6 Manfaat Menutup Aurat Bagi Kehormatan Seorang Muslim

Manfaat Menutup Aurat

Bagi seluruh umat Islam, menutup aurat adalah hal yang wajib untuk dilakukan baik laki-laki maupun perempuan. Walaupun aurat antara laki-laki dan perempuan berbeda, namun keduanya sama-sama wajib untuk menutupinya. Bagi seorang perempuan yang memiliki aurat yang lebih banyak. Akan lebih baik jika menutup auratnya dengan lebih sempurna mulai dari rambut hingga kaki kecuali wajah dan telapak tangan.

Manfaat Menutup Aurat

Zaman sekarang banyak wanita yang merasa bahwa menutup aurat dengan sempurna dapat membatasi aktivitas mereka. Apalagi para wanita karir yang membutuhkan gerak yang lebih leluasa. Padahal nyatanya anggapan itu sungguh keliru.

Jika para wanita tidak menutup auratnya atau dengan sengaja memperlihatkan auratnya hanya karena alasan pekerjaan maka sama saja dia membuka kesempatan para lelaki di sekitarnya untuk zina mata. Atau bisa saja ada laki-laki yang tergoda dengan aurat wanita tersebut. Dan tentunya hal ini termasuk dosa untuk wanita tersebut.

Padahal manfaat menutup aurat begitu banyak dalam kehidupan kita. Baik laki-laki maupun perempuan, menutup aurat sangat banyak manfaatnya. Salah satunya membentuk mental kaya dalam diri, karena kita berpakaian bukan untuk dilihat orang lain, tapi untuk menutup aurat. Untuk lebih jelasnya, berikut 6 manfaat menutup aurat bagi kehormatan seorang muslim:

Menghindari Berbuat Dosa

Manfaat menutup aurat yang pertama adalah menghindarkan kita dari berbagai tatapan yang menuju pada diri kita. Bagi para wanita juga dapat menghindari kejahatan dari para lelaki hidung belang yang berkeliaran dimana-mana. Dengan menutup aurat kita dapat terhindar dari perbuatan-perbuatan dosa yang kita sadari atau yang tidak kita sadari.

Karena saat aurat seorang wanita terlihat maka akan membuka kemungkinan ada laki-laki yang tergoda dan bernafsu padanya hal ini baik si wanita sadar atau tidak. Dia telah berbuat dosa tanpa dia sadari. Dan ketika ia sadar berbuat dosa adalah saat bersentuhan dengan lelaki yang bukan mahramnya baik hanya bersalaman atau bercanda di tempat kerja.

Selamat dari Azab Allah SWT

Kita ketahui bahwa ada penghuni neraka yang berpakaian tapi telanjang.  Itulah kelompok para wanita yang sengaja berpakaian tapi tetap memperlihatkan auratnya. Bisa pakaian yang memang bermodel terbuka, ketat dan menerawang. Hal itu harus dihindari bagi para wanita karena sudah jelas dapat mendapat azab dari Allah SWT di akhirat nanti. Inilah salah satu manfaat menutup aurat, jangan sampai kita terjerumus ke dalam api neraka karena aurat kita.

Mencegah Hawa Nafsu atau Nafsu Syahwat

Manfaat menutup aurat selanjutnya adalah mencegah hawa nafsu. Seorang laki-laki akan mudah tergoda jika melihat seorang wanita yang sengaja memperlihatkan auratnya entah itu wanita yang berpakaian ketat dan menerawang apalagi jika perempuan itu tidak memakai jilbab dan memperlihatkan paha dan dadanya.

Maka perempuan yang seperti itu sangat rawan mengundang hawa nafsu bagi para lelaki. Hal ini dapat mengancam keselamatan si perempuan karena jika lelaki itu khilaf dapat terjadi perbuatan kriminal seperti pelecehan sosial bahkan pemerkosaan.

Maka dari itu para uhthy, harus menggunakan pakaian yang menutup aurat dan jilbab yang menjulur menutupi dada agar tidak mengundang hawa nafsu para laki-laki. Akan lebih baik jika keluar rumah dan berpergian menggunakan pakaian yang menutup aurat secara syar’i dan jika perlu mintalah saudara, ayah atau suami menemani jika ingin berpergian.

Menghindari Fitnah

Tidak dapat disangkal lagi bahwa wanita adalah fitnah terbesar di dunia. Segala macam fitnah besar banyak yang bersumber dari wanita. Jika perempuan memperlihatkan auratnya maka akan banyak yang menuduh pelacur, wanita murahan atau panggilan yang tidak enak didengar yang lain. Untuk itu mulai dari sekarang mari menutup aurat dengan sebaik mungkin.

Mencegah Kecemburuan dari Pasangan

Manfaat menutup aurat bagi pasangan adalah mencegah kecembuaruan. Bagi perempuan yang sudah menikah, pasti suami akan cemburu jika melihat istrinya tampil membuka aurat dilihat lelaki lain. Hal ini dapat memicu pertengkaran baik bagi pasangan tersebut dan lelaki yang memandang perempuan itu. Karena seorang lelaki yang cemburu biasanya mudah untuk naik pitam sehingga pertikaian dan percekcokan sering terjadi. Dan hal ini karena seorang istri yang tidak menutup auratnya.

Dengan menutup aurat maka suami akan terhindar dari rasa cemburu dan pertikaian bisa dihindari. Maka dari itu akan lebih baik jika si perempuan berhijab dengan baik dan benar agar perasaan suaminya menjadi terjaga.

Identitas Seorang Muslim dan Mudah untuk Dikenali

Wanita Idaman Laki-laki

Manfaat menutup aurat bisa juga sebagai identitas. Jilbab, baju koko dan peci adalah pakaian khas orang-orang muslim yang merupakan identitas seorang muslim. Dengan mengenakan pakaian ini kita akan lebih mudah untuk dikenali dan membuat kita berbeda dengan umat agama lain. Meskipun hijab belumlah menunjukkan seorang muslim itu baik, namun muslim yang baik sudah tentu berhijab.

Maka dari itu, jangan malu jika menggunakan pakaian syar’i kemanapun kita pergi. Tidak perlu memikirkan model baju yang sedang trend karena baju yang trend itu bisa jadi baju yang biasa digunakan orang dari agama lain, atau bahkan orang yang tidak beragama. Jadi kita tidak perlu memikirkan pakaian yang sedang booming. Yang perlu kita perhatikan adalah pakaian mana yang dapat menutup aurat dengan sempurna.

Demikian, 6 manfaat menutup aurat bagi kehormatan seorang muslim. Dengan menutup aurat dengan baik maka kita sama saja menjaga kehormatan diri dan keluarga kita dengan baik juga. Tidak perlu risau dengan pakaian yang kita kenakan apakah modern atau tidak.

Manusia zaman dahulu tidak berpakaian seiring dengan perkembangan zaman manusia mulai berpakaian. Apa yang kita kenakan yang kita kenal sekarang sebagai pakaian syar’i adalah wujud perkembangan dan kemajuan zaman yang diraih oleh manusia. Mari menjadi seorang muslim yang baik dengan menutup aurat sesuai aturan agama supaya kehormatan umat Islam selalu terjaga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *