Kiat-kiat Mendatangkan Rezeki Menurut Ajaran Islam yang Wajib Diamalkan

Kiat-kiat Mendatangkan Rezeki

Setiap orang bekerja untuk mencari rezeki, tentu saja rezeki yang baik dan berkah. Dengan rezeki yang diperoleh, seorang hamba akan lebih maksimal dalam mencari Ridho Allah dan beramal baik. Rezeki bisa datang kapan saja dan dimana saja, namun harus diupayakan.

Untuk mendapatkan rezeki yang halal dan berkah, ada kiat-kiat mendatangkan rezeki yang akan membantu Anda.

Kiat-kiat Mendatangkan Rezeki yang Baik

Rezeki yang baik harus dicari dengan cara yang baik pula. Di dalam Islam, seorang Muslim harus mengikuti apa-apa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Berikut beberapa kiat-kiat mendatangkan rezeki yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Menjadi Pekerja yang Jujur dan Amanah

Hal terpenting yang perlu diupayakan untuk menjemput rezeki adalah bekerja. Namun, pekerjaan apapun harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan profesional. Kunci utamanya adalah bekerja secara jujur dan amanah. Hal ini sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Nabi ketika berdagang.

Berdasarkan Hadis riwayat Ad-Dailami disebutkan bahwa: “Berbuat jujur dan amanah sesungguhnya mampu mendatangkan rezeki. Sedangkan perbuatan khianat dapat mendatangkan kemiskinan”.

Nabi mengajarkan umatnya untuk berdagang agar memperoleh rezeki yang lebih luas. Bahkan, hal ini diungkap dalam sebuah hadis yang isinya adalah berdagang sebagai salah satu pintu rezeki.

2. Memperbanyak Istighfar

Tidak ada satu orangpun yang luput dari perbuatan maksiat dan dosa. Baik itu dosa kecil ataupun dosa besar. Namun, banyak orang yang tidak menyadari bahwa dosa-dosa mereka merupakan penghalang untuk datangnya rezeki.

Sebagaimana sabda Rasul yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, “….adapun seorang hamba Allah akan dicegah rezekinya karena dosa yang telah diperbuat.”

Untuk itu, sebaiknya umat Muslim rajin memohon ampun atau istighfar dengan sungguh-sungguh. Istighfar juga salah satu kiat-kiat mendatangkan rezeki yang baik. Hal ini bertujuan agar semua dosanya diampuni dan tidak lagi menghalangi rezeki mereka.

3. Meningkatkan Ketaqwaan

Allah merupakan sebaik-baik pemberi rezeki. Sehingga, agar rezeki semakin lancar seseorang harus dekat dengan Pemiliknya. Khususnya untuk Anda yang merasa rezekinya sempit dan sebagainya. Bisa jadi itu disebabkan karena kurangnya ketaqwaan kepada Allah SWT.

Bahkan, Allah menjanjikan akan memberi jalan keluar dan juga rezeki kepada hambaNya yang bertaqwa dalam sebuah ayat Al-Qur’an QS. At-Thalaaq: 2.

“….dan barangsiapa memiliki ketaqwaan kepada Allah SWT, maka Allah akan memberikan jalan keluar dan rezeki baginya dari arah yang tidak pernah disangka-sangka sebelumnya…”.

Adapun maksud dari bertaqwa kepada Allah adalah menjalankan semua perintahNya dan berusaha menjauhi semua laranganNya.

4. Bangun Lebih Pagi

Kiat-kiat mendatangkan rezeki yang ampuh selanjutnya adalah bangun lebih pagi. Di dalam suatu riwayat disebutkan bahwa Fatimah putri Nabi masih tidur-tiduran ketika Beliau pulang dari masjid. Kemudian, dengan sabar Beliau berkata:

“Hai anakku, bangun dan saksikanlah rezeki dari Tuhanmu. Jangan sampai engkau tergolong hamba yang lalai lantaran Allah akan membagi rezekiNya di antara terbit fajar hingga terbit matahari”.

Hal lain yang harus diperhatikan berkaitan dengan bangun pagi adalah jangan tidur lagi sehabis sholat Shubuh. Dengan bangun di pagi hari, badan Anda akan semakin sehat dan bugar. Bahkan, tubuh pun akan senantiasa berenergi seharian dengan kondisi psikologis yang tenang.

5. Istiqomah Melaksanakan Sholat Dhuha

Kiat-kiat Mendatangkan Rezeki Menurut Ajaran Islam

Kiat-kiat mendatangkan rezeki berikutnya adalah dengan rajin melaksanakan sholat Dhuha. Hal ini sesuai dengan firman Allah yang disampaikan melalui sebuah Hadis Qudsi riwayat Tirmidzi. Yang intinya adalah seluruh anak Adam diperintahkan untuk sholat Dhuha sebanyak empat rakaat. Barang siapa yang mengerjakan demikian, Allah akan mencukupi semua kebutuhannya hingga datang waktu sore. Sholat Dhuha juga termasuk sholat sunnah yang dianjurkan dan mampu memberikan ketenangan bagi yang melaksanakannya.

Sholat Dhuha sendiri merupakan sholat sunnah yang dilakukan saat matahari sedang naik. Yakni antara jam 08.00 pagi hingga menjelang datang waktu Dhuhur sekitar jam 11.00. Hukum melaksanakan sholat ini adalah Sunnah Muakad. Hal ini disebabkan karena Rasul senantiasa mengerjakan sholat ini.

6. Mempererat Silaturrahim

Menjalin silaturrahim adalah cara lain yang dapat dilakukan untuk mendatangkan rezeki. Hal ini disebabkan karena hubungan baik dengan teman dan saudara akan dapat memudahkan jalannya rezeki seseorang. Bahkan, Rasul pernah bersabda dalam sebuah Hadis riwayat Bukhori Muslim:

“Barang siapa yang memiliki keinginan agar semakin dibentangkan rezeki serta dipanjangkan umur, sebaiknya ia lebih menyambung silaturrahim”.

Dari sekian manusia yang ada di dunia, hubungan baik dengan orang tua, keluarga, saudara dan teman adalah yang utama. Oleh karena itu, pastikan menjalin ikatan yang baik dengan mereka. Terlebih untuk berbakti kepada orang tua, karena itulah yang semakin menyebabkan rezeki mengalir.

7. Membiasakan Infaq dan Sedekah

Kiat-kiat mendatangkan rezeki selanjutnya adalah infaq dan sedekah murni karena Allah. Niscaya nantinya Allah akan semakin melapangkan rezeki dan kemudahan dalam hidup, serta membentuk mental kaya karena kita senang berbagi dengan sesama. Seseorang yang rajin bersedekah tidak hanya akan mendapatkan balasan di dunia, namun juga di akhirat nanti.

Dalam QS. Saba’ ayat 39 Allah telah berfirman yang bunyinya, “Apapun yang engkau infakkan, niscaya Allah akan memberi gantinya. Dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rezeki kepada hambaNya”.

Ayat di atas didukung oleh sebuah Hadis riwayat Daruquthni dan Anas Ra yang intinya adalah kunci rezeki seorang hamba itu luas. Salah satunya adalah memperbanyak pemberian kepada orang lain. Dengan ini, Allah akan memperbanyak rezeki baginya, begitupun sebaliknya.

Kiat-kiat mendatangkan rezeki di atas sebaiknya dilakukan dengan baik dan penuh keikhlasan. Agar Allah benar-benar membuka pintu rezeki kepada hambaNya. Tentunya dengan rezeki yang baik, halal dan berkah.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *