buatlah kartu nama yang semenarik mungkin. Logo kartu namanya dibuat menarik dengan tambahan logo di dalamya.

Buatlah kartu nama bisnis arem-aremu sebanyak 120 cetakan. Sebarkan kartu nama itu di ketua majelis taklim yang dekat denganmu. Dijamin bisnis arem-arem yang kamu kelola akan besar dan laris manis di konsumen.

Nah itulah 5 peluang usaha bisnis Islami di bidang kuliner yang bisa dicoba. Kalian pilih yang mana nih kira-kira. Semoga ukhty dan akhy selalu diberi kesehatan dan dan rezeki yang barokah oleh Allah SWT ya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *