8 Amalan Sunnah di Hari Jumat yang Harus Diketahui

Amalan Sunnah di Hari Jumat

Hari Jumat merupakan hari yang mulia bagi umat Islam. Jumat menjadi hari yang agung, dan di hari yang agung ini. Ada amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan agar mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Amalan Sunnah di Hari Jumat

Berikut, 10 amalan sunnah di hari Jumat yang harus diketahui:

Membaca Surat Al-Kahfi

Tahukah keistimewaan dan kegunaan Al-Quran? Saat hari Jumat tiba, amalan sunnah di hari Jumat paling utama setelah shalat adalah membaca AlQ-uran surat Al-Kahfi. Surat ini dibaca saat hari Jumat boleh di waktu mana saja. Mulai dari malam di hari Kamis, ketika masuk waktu shalat Magrib.

Seperti yang diriwayatkan dari sebuah Hadist dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah SWT akan menyinarinya diantara dua Jumat.” (HR Hakim dalam Al-Mustadrok).

Dari sabda Rasulullah di atas dapat dicermati bahwa keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat sangatlah baik. Dengan begitu, kita dapat memperbanyak membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat.

Memperbanyak Dzikir

Amalan sunnah di hari Jumat dianjurkan untuk memperbanyak dzikir terutama di waktu sesudah shalat. Memperbanyak dzikir dapat mendatangkan berkah dari Allah SWT, apalagi dilakukan di hari Jumat.

Seperti firman Allah SWT dalam Surat Al-Jumuah ayat 9 berikut, “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah untuk mengingat Allah SWT”.

Memperbanyak Berdoa

Hari Jumat yang penuh berkah kita dapat berdoa dengan khusyuk supaya hajat kita diijabah oleh Allah SWT. Yang terpenting doa yang diucapkan mengarah kepada kebaikan.

Karena keagungan hari Jumat maka kita bisa memohon kepada Allah SWT atas doa-doa kita yang sudah kita mohon setiap harinya agar dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Tetapi, jangan sedih jika ada doamu yang belum terkabul. Karena bisa jadi Allah SWT sedang menyediakan sesuatu yang lebih indah dari apa yang kamu bayangkan. Doa adalah wujud syukur kita, selain itu berdoa mampu menumbuhkan mental kaya dalam diri.

“Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seorang muslim melakukan shalat di dalamya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaanya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari dan Muslim)

Selama kita bersungguh-sungguh menginginkan sesuatu dan selama keinginan itu menuju kebaikan maka pasti Allah SWT akan berikan yang terbaik untuk kita. Apalagi di hari Jumat yang sangat dimuliakan ini.

Memperbanyak Shalawat

Amalan sunnah di hari Jumat selanjutnya adalah memperbanyak shalawat. Shalawat dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja kita berada selama itu di waktu dan tempat yang baik. Terutama di waktu-waktu yang baik seperti di hari Jumat. Baik pagi, siang dan sore kita dapat bersholawat.

Rasulullah bersabda,”sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyak sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan disampaikan padaku”.

Mandi Jumat

Mandi Jumat berbeda dengan mandi biasa yang kita lakukan sehari-hari. Dengan niat akan mandi Jumat, dalam salah satu hadist dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat, maka dia mandi seperti mandi Janabah….” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mandi Jumat ini menjadi mandi yang dianjurkan untuk dilakukan di hari Jumat sebagai amalan sunnah di hari Jumat. Berkah mandi Jumat dapat membuat ibadah kita yang lain menjadi lebih baik.

Memakai Pakaian yang Terbaik

Memakai pakaian terbaik bukan berarti harus pakaian yang mahal atau mewah. Tapi pakaian yang paling bagus dan cocok untuk beribadah. Rasulullah bersabda,”Wajib bagi kalian membeli dua buah pakaian untuk menunaikan shalat Jumat kecuali pakaian yang digunakan untuk bekerja” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai Shahih oleh Al Albani)

Dengan begitu kita dapat mengenakan pakaian yang menutup aurat namun dengan kualitas yang baik dan nyaman untuk digunakan beribadah. Pakaian yang terbaik disini juga bukan pakaian yang modern tapi yang menutup aurat dengan baik. inilah salah satu Amalan sunnah di hari Jumat yang sangat diajurkan, terutama ketika kan melaksanakan sholat Jumat.

Membersihkan Diri dan Bagi Laki-laki Memakai Wewangian

Setelah mandi, mengenakan pakaian yang terbaik sekarang membersihkan diri, merapikan diri dan memakai wewangian bagi para lelaki.

Rasulullah pernah bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke Masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika tiba imam memulai khotbah Jumat, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya antara Jumat ini sampai Jumat berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Melaksanakan Shalat Sunnah Setelah Shalat Jumat

Shalat sunah setelah shalat Jumat dilakukan dua atau empat rakaat. Keutamaan shalat sunah ini sangat dianjurkan terutama yang melakukan shalat berjamaah di masjid sebagai upaya mendapat ridho Allah SWT. Shalat sunah dapat kita lakukan setelah shalat Jumat dilaksanakan dan dikerjakan paling utama empat rakaat.

Demikian delapan jenis sunah yang dapat dilakukan,  kita dapat memperbaiki ibadah kita dengan mengamalkan sunnah-sunnah yang ada. Nabi Muhammad SAW sering mengamalkan kedelapan jenis sunah yang telah disebutkan. Karena hari Jumat adalah hari yang penuh dengan keagungan dan kemuliaan dari Allah SWT. Tidak heran jika banyak keutamaan dalam setiap sunnah yang ada di hari Jumat.

Semoga kita dapat mengamalkan Amalan sunnah di hari Jumat secara istiqomah. Dengan melaksanakan sunnah maka kita sudah mencontoh kebiasaan yang dilakukan oleh Rasulullah semasa hidupnya di dunia. Dengan begitu, kita tidak dapat meremehkan manfaat dari sunnah-sunnah dari Rasulullah.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *