Beberapa Kriteria Memilih Jodoh Dalam Islam

Kriteria Memilih Jodoh Dalam Islam

Ukhti maupun akhi pasti ingin mendapatkan jodoh yang sholeh maupun sholehah bukan ? Mendapatkan jodoh yang baik serta sholeh atau sholehah merupakan keinginan semua orang muslim.

Kriteria Memilih Jodoh Dalam Islam

Sebagian dari mereka mungkin masing bingung atau belum mengerti seperti apa sih kriteria memilih jodoh dalam Islam ? apakah ukhti dan akhi juga tidak tahu akan hal itu ? Jika iya simaklah informasi mengenai kriteria memilih jodoh dalam islam berikut ini.

1. Beragama Islam

Kriteria pertama adalah beragama Islam. Ini mungkin kriteria mendasar namun sangat penting untuk diperhatikan dalam memilih jodoh atau pasangan hidup. Karena, Allah tidak memperbolehkan seorang perempuan menikah dengan laki-laki non muslim begitu pula sebaliknya. Jadi saat ukhti dan akhi akan memilih jodoh pilihlah yang beragama islam sama seperti ukhti dan akhi.

2. Memiliki Akhlak Mulia

Perhatikanlah akhlak saat akan memilih jodoh. Ukhti dan akhi, pilihlah pasangan yang memiliki akhlak mulia. Hal ini karena akhlak yang mulia bisa mencegah seseorang dari perkataan dan perbuatan yang tidak menyenangkan. Selain itu, orang yang memiliki akhlak mulia cenderung selalu menjaga hubungan dengan baik terhadap orang lain maupun Sang Pencipta.

Memilih pasangan yang memiliki akhlak mulia akan membuat hidup ukhti dan akhi bahagia karena pasangan yang berakhlak mulia akan selalu bersikap lembut dan berusaha membahagiakan pasangannya. Pastinya ukhti dan akhi ingin diperlakukan begitu bukan oleh jodoh ukhti dan akhi nantinya ?

3. Selalu Menjaga Sholat

Selalu menjaga sholat merupakan kriteria memilih jodoh dalam Islam berikutnya. Yang dimaksud dengan menjaga sholatnya adalah dengan melaksanakan tepat waktu, dan menjaga wudhunya. Selain itu sholat juga harus dijalankan dengan khusyu. Terlebih mampu melaksanakan sholat sunnah yang dianjurkan untuk menyempurnakan sholat wajib.

Karena sholat adalah tiang agama yang harus ditegakkan supaya terhindar dari perbuatan yang dibenci Allah. Allah sangat mencintai orang yang bisa menjaga sholatnya, oleh karena itu carilah jodoh orang yang selalu menjaga sholatnya.

4. Selalu Ingat Kepada Allah SWT

Sebagai muslim, akhi dan ukhti tidak boleh meninggalkan kewajiban dan senantiasa menjaga keimanan serta hati untuk selalu ingat dan tunduk hanya kepada Allah. Jadi, carilah jodoh yang selalu ingat kepada Allah. Orang itu haruslah bisa membimbing ukhti dan akhi ke dalam kebaikan dan tidak menjerumuskan ukhti dan akhi ke dalam perbuatan yang dilaknat oleh Allah SWT.

5. Bermanfaat Bagi Orang Lain

Muslim yang sejati haruslah bermanfaat baik itu untuk keluarga maupun orang lain. Seperti yang Rasul sampaikan bahwa sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Yang dimaksud dengan bermanfaat di sini tentunya dalam hal kebaikan dimana pun dia sedang berada.

Jika ukhti dan akhi mencari jodoh untuk dijadikan pasangan hidup hendaklah untuk memilih orang yang bermanfaat bagi orang lain.

Ciri orang yang bisa bermanfaat bagi orang lain yaitu akan membantu meringankan beban masyarakat yang dalam kesulitan. Selain itu akhi juga harus berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan hal itu. Akhi dan ukhti pastinya ingin bukan mendapatkan jodoh yang selalu perhatian dan peduli dengan ukhti dan akhi.

6. Tidak Boros Maupun Pelit

Sebenarnya, memakai dan membelanjakan uang yang dimiliki bukanlah sebuah masalah asalkan tidak menghabiskan uang tersebut secara berlebihan. Tidak hanya sekedar uang dan materi, namun dalam urusan lain seperti makan, ia juga tidak berlaku terlalu berlebihan akan tetapi juga tidak terlalu pelit. Hal demikian akan membentuk mental kaya dalam diri serta meningkatkan rasa syukur terhadap apa yang sudah diberikan oleh Sang Pencipta.

Semuanya akan dilakukan sesuai porsinya sebab segala sesuatu yang terlalu berlebihan bukanlah hal yang baik. Ukhti dan akhi carilah jodoh yang tidak boros maupun pelit.

7. Memahami Ajaran Islam

Paham tentang ajaran agama Islam serta dapat membaca ayat-ayat Al-Quran kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari adalah hal yang harus ukhti dan akhi pertimbangkan dalam memilih jodoh. Memahami tentang ajaran Islam adalah dasar yang sangat penting dalam mewujudkan rumah tangga yang berpondasi kokoh dan selalu memperoleh ridho dari Allah SWT.

8. Pandai Mengaji

Memilih Jodoh Dalam Islam

Ada banyak sekali kemuliaan bagi orang mengaji dan mempelajari Al-quran. Bukan hanya bisa menyejukkan hati, suara lantunan ayat Al-Quran juga bisa merangsang pertumbuhan otak anak serta meningkatkan intelegensinya. Jadi sangat penting khususnya bagi akhi untuk memilih istri yang pandai mengaji.

Tetapi bagi ukhti, juga harus memastikan jodoh ukhti pandai mengaji juga. Orang yang pandai mengaji termasuk ke dalam kriteria memilih jodoh dalam Islam.

9. Pandai Menjaga Waktu

Ukhti dan akhi,carilah pasangan yang pintar dalam menjaga waktu agar tidak sia sia. Dan juga senantiasa menjauhkan diri dari perbuatan ghibah (menggunjing), perbuatan namimah (mengadu domba), serta mencari hal baik yang lebih bermanfaat.

Allah SWT tidak akan suka dengan orang yang suka menggunjing dan melakukan hal yang sia-sia. Jadi, pilihlah orang yang benar-benar pandai menjaga waktunya.

10. Selalu menjaga silaturahmi

Kriteria memilih jodoh dalam Islam selanjutnya adalah pandai menjaga silaturahmi. Ada baiknya ukhti dan akhi memilih orang yang selalu menyeru orang-orang agar tetap di jalan Allah dengan cara saling berkunjung. Serta mengamalkan kebaikan dengan sesama makhluk ciptaan Allah SWT.

10. Pandai Bersyukur

Sebagai seorang muslim, ukhti dan akhi harus pandai dalam mensyukuri pemberian Allah SWT. Ukhti tidak boleh berlaku kufur karena selain laki-laki tidak akan menyukainya, hal itu juga dibenci oleh Allah SWT. Oleh karena itu pilihlah orang yang juga pandai bersyukur. Ketika mencari jodoh pilihlah pasangan yang pandai bersyukur karena itu adalah salah satu kriteria memilih jodoh dalam Islam.

Itulah kriteria memilih jodoh dalam Islam. Semoga ukhti dan akhi bisa mendapatkan jodoh yang sesuai dengan kriteria tersebut amin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *