Beberapa Kiat-Kiat Agar Menjadi Pintar Ala Islam

 

Pintar Ala Islam

Menjadi pintar adalah keinginan dari setiap orang di dunia ini. Ukhti dan akhi juga pasti ingin bukan untuk menjadi pintar ? Banyak hal yang bisa diraih jika kita pintar. Seperti berprestasi di bidang akademik dan membanggakan kedua orang tua.

Kiat-kiat Pintar Ala Islam

Islam mengajarkan kepada kita bahwa menjadi pintar haruslah diraih dengan jalan yang baik. Hal ini dikarenakan kebaikan inilah yang nantinya akan menjadi cahaya dan penerang di dalam kehidupan ukhti dan akhi.

Artikel kali ini akan membahas tentang kiat-kiat agar menjadi pintar ala Islam. Jadi ukhti dan akhi wajib untuk menyimak baik-baik informasi berikut ini.

1. Tidak Meninggalkan Sholat

Kiat agar menjadi pintar ala Islam yang pertama adalah menjada sholat. Ukhti dan akhi, Sholat bukan hanya sebuah kewajiban. Tidak hanya sholat wajib, kita juga dianjurkan melaksanakan sholat sunnah sebagai jalan mendekatkan diri pada Allah. Sholat memiliki manfaat terutama bagi kecerdasan otak, oleh karena itulah Allah SWT memerintahkan kita untuk sholat.  Seperti yang ukhti dan akhi ketahui bahwa otak membutuhkan oksigen agar tetap bisa digunakan dan oksigen didapat dari darah.

Sedangkan darah sendiri, sangat sedikit yang mengalir ke otak. Karena, jantung kurang mampu untuk memompa banyak darah untuk sampai ke otak. Otak bisa mendapatkan cukup oksigen dari darah dengan cara bersujud. Sujud termasuk dalam gerakan sholat, jadi sholat mampu meningkatkan kecerdasan otak.

2. Doa

Jika ukhti dan akhi menginginkan kepintaran, maka berdoalah kepada Allah SWT. Maka niscaya Allah akan memberikannya jika ukhti dan akhi berusaha dan benar-benar berdoa dengan kusyuk.

Meminta kepada Allah dan meyakini bahwa tidak ada yang mustahil dari Allah SWT. Dari situ maka penting untuk berdoa karena berdoa kepada Allah adalah sebenar-benarnya tempat meminta. Doa adalah senjata seorang muslim yang mampu memberikan kekuatan serta pikiran positif kepada Allah. Hingga mampu membentuk mental kaya karena kita hanya berharap kepada Allah.

3. Berserah Diri Kepada Allah

Orang yang berserah kepada Allah adalah orang yang beriman dan bertaqwa. Ia adalah orang yang mencoba untuk menghindari dosa. Meninggalkan dosa dapat membuat seseorang memiliki pengetahuan yang lebih baik.

Perlu diketahui bahwa dosa atau kegelapan tidak dapat berdampingan dengan cahaya pengetahuan. Hal tersebut karena Allah tidak memberikan pengetahuan kepada orang orang yang berbuat dosa. Seseorang yang melakukan dosa tidak dapat berfikir dengan jernih. Jika ukhti dan akhi banyak melakukan dosa, otomatis otak akan terus memikirkannya sehingga ukhti dan akhi tidak bisa mempelajari sesuatu.

4. Cukup Istirahat dan Tidur

kiat agar menjadi pintar ala Islam selanjutnya adalah istirahat dan tidur yang cukup. Ukhti dan akhi harus memberikan  waktu yang cukup pada otak untuk mengatur arsip-arsip pada saat tidur. Karena otak akan bekerja mengarsip data-data yang didapat pada siang hari saat ukhti dan akhi tertidur. Sehingga penting untuk memberikan waktu tidur yang cukup.

Saat kita tidur otak kita ibarat kantor yang sibuk, mengatur dan mengarsipkan data yang terkumpul di siang hari. ukhti dan akhi perlu memberi cukup waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Tidur juga penting untuk regenerasi sel otak dan mengurangi stres yang bisa mengganggu fungsi otak.

5. Makan Makanan Manis

Ternyata memakan makanan yang manis bisa membuat pintar loh ukhti dan akhi. Para ilmuan dan ahli mengungkapkan bahwa makanan manis bisa meningkatkan memori atau daya ingat seseorang. Makanan tersebut seperti madu dan buah kismis serta mengunyah jenis resin getah tertentu. Kamu bisa menggunakan madu sebagi kiat agar menjadi pintar ala Islam untuk menu harian yang menyehatkan.

6. Bekam

Hijamah atau di Indonesia sering di kenal dengan Bekam adalah praktik pengobatan yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad bersama dengan rekan-rekannya. Hijamah di Indonesia lebih di kenal sebagai praktik untuk mengobati berbagai macam penyakit dan menjaga kesehatan.

Abu Hurairah (R.A) melaporkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jika ada sesuatu yang sangat baik untuk dijadikan obat, itu adalah bekam (hijama).”

7. Selalu Mengingat Allah

Selalu mengingat Allah dapat meningkatkan daya ingat otak pada manusia. Jadi ukhti dan akhi haruslah senantiasa mengingat Allah jika ingin menjadi pintar.

8. Menghafal Al-Quran

Kiat-kiat agar menjadi pintar selanjutnya adalah dengan menghafal Al-Quran. Alasannya karena metode menghafal terbukti bisa menambah daya ingat. Selain itu juga orang yang menghafal Al-Quran daya serap  ingatannya akan menjadi semakin tajam. Dengan menghafal A-quran, ukhti dan akhi juga akan mendapat pahala yang besar.

Sebenarnya ukhti dan akhi juga tidak harus menghafal Al-Quran jika belum mampu. Karena cukup dengan membaca Al-Quran pada saat Subuh dan Maghrib, maka daya ingat ukhti dan akhi juga bisa meningkat. Itulah keajaiban dari Al-Quran.

9. Menjalankan Puasa Sunnah

Menjalankan puasa sunah bisa membuat ukhti dan akhi menjadi pintar. Hal ini dikarenakan laparnya orang yang berpuasa bisa menjadikan orang berpikir lebih cerdas jika dibandingkan dengan tidak berpuasa. Tapi ada hal yang ukhti dan akhi perlu perhatikan yaitu, puasa sunah yang dijalankan haruslah benar-benar diniati karena Allah.

10. Befikir Positif

Ukhti dan akhi haruslah senantiasa berfikir positif.  Karena perasaan stress dan kecemasan sangat ampuh menghancurkan neuoran otak ukhti dan akhi, sekaligus menghalangi proses produksi neuron tersebut. Oleh karena itu, ukhti dan akhi bisa terus berusaha berfikiran positif setiap harinya.

11. Meningkatkan Aktivitas Olahraga

kiat agar menjadi pintar ala Islam yang terkhir adalah meningkatkan aktivitas olahraga. Ketika tubuh ukhti dan akhi bergerak karena melakukan olahraga, oksigen akan semakin terpompa. Sehingga proses neurogenesis pun menjadi lebih optimal. Hal itu bisa membantu terciptakan sel-sel otak yang baru. Sehingga jalan peningkatan IQ pun semakin terbuka lebar.

Itulah kiat-kiat agar menjadi pintar ala Islam. Jadi, jika ukhti dan akhi ingin memiliki kepintaran, sebaiknya ukhti dan akhi melakukan atau mempraktekan kiat-kiat agar menjadi pintar di atas.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *