7 Amalan-Amalan Sunnah yang Sering Diabaikan: Nomor 3 Pahalanya Besar

 

Allah memberikan tuntunan kepada para umatnya untuk selalu beribadah kepadanya. Dalam Islam, ada 4 hukum dalam menjalankan ibadah. Beberapa diantaranya yaitu ibadah wajib, sunnah muakad, fardu kifayah, dan mubah.

Amalan Sunnah yang Sering Diabaikan

Ketika beribadah, kita cenderung hanya menjalankan yang wajibnya saja. Beberapa amalan yang sifatnya Sunah, kita sering meninggalkannya. Lalu apa saja sih kira-kira amalan-amalan sunnah yang dimana kita sering meninggalkannya? Berikut ini kami paparkan 7 amalan-amalan sunnah yang sering diabaikan.

1. Tadarus Al-Quran

amalan sunnah yang sering diabaikan namun berpahala besar yang wajib dijalankan yaitu tadarus Al-Quran. Bagi kalian yang sudah lancar dalam membaca Al-Quran, perbanyak tadarus Al-Quran menjadi salah satu amalan yang berpahala besar. Banyak keistimewaan dan kegunaan Al-Quran yang bisa kita dapatkan ketika memperdalam Al-Quran.

Tadarus Al-Quran diharapkan rutin dilakukan tiap hari. Waktu tadarus Al-Quran paling tepat dijalankan pada pagi hari. Dengan melakukan tadarus Al-Quran di pagi hari, maka pintu rezeki besar kemungkinan akan terbuka lebar.

Membaca Al-Quran sangat disarankan dengan tartil yang benar. Kemudian membaca Al-Quran itu diikuti dengan bacaan tajwid yang tepat. Dengan membaca Al-Quran yang seperti itu, maka akan kita dapatkan pahala membaca Al-Quran yang berlebih.

2. I’tikaf di Masjid

Amalan Sunnah yang Sering Diabaikan

amalan sunnah yang sering diabaikan berikutnya yang mampu membawa pahala dalam jumlah banyak yaitu i’tikaf di masjid. Bahkan karena saking besarnya nilai i’tikaf di masjid, banyak orang-orang memilih i’tikaf di masjid sebagai upaya untuk mendapatkan pahala dalam jumlah banyak.

I’tikaf di masjid artinya berdiam diri di masjid sambil melakukan dzikiran. Selain dzikirin, amalan i’tikaf berikutnya yang bisa dilakukan di masjid yaitu sholat sunnah hajat.

Itikaf di masjid disarankan di waktu-waktu luang. Misal pada malam hari selepas kerja. Aktivitas i’tikaf di masjid ini bisa menyeimbangkan antara kehidupan kerja dengan kehidupan ibadah.

3. Shalat Dhuha

Amalan sunnah yang sering diabaikan salah satunya Sholat Dhuha. Padahal amalan puasa Senin-Kamis diketahui cukup besar ganjarannya serta akan membentuk menjadi pribadi yang baik dan serta memiliki mental kaya.

Untuk menjalankan sholat Dhuha sendiri tidak terlalu sulit. Durasi sholat Dhuha juga lumayan lama. Sholat Dhuha membutuhkan waktu 15-20 menitan saja. Sholat Dhuha minimal bisa dijalankan sebanyak 2 rakaat, 3 rakaat, dan 8 rakaat jumlahnya tak terbatas.

Sholat Dhuha sendiri dapat mengantarkan seseorang mendapatkan rezeki yang berlimpah. Orang-orang yang melakukan sholat Dhuha biasanya akan mendapatkan banyak rezeki.

4. Qiyamullail (Sholat Malam)

Amalan sunnah yang sering diabaikan berikutnya adalah sholat malam. Dari Aisyah, beliau berkata: “Rasulullah pernah berdoa supaya kakinya patah Kemudian saya berkata kepadanya, ‘. Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan ini apabila Engkau telah mengampuni dosa-dosa yang lalu dan masa depan’ Kemudian Rasulullah berkata, tidak anda suka saya untuk menjadi seorang hamba yang bersyukur.” (Muslim)

Nabi juga berkata, “Salat yang paling afdhol (utama) selepas solat wajib adalah solat malam” (HR. An Nasa’i). Dalam riwayat yang lain, beliau berkata: “Dan ingatlah, kehormatan dan maruah seorang mukmin bahwa terdapat solat pada malam”.

Dari keterangan Hadits An-Nasa’i di atas menunjukan bahwa Qiyamullail ternyata sangat afdol sekali untuk dijalankan. Seseorang yang menjalankan laku Qiyamullail nantinya akan banyak mendapat faedah dalam hidup.

5. Membaca Dzikir Pagi dan Sore.

Salah satu dzikir yang sering diabaikan di pagi dan sore hari. Bacaan untuk membaca dzikir pagi dan sore yaitu “Rodhitu billahi Robba wa bil-Islami dina, wabil Muhammadin-Nabiya wa Rosula” (Ya Tuhan, aku baik kesenangan (rela) Tuhanku, Islam adalah agama saya, dan Muhammad adalah Nabi dan Rasul). Setelah membaca doa itu kemudian diikuti dengan bacaan ayat Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas dan Sayyidu Istighfar.

Walaupun dzikir mempunyai banyak manfaat, tapi tak jarang hal ini menjadi amalan sunnah yang sering diabaikan. Entah karena kesibukan atau kemalasan.

Rasulullah SAW bersabda: “orang-orang yang mengatakan itu di siang hari dan percaya itu, dan ia meninggal pada hari sebelum malam hari, kemudian dia termasuk penghuni surga. Siapapun yang mengatakan itu pada malam hari dalam keadaan percaya, dan dia meninggal. Maka dia termasuk penghuni surga. “(HR Al-Bukhari).

Sebelum membaca dzikir pagi dan sore, Muslim harus berwudhu terlebih dahulu. Pastikanlah tidak ada hadas kecil maupun hadast besar yang menempel pada tubuh. Jika dalam keadaan suci baik lahiriah maupun dzahiriyah, maka bisa dipastikan doa akan mudah dikabulkan oleh Allah Swt.

Doa bisa dikabulkan oleh Allah SWT jika kita memakan makanan yang halal. Makanan yang halal itu menjadi sebab terkabulnya sebuah doa. Pastikanlah kalian menghindari makanan yang haram. Sebab makanan yang haram diketahui menjadi penyebab tidak terkabulnya sebuah doa.

6. Memakan Dengan Menggunakan Tangan

Amalan sunnah yang sering diabaikan berikutnya yaitu sunah makan menggunakan tangan. Perkembangan dunia modern mengakibatkan ada banyak peralatan untuk makan.  Salah satunya yaitu adanya kehadiran sendok.

Sayangnya kita sering lupa bahwa memakan makanan menggunakan sendok itu kurang baik. Sebab sunah nabi mengajarkan kepada kita agar memakan makanan dengan tangan kanan saja.

7. Mengucapkan Salam Ketika Mau Masuk Rumah

Ketika mau masuk rumah, maka sangat disunahkan untuk mengucapkan salam terlebih dahulu. Apalagi mengucapkan salam termasuk ke dalam sunah rosul yang harus diamalkan.  Sayangnya ada beberapa orang yang lupa mengucapkan salam ketika bertamu.

Kondisi yang seperti ini membuat keberkahan bersilaturahmi menjadi berkurang. Hal ini lantaran silaturahminya tidak dilandasi dengan hal-hal yang Islami sehingga pahala tidak mengalir di dalamnya.

Nah itulah 7 amalan-amalan sunnah yang sering diabaikan Kalian kira-kira mau menjalankan amalan-amalan sunah yang mana nih?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *