8 Hal Yang Harus Dihindari Agar Jodoh Mendekat

Jodoh

Bagi setiap muslim jodoh, rezeki dan kematian adalah rahasia dari Allah SWT. Tak seorang pun yang mengetahui dengan siapa dia akan berjodoh, apa saja dan seberapa besar rezekinya serta kapan hari kematiannya.

Hal Yang Harus Dihindari Agar Jodoh Mendekat

Ukhti dan akhi pastinya ingin mendapatkan jodoh yang sholeh maupun sholehah bukan ? Namun terkadang walaupun kita sudah berusaha untuk mencarinya jodoh tidak kunjung datang. Mungkin ukhti dan akhi pernah berpikir kenapa jodohku seperti terhalang ? Sebenarnya apa yang salah sehingga jodoh tidak kunjung mendekat ? Jika iya sebaiknya ukhti dan akhi membaca artikel ini. Karena dalam artikel ini terdapat informasi tentang 8 hal yang harus dihindari agar jodoh mendekat.

1. Syirik

Syirik adalah perbuatan menyekutukan Allah SWT dengan selain-Nya. Banyak orang yang bisa jadi tidak menyadari saat ia berusaha mendapatkan jodoh justru mengarah pada syirik. Misalnya meminta jodoh dengan mendatangi orang pintar atau dukun, tukang ramal atau dengan sengaja memakai jimat tertentu. Padahal sangat jelas dikatakan dalam Q.S. Az-Zariyat : 56 ,Syirik merupakan satu Dosa Besar yang Allah paling benci. ukhti dan akhi, cara terbaik untuk menghindari perbuatan syirik adalah dengan lebih berwaspada dan semakin mendalami Islam dan Ilmu Pengetahuan agama agar tahu batas-batasnya dan tidak terjerumus ke dalam kesyirikan. Karena dengan melakukan kesyirikan, semakin jauh pula jodoh sebab Allah SWT tidak meridhai hidupnya yang menyimpang dari tauhid.

2. Durhaka Kepada Orang Tua

Jika ukhti dan akhi ingin segera didekatkan dengan jodoh, janganlah sekali-kali ukhti dan akhi durhaka terhadap kedua orang tua kalian. Sikap durhaka dan menyakiti hati kedua orang tua akan menghambat datangnya jodoh ukhti dan akhi. Durhaka terhadap kedua orang tua akan membuat Allah mempersulit kita untuk mendapatkan jodoh. Karena seperti yang ukhti dan akhi ketahui bahwa ridha Allah tergantung pada keridhaan orang tua, sedangkan murka Allah tegantung pada kemurkaan orang tua.

3. Tidak Mau Bertaubat dan Istighfar

Hal yang harus dihindari agar jodoh mendekat adalah tidak mau bertaubat atau pun istighfar kepada Alah SWT. Kurangnya istighfar dan sikap tidak mau bertaubat dengan sebenar-benarnya akan menghambat ukhti dan akhi dalam bertemu dengan jodoh kalian. Setiap manusia pasti pernah melakukan dosa baik itu secara disengaja maupun tidak. Oleh karena itu kita harus senantiasa bertaubat dan beristigfar agar Allah mau mengampuni segala dosa-dosa kita dan meridhai hidup kita.

Sudah terbukti bahwa istighfar dan bertaubat dapat melancarkan rezeki dan jodoh kita. Seperti yang dikatakan dalam surat An-nuh ayat 10 -12, bahwa rezeki berupa turunnya hujan, anak-anak, harta, kebun-kebun, bisa didapatkan dengan taubat dan istighfar.

4. Terlalu tingginya kriteria

Memiliki kriteria jodoh yang tinggi memang wajar tetapi apabila kita terlalu mematok tinggi perihal kriteria jodoh idaman, bisa-bisa tidak akan ketemu. Karena tiap kali berkenalan dengan seseorang, jauh dari kriteria kita. Apakah ukhti dan akhi pernah bertanya apakah diri ukhti dan akhi pantas mendapat jodoh sesuai kriteria yang kalian buat tersebut? Ingatlah bahwa lelaki baik-baik akan berjodoh dengan Kriteria Calon Istri yang Baik, begitu pula sebaliknya, wanita yang baik akan mendapatkan  Kriteria Calon Suami yang Baik.

5. Ketidaksiapan Hati

Ukhti dan akhi pasti pernah merasa jatuh cinta bukan? Ya, itu perasaan yang sebenarnya wajar kita rasakan sebagai manusia. Asal jangan sampai cintanya berlebihan sehingga memancing nafsu. Ingat! Hati sangat dekat dengan nafsu. Rasa cinta yang diliputi nafsu akan menjajah ukhti dan akhi sehingga nantinya akan timbul tindakan tercela. Oleh karena itu ukhti dan akhi harus berpegangan pada hati nurani karena hati nurani cenderung ke arah iman sehingga ukhti dan akhi tidak akan terlarut dalam perasaan. Menyiapkan hati nurani sungguh penting untuk membentengi diri ukhti dan akhi.

6.Terbuai dalam Ikatan Pacaran

Pacaran tidak ada di dalam Islam. Ikatan pacaran dalam agama Islam dilarang karena sangat dekat bahkan bisa sampai menimbulkan perbuatan zina. Jangan sampai kita terjerumus ke dalam api neraka karena terbuai pacaran. Bukankah Allah telah memberi peringatan untuk tidak mendekati zina. Jadi ukhti maupun akhi sebaiknya menghindari pacaran.

7. Harapan yang Berlebihan

Sesuatu yang berlebihan tidak disukai oleh Allah SWT. Termasuk dalam hal memberikan harapan yang berlebihan terhadap makhluk. Janganlah memberikan harapan yang sifatnya berlebihan kepada seseorang yang belum tentu adalah jodoh yang dikirim Allah SWT. Ukhti dan akhi sebaiknya berserah diri kepada segala ketetapan Allah. insyaallah jodoh akan datang melalui cara yang tidak terduga.

8. Takut Kurangnya Rezeki

Penyebab ini juga akan membuat ukhti dan akhi sulit untuk bertemu dengan jodoh. Ketakutan akan kurangnya suatu rezeki adalah ketakutan yang sering dialami oleh banyak orang. Tujuan dari mencari jodoh adalah untuk melanjutkannya ke jenjang pernikahan sesuai dengan sunah Rasul.

Namun, menikah bukanlah perkara mudah karena itu semua butuh biaya apalagi bagi akhi yang nantinya harus menafkahi istri dan juga anak setelah menikah.mungkin ada beberapa dari akhi yang takut belum cukup uang untuk menafkahi keluarga nantinya. Hal ini harus dihindari karena Allah SWT pasti akan memberikan rezeki kepada semua hambanya yang mau berusaha.

Ukhti dan akhi, itulah 8 hal yang harus dihindari agar jodoh mendekat. Jadi bagi ukhti dan akhi yang ingin segera didekatkan dengan jodohnya, sebaiknya menghindari 8 hal tersebut.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *