Keistimewaan dan Kegunaan Al-Quran

Al-Quran sebagai kitab suci dari umat Islam yang diturunkan melalui Nabi Muhammad SAW. Allah SWT menjadikan Al-Quran sebagai kitab suci terakhir atau penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya.

Keistimewaan dan Kegunaan Al-Quran

Ukhti dan akhi, di dalam Al-Quran terdapat berbagai keistimewaan dan kegunaan yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. dan pastinya juga sangat bermanfaat untuk kita sebagai umat Islam. Keistimewaan dan kegunaan Al-Quran diantaranya yaitu:

1. Hukum Dalam Menjalani Kehidupan

Ukhti dan akhi, Al-Quran berisi tentang banyak hal termasuk tuntunan dan hukum dalam menjalani kehidupan. Hukum yang ada pada Al-Quran diperuntukkan bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan. Jika ukhti dan akhi mempelajari Al-Quran dengan baik dan mampu mengamalkannya, pasti ukhti dan akhi hidupnya akan tertuntun. Allah akan menurunkan berkah ke dalam kehidupan dan memberi kecukupan dalam rezeki. Tidak hanya itu, mempelajari Al-Quran juga menumbukan mental kaya karena kita hanya berharap kepada Allah dan semakin mendekatkan diri dengan-Nya.

2. Al-Asyifa (Obat)

Seperti namanya, Al-Quran merupakan Asyifa atau obat. Ukhti dan akhi bisa menemukan keajaiban Al-Quran yang bisa menyembuhkan penyakit yang ada di dalam hati manusia.

Penyakit dalam tubuh manusia memang tak hanya berupa penyakit fisik saja tapi bisa juga penyakit mental atau psikologis, contohnya saja cara mengatasi depresi menurut Islam. Manfaat Membaca Al- Quran dan mengamalkannya dapat terhindar dari berbagai penyakit hati tersebut.

Saat ukhti dan akhi membaca Al-Quran, insyaallah ukhti dan akhi akan mendapat pencerahan. Dan jika hati ukhti dan akhi terbuka dengan Al-Quran maka ukhti dan akhi dapat mengobati diri sendiri sehingga perasaan menjadi lebih tenang dan bahagia dengan berada di jalan Allah.

3. Sebagai Petunjuk

Al-Quran bisa ukhti dan akhi jadikan sebagai petunjuk dalam menjalani hidup di dunia ini agar tidak tersesat di jalan yang salah. Al-Quran memiliki isi atau kandungan yang sifatnya universal jadi, Al-Quran bisa dijadikan petunjuk bukan hanya oleh umat Islam saja tapi seluruh manusia di dunia ini. Jika ukhti dan akhi tidak ingin terjerumus ke dalam perkara yang bisa menjerumuskan pada api neraka atau jalan yang tidak diridhoi oleh Allah SWT maka gunakanlah Al-Quran sebagai petunjuk hidup ukhti dan akhi. Al-Quran akan menunjukkan kepada kita jalan menuju taqwa.

4. Merupakan Mukjizat Bagi Nabi Muhammad SAW

Ukhti dan akhi pernah mendengar bukan jika Nabi-nabi lainnya mendapatkan mukjizat yang terlihat jelas seperti dapat berbicara dengan binatang, menyembuhkan orang sakit, dan lainnya. Tetapi Nabi Muhammad SAW diberikan mukjizat yang sedikit berbeda yaitu Al-Quran yang merupakan kitab suci umat Islam. Ini merupakan hal yang sangat menarik karena Nabi Muhammad tidak bisa membaca dan menulis namun, Allah mewahyukan Al-Quran kepada beliau.

5. Menjelaskan Kepribadian Manusia

Al-Quran menjelaskan kepribadian manusia yang berbeda dari makhluk lainnya. Ukhti dan akhi pasti sadar bahwa manusia dikaruniai akal yang membuatnya berbeda dari binatang. Allah SWT menjadikan manusia sebagai pemimpin di dunia ini. Sebagai pemimpin manusia seharusnya dapat memiliki akhlak-akhlak yang baik bukannya malah berperilaku seperti binatang.

6. Al-Quran Sebagai Pemisah

Jadi ukhti dan akhi, nama lain Al-quran adalah Al-Furqon atau pemisah. Yang dimaksud sebagai pemisah di sini artinya Al-Quran bisa memisahkan hal-hal yang hak dan batil.

Jika ukhti dan akhi belajar Al-Quran dengan benar maka ukhti dan akhi dapat membedakan antara yang benar dan yang salah. Misalnya saja saat mencari keuntungan dengan berdagang, dijelaskan bahwa tidak benar jika melakukan penipuan dengan mengurangi berat sebuah barang dagangan.

7. Berisi Nasihat

Nasihat bagi orang-orang yang bertaqwa dan beriman kepada Allah merupakan salah satu dari sekian banyak isi Al-Quran yang harus ukhti dan akhi ketahui. Ukhti dan akhi bisa menemukan banyak pengajaran, nasihat-nasihat, peringatan tentang kehidupan di dalam Al-Quran.

Nasihat dan peringatan tersebut penting karena sebagai manusia kita sering menghadapi berbagai masalah dan cara penyelesaiannya sebaiknya diambil dari ajaran agama.

8. Merupakan Penyempurna

Keistimewaan dan Kegunaan Al-Quran yang Perlu Diketahui

Bukankah ukhti dan akhi percaya akan adanya kitab-kitab Allah yang telah turun sebelum Al-Quran? Kitab-kitab tersebut yaitu Taurat, Injil, dan Zabur. Nah ukhti dan akhi, Al-Quran merupakan penyempurna dari kitab-kitab tersebut.

Jadi pastinya kandungan yang ada di dalam Al-Quran lebih sempurna dari kitab-kitab terdahulu. Ukhti dan akhi, kitab-kitab Allah sebelumnya ditujukan hanya pada umat pada zaman tersebut saja, berbeda dengan Al-Quran.

9. Menyelesaikan Masalah yang Diperselisihkan

Keistimewaan dan kegunaan Al-Quran yang lainnya ialah menyelesaikan masalah yang diperselisihkan oleh umat-umat zaman dahulu. Firman yang ada di dalam Al-Quran turun saat ada masalah yang terjadi di zaman Nabi Muhammad SAW. Contohnya bisa ukhti dan akhi lihat saat perselisihan suatu kaum, atau cerita tentang kaum sebelumnya yang mendapatkan teguran dari Allah SWT.

Berdasarkan kisah umat terdahulu kita bisa belajar agar tidak mengulangi kesalahan yang mereka perbuat misalnya serakah dan berbuat buruk terhadap orang lain.

10. Meningkatkan Keimanan

Bacalah dan pahami isi kandungan dari Al-Quran, maka ukhti dan akhi akan mendapatkan berbagai manfaat. Selain itu, tingkat keimanan ukhti dan akhi juga akan meningkat dengan membaca dan memahami kandungan ayat-ayat di dalam Al-Quran.

Ukhti dan akhi mungkin terkadang sering merasa iman ukhti dan akhi menurun karena kesibukan duniawi. Namun jika ukhti dan akhi rutin dalam membaca Al-Quran serta mencoba belajar tentang isi dari Al-Quran maka hal itu tidak akan terjadi.

Ukhti dan akhi, itulah keistimewaan dan kegunaan Al-Quran. Semoga setelah mengetahui tentang keistimewaan dan kegunaan Al-Quran yang luar biasa, bisa meningkatkan ketaqwaan ukhti dan akhi kepada Allah SWT.

 

 

Similar Posts

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *