Beberapa Keistimewaan Angka 7 dalam Islam

 Keistimewaan Angka 7 dalam Islam

Dalam Islam angka 7 dikenal sangat dikeramatkan. Bahkan angka 7 diketahui memiliki keajaiban dan keistimewaan. Apalagi ada beberapa cara beribadah dimana melibatkan angka 7. Ibadah yang melibatkan angka salah satunya yaitu Thafah Khabah. Pada saat orang melakukan thawaf, maka orang tersebut akan mengelilingi kabah sebanyak 7 kali. Ada beberapa keistimewaan angka 7 dalam Islamyang bisa kita lihat.

Kebetulan angka 7 adalah salah satu angka ganjil. Kebetulan Allah sangat menyukai angka ganjil. Hal ini seperti telah dijelaskan dalam Rasulullah SAW lewat sabdanya yang berbunyi sesungguhanya allah itu witir (ganjil) dan suka kepada sesuatu yang ganjil. Hadist riyawat Daud dan Turmudzi.

Keistimewaan Angka 7 dalam Islam

Dijelaskan juga mengenai angka ganjil yaitu angka yang sering disebut dalam Al Quran baik secara tertulis maupun tersirat. Allah menurunkan wahyunya dalam Al Quran. Dan sangat banyak sekali penjelasan di dalam Al Quran yang membahas angka 7. Kira-kira sebagai berikut:

Allah Menciptakan Langit dengan Tujuh Lapis.

Hal ini sejalan pula dengan ayat Al-Quran surat Fussilat ayat 12 yang bunyinya “ Lalu diciptakan-nya tujuh langit dalam dua masa dan pada setiap langit Dia mewahyukan urusan masing-masing.

Surat Al Fatihah Terdapat Tujuh Ayat

keistimewaan angka 7 dalam Islam berikutnya yang tak kalah menariknya yaitu kita bisa menemukan angka 7 pada jumlah surat Al Fatihah. Kalau kita amanati pada surat Al Fatihah maka terdapat 7 ayat di dalamya.

Lagi-lagi kita bisa melihat kejaiban dari angka 7 ini pada surat Al – Fatihah. Tentu sangat istimewa sekali bukan kejaiban yang ada pada surat Al Fatihah ini. Bacaan Al Fatihah yang kita baca dan resapi setiap hari ternyata mampu membentuk mental kaya dalam diri dan menarik energi positif dari lingkungan sekitar. Sehingga memberikan kesan positif dan daya tarik bagi orang yang melihatnya.

Wahyu Pertama yang Ada Pada Al Baqoroh Terdapat 7 Ayat

keistimewaan angka 7 dalam Islam selanjutnya  bisa kita dapati bahwa dalam Al Quran surat Al Baqarah ternyata ada 7 unsur. Pada kalimat di Al Baqarah ada Kun Fayakun yang terdiri dari kaf, nun, fa, ya, kaf, wau, dan nun hingga membentuk 7 unsur.

Pada Kalimat Tauhid Terdiri Dari 7 Kata

Pada kalimat Tauhid ternyata juga terdapat 7 kata. Sehingga ada keistimewaan yang muncul pada kalimat tauhid. Kalimat tauhid itu yaitu Lailahaillah Muhammadarrasulluah. Arti dari kalimat Tauhid itu tiada Tuhan selain Allah.

Pada Saat Tahlilan, Hari Pertama Tahlilan Jatuh di Hari Ketujuh

keistimewaan angka 7 di dalam Islam berikutnya yaitu kita bisa menemukan penggunaan angka 7 pada saat orang melakukan tahlilan. Pada tahlilan kebetulan ada angka 7 yang menjadi penanda keistimewaan pada angka 7.

Dalam tradisi Islam tradisional, pengajian nujuh hari dikenal sebagai upaya untuk mendoakan para arwah agar bisa selamat.

Jumlah Hari Dalam Satu Minggu Ada 7 Hari

keistimewaan angka 7 dalam Islam berikutnya yang bisa kita lihat yaitu ada pada sistem penanggalan kita. Dalam satu minggu kalau kita lihat ada 7 hari. Adanya 7 hari dalam Islam membuat angka 7 terasa begitu spesial.

Rasulullah Sering Menyebutkan Angka 7

Berikutnya keistimewaan angka 7 dalam Islam yaitu karena Rasulullah sendiri sering menyebut angka 7. Hal ini menunjukan bahwa Rasulullah pun menyukai adanya angka 7. Misalnya saat Rasulullah menguraikan dosa-dosa besar, beliau menyebutkan dosa-dosa besar hingga tujuh macam. Demikian juga saat Rasul berbicara tentang hari penyiksaan, Rasul juga sering menyebutkan bahwa tingkat siksaan di akhirat 7 kali lipat siksaanya lebih besar dari bumi.

Hal ini sejalan dengan Hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim yang berbunyi Siapa Saja yang Berbuat Lalim Sepanjang Satu Jengkal Tanah, Maka Dia Akan Dibebani Beban Seberat Tujuh Bumi. ( HR Bukhari dan Muslim).

Angka 7 Merupakan Bilangan Para Nabi

Keistimewaan angka 7 dalam Islam berikutnya karena angka 7 merupakan angka bilangannya para Nabi. Misalnya pada cerita Nabi Yusuf. Pada mimpi Nabi Yusuf, konon sering menyebut angka tujuh dalam tafsiran mimpinya. Dua ayat dalam ayat suci Al- Quran yang mengisyaratkan angka 7 misalnya terdapat pada QS Surat Al Quran ayat 43, 46, dan ayat 48 pun ada.

Angka 7 Pernah Dipakai Mengazab Umat Nabi Hud yang Membangkang Perintah Allah

Angka 7 juga pernah dipakai untuk mengazab umatnya Nabi Hud yang membangkang perintah Allah. Saat itu umat Nabi Hud dibinasakan dengan angin topan, hujan, dan tanah longsor seperti yang diriwayatkan dalam Qs Al- Haqqah ayat 6-7.

Islam Masuk ke Indonesia Pada Abad ke- 7

Keistimewaan angka 7 dalam Islam lainnya yaitu ternyata Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7. Masuknya Islam ke Indonesia pada abad ke-7 ini bisa dilihat dari catatan Batu Nisan di Kota Barus.

Saat itu Islam masih bertumbuh di kawasan pesisiran. Masyarakat kosmopolitan Islam juga saat itu telah terbentuk menjadi satu komunitas baru.

Pada Saat Hamil, Dalam Islam Harus Diadakan Prosesi Nujuh Bulan

Dalam Islam juga ada prosesi nujuh bulan, jika kandungan pada janin perempuan sudah memasuki usia 7 bulan. Prosesi ini dinamakan sebagai kegiatan nujuh bulan.

Kegiatan nujuh bulan sendiri menjadi salah satu ritual dan tradisi Islam yang tumbuh di nusantara. Tujuan dari peringatan ini yaitu untuk mendapatkan keselamatan si Jabang Bayi agar terhindar dari mara bahaya.

Nah itulah beberapa keistimewaan angka 7 dalam Islam. Karena angka 7 begitu dimuliakan di dalam Islam, maka tak heran ada banyak ayat-ayat suci dalam Al Quran yang kemudian menyebutkan angka 7. Jika Anda mempelajari dan meresapi setiap ayat Al-Quran, pasti keistimewaan dan kegunaan Al-Quran begitu banyak. Terutama untuk meningkatkan ketenangan hidup dan meningkatkan iman.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *